-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Aplikasi Motivasi
author photo
By On
Aplikasi Motivasi

User Manual Aplikasi Motivasi (Modul Pendampingan dan Simulasi PISA) Program Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia. Unduh file dibawah.


Memulai Aplikasi Motivasi

Aplikasi Motivasi AKSI 2018 dijalankan langsung dari flashdisk atau USB, atau bisa dicopy ke suatu folder terlebih dahulu. Untuk menjalankan Aplikasi Motivasi tidak perlu melakukan instalasi dan jaringan internet.


Untuk memulai menjalankan Aplikasi AKSI 2018 dapat dilihat pada langkah-langkah di bawah ini :

1. Petugas dapat memasukan flashdisk atau USB ke dalam computer dan membuka directory flashdisk atau USB tersebut.

Petugas dapat masuk ke dalam folder motivasi, dan lakukan double click pada Motivasi-Win-10 untuk komputer dengan sistem operasi Windows 8 ke atas atau Motivasi-Win-7 untuk komputer dengan sistem operasi Windows 7.


2. Setelah aplikasi Motivasi terbuka, aplikasi akan melakukan pengecekan spesifikasi komputer yang digunakan, tunggu hingga proses pengecekan spesifikasi selesai. Jika sudah, Petugas dapat melihat tampilan awal Aplikasi Motivasi.

Jika pengecekan berhasil, maka aplikasi dapat digunakan pada perangkat komputer, tekan tombol selanjutnya untuk memasuki halaman menu utama.

Terdapat beberapa fitur menu yang akan muncul, yaitu :

  1. Mode Server ⇉ digunakan apabila aplikasi akan dioperasikan dalam jaringan.
  2. Kunci Browser ⇉ digunakan apabila aplikasi browser yang digunakan oleh siswa akan dikunci sehingga tidak dapat mengakses aplikasi lain.
  3. Memulai Aplikasi ⇉ digunakan untuk menjalankan seluruh sistem kebutuhan aplikasi motivasi.
  4. Masuk Peserta ⇉ digunakan untuk memulai ujian untuk siswa. Aplikasi browser yang digunakan akan bergantung pada mode “Kunci Browser”, apabila dikunci maka aplikasi akan membuka portable browser (Firefox). Jika tidak dikunci, maka aplikasi akan membuat browser bawaan perangkat komputer.
  5. Masuk Petugas ⇉ digunakan oleh admin tes untuk membuat kartu peserta, mengupload jawaban, melakukan penskoran, manajemen kegiatan, manajemen soal, manajemen paket soal, dan manajemen yang lain.

*Catatan : Jika fitur “Kunci Browser” aktif apabila ada browser Firefox lain yang sedang aktif, maka akan ditutup paksa secara otomatis oleh aplikasi motivasi.


3. Untuk memulai aplikasi motivasi, klik menu Memulai Aplikasi, kemudian akan muncul halaman tunggu (Loading).

Tunggu hingga proses menjalankan selesai. Apabila aplikasi sukses menjalankan seluruh kebutuhan sistem, maka halaman akan kembali seperti menu utama tetapi terdapat perubahan menu seperti gambar dibawah ini.


4. Ketika aplikasi sudah dijalankan dan memilih menu Masuk Peserta dengan fitur “Kunci Browser” aktif, maka akan muncul Portable browser.


5. Apabila portable browser sudah terbuka, siswa dapat memulai mengerjakan ujian.


6. Apabila siswa telah selesai mengerjakan ujian, petugas dapat mengambil data dari flashdisk 

dengan alamat direktori: flashdisk -> motivasi -> export -> JAWABAN -> [MODE APLIKASI]. File yang diambil dalam bentuk zip dengan rangkaian penamaannya : [Username Siswa]_[Topik]_[Nama Kegiatan].zip


7. Setelah selesai, petugas dapat menekan menu Hentikan Aplikasi pada aplikasi Motivasi untuk menghentikan aplikasi Motivasi dan akan muncul pemberitahuan aplikasi berhasil diberhentikan.


Modul Pendampingan dan Simulasi PISA

Modul Pendampingan dan Simulasi PISA digunakan oleh siswa untuk melakukan asesmen sesuai dengan paket soal dan peserta siswa yang telah ditentukan sebelumnya pada program Simulasi PISA.


1. Login Modul Pendampingan dan Simulasi 

PISA Untuk masuk ke dalam Aplikasi Motivasi modul Pendampingan dan Simulasi PISA, siswa harus memasukan ID Siswa dan Password pada form login. Kemudian siswa dapat menekan tombol Login untuk dapat masuk ke dalam Aplikasi Motivasi.


2. Memilih Kategori

Setelah Melakukan Login, Siswa akan di hadapkan dengan sesi memilih jenjang pendidikan siswa, mata pelajaran, topik, paket, dan kegiatan yang akan diujikan pada siswa peserta tersebut.


3. Sesi Ujian

Saat masuk ke dalam sesi ujian, siswa akan dihadapkan dengan paket soal yang sudah ditentukan.

Siswa harus mengerjakan soal ujian dan memberikan jawaban yang sesuai. Siswa dapat melihat detail pada setiap soal yang terdiri dari : 

1. Soal yang diujikan 

2. Input jawaban soal 

3. Waktu pengerjaan soal 

4. Penggaris 

5. Kalkulator 

6. Bantuan aplikasi 

7. Soal sebelumnya 

8. Soal sesudahnya 

9. Tandai soal (ragu-ragu) 

10. Nomor soal 

11. Keluar dari aplikasi

Penggunaan fitur tambahan pada ujian dapat dilihat pada penjelasan di bawah ini.

1. Waktu pengerjaan soal / Time Countdown Fitur waktu pengerjaan soal atau time countdown yang digunakan untuk menghitung waktu mundur atau waktu yang tersisa untuk melaksanakan ujian. Fitur waktu pengerjaan soal.


2. Bantuan aplikasi 

Fitur bantuan aplikasi dapat digunakan oleh siswa jika memerlukan bantuan dalam pengerjaan soal. Untuk dapat mengakses fitur bantuan aplikasi, siswa dapat menekan icon Bantuan , maka akan muncul tampilan fitur bantuan.


3. Tandai soal (ragu-ragu) / Penanda Pertanyaan atau Status Fitur penanda pertanyaan atau status yang dapat digunakan pada setiap soal. Penanda soal atau status dibedakan dengan warna yang terdapat pada nomor halaman yang akan membedakan status dari setiap soal, dengan keterangan warna dan status sebagai berikut :

a. Kuning → untuk pertanyaan dengan jawaban yang masih ragu 

b. Merah → untuk pertanyaan yang belum dijawab 

c. Hijau → untuk pertanyaan yang sudah dijawab 

d. Putih → untuk pertanyaan yang belum dikunjungi 

e. Biru → untuk pertanyaan yang sedang dikunjungi

Untuk melakukan penandaan pertanyaan atau soal yang masih ragu, siswa dapat memberikan tanda checklist.

Selanjutnya siswa dapat melihat warna status pada setiap soal pada nomor soal.

Setelah selesai mengerjakan semua soal, siswa dapat mengakhiri sesi ujian dengan dapat menekan icon Keluar , maka akan muncul komfirmasi.

Siswa dapat menekan tombol Ya untuk mengakhiri sesi ujian, atau menekan tombol Tidak jika tidak jadi mengakhiri sesi ujian.

Jika siswa menekan tombol Ya akan muncul notifikasi.


4. Bantuan Aplikasi

Fitur Bantuan Aplikasi ini dapat membantu siswa dalam menjelaskan hal Kolom Navgasi, Cara Menjawab, dan Berkerja Dengan Simulasi, akan terdapat 3 tombol yang akan mengarahkan siswa dalam fitur bantuan.


Pada menu navigasi akan menampilkan cara fitur fitur yang ada pada aplikasi.

Pada bagian Cara Menjawab siswa dapat mendapat bantuan cara menjawab setiap tipe soal yang ada.

Pada bagian Berkerja dengan Simulasi siswa dapat membaca mantuan untuk memahami cara melakukan simulasi simulasi yang ada.


Modul Guru/Petugas

1. Menu Login

Untuk masuk ke dalam Aplikasi Motivasi, petugas harus login terlebih dahulu dengan cara menginputkan Username dan Password lalu menekan tombol Login.


Jika petugas telah melakukan Login dengan menginputkan Username dan Password dengan benar maka akan masuk ke dalam halaman petugas.

Username: puspendik

Password: puspendik@2018

Pada saat masuk ke menu Home Petugas, terdapat beberapa menu yang dapat dipilih dan sebuah tombol Logout di bagian atas kanan.


2. Penilaian Jawaban Siswa

Untuk mengakses fitur Penilaian Jawaban Siswa, petugas harus masuk kedalam menu Kegiatan dan memilih kegiatan yang akan dilakukan penilaian.


Tekan tombol Penilaian untuk memulai proses penilaian pada kegiatan tersebut. Petugas akan diminta untuk memasukan password penilaian seperti gambar dibawah ini.

*password penilaian : 123456


Setelah berhasil, maka akan muncul tampilan dasbor penilaian. Pada bagian penilaian petugas dapat melakukan hal hal sebagai berikut : 

a. Petugas dapat melihat tombol Pembahasan yang merupakan penjelasan tata cara penilaian seperti pada gambar di bawah ini, petugas juga dapat mendownload pembahasan penilaian dengan menekan tombol “Download”.

b. Petugas dapat menekan tombol Penskoran Otomastis yang akan melakukan penilaian otomatis

c. Petugas dapat mendownload hasil dari penilaian dengan cara menekan tombol Eksport Hasil Penskoran 

Untuk melakukan penilaian, petugas dapat mengklik setiap kode soal yang akan dilakukan penilaian. 

Untuk melihat pedoman penskoran, klik pada link Lihat Pedoman.

Halaman pedoman penskoran ini berisi kode beserta deskripsi atau penjelasan terkait kode penskoran tersebut. Untuk menutup popup, tekan OK.

Untuk memberikan penilaian Petugas dapat memilih kode penskoran yang ada pada bagian kanan setiap baris response siswa. 

Pilih salah satu kode penskoran, maka sistem secara otomatis menyimpan kode penskoran yang dipilih pada setiap baris response siswa. 

Untuk melihat soal beserta response siswa, klik pada tautan Lihat Soal pada setiap baris response siswa.


3. Ekspor Hasil Penilaian

Petugas dapat mengunduh hasil dari penilaian suatu kegiatan dengan cara menekan tombol Ekspor Hasil Penskoran pada halaman penilaian.


Setelah proses Ekspor Hasil Penskoran berhasil, apabila aplikasi motivasi berjalan dengan mode jaringan, maka akan muncul informasi pengunduhan file bawaan browser. apabila tidak berjalan dengan Mode Jaringan, maka akan muncul jendela pop-up informasi lokasi file.


Keluar Aplikasi Motivasi

Jika sudah selesai menggunakan aplikasi dan akan keluar, cara keluar: Tekan tombol F7 atau fn dan F7 secara bersamaan pada keyboard, lalu masukkan kode 124114514 

* cara menghafal kode : 12=R; 4=A; 11=H; 4=A; 5=S ;1=I ;4=A, digabungkan menjadi RAHASIA

Setelah itu, tekan tombol windows pada keyboard, Maka layar lain akan muncul pada window bar.

Klik simbol aplikasi motivasi Sampai muncul layar muka logout: 

Klik tombol Hentikan Aplikasi Kemudian tutup aplikasi Motivasi.

Click to comment
A- Kinerja A-GLD A-Gtk Adminisrasi Guru Akhlak Tasawuf AKM akreditasi Akreditasi Perpustakaan AKSI Puspendik ANBK anti virus aplikasi Aqidah Akhlak arkas asuransi Bahasa Arab Bank BDR beasiswa Bidikmisi big book BIOUN Bisnis BK blog BOS BPOPP bse BSM BSU buku buku guru pai Convert Suara ke Text CPNS crochet DAK Dapodik dapodik paud Dapodikdasmen DHGTK Disabilitas Domnis Pesantren Ramadhan Dukcapil DUPAK e-learning E-Maarif E-Monev E-Rapor E-sarpras E-SKP EDS EHB-BKS Emis Emis PAI Emis Pendis Emis SDM eRapor FAQ Dapodik 2019.c FIKSI Fiqih G Suite for Education Geisa Google form Google Form Quiz gtk Hardiknas IHT ijazah Infaq info info gtk inpassing inpassing kemenag Insenntif Guru ISMA Jabfung Kemdikbud jual beli Kalender Pendidikan Kelas Maya Kelulusan Kemdikbud Kemenag Kepala Sekolah KI/KD KIP-Kuliah Kisi-kisi Kompetensi Guru 2045 kopsi kredit KSN KTSP Kurikulum LDBI LTMPT makalah Materi PAI media pembelajaran Microsift Word Microsoft Word Modul Guru Modul TIK GPO motivasi MPLS MS Word mudlarabah qiradl musaqah Mutasi Muzara'ah dan Mukhabarah nilai online NISN NPSN NPWP nrg NUKS NUPTK PAIS Pajak PAK Panduan PAS PDSS PDUN Pembelajaran Pembelajaran Kontekstual pendidikan Pendis PerMenDikBud PerPus Peserta Didik PIP PJB PMP PNS PPDB PPG PPG Daljab PPPK ppt Pramuka Profil Guru 2045 PTK qurdis Rapor Dapodik raport riba RKAS RPL RPP SBMPTN sehat Sekolah Penggerak sertifikasi Shadaqah SHUN Siaga Siaga Pendis Sim PKB Simpak Simpatika Simulasi SIPLah SKI SKTP Smadav SNMPTN SNPTN Soal Online Span ptkin Survei lingkungan belajar tamsil Tekno tips tpp Tutorial UAMNUBK UASBN UBKD UN UNBK UNP USBN USP UTBK Verval PD Verval ponsel Verval PTK Verval SP Verval TIK VHD Whistleblower zakat