-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Update Verval Sarpras di Manajemen Dapodik
author photo
By On
Update Verval Sarpras di Manajemen Dapodik

Sebelumnya Kemendikbud (Tanggal : 02 Maret 2021) menginformasikan Pemutakhiran Dapodik Tahun 2021 dalam rangka Perencanaan DAK Fisik Pendidikan dengan menggunakan Dapodik sebagai instrumen verifikasi data dalam proses pengajuan DAK Fisik Bidang Pendidikan. Panduan pemutakhiran Dapodik dapat diunduh disini.


Sebagai tindak lanjut perencanaan DAK Fisik Pendidikan tahun 2022 tersebut ada beberapa data yang harus dilengkapi melalui manajemen sekolah atau laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/. Kelengkapan data yang harus diisi meliputi ketersediaan sarana dan prasarana serta penilaian tingkat kerusakan bangunan.


Berikut adalah beberapa tahapan yang harus dilakukan setiap satuan pendidikan untuk melengkapi data sarana dan prasarana:

  1. Buka laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/ 
  2. Login menggunakan akun satuan pendidikan 
  3. Pada menu data pokok, pilih sub menu sarpras
  4. Pilih form cek sarpras
  5. Silakan mengisi ketersediaan sarana dan prasarana, dimulai dari ruang kelas hingga ruang organisasi kesiswaan
  6. Klik simpan jawaban
  7. Pilih sub menu form penilaian tingkat kerusakan bangunan
  8. Unggah berkas hasil penilaian kerusakan bangunan di setiap bangunan yang tersedia pada satuan pendidikan. 
  9. Selesai
Data satuan pendidikan yang akan digunakan untuk perencanaan DAK Fisik bidang pendidikan Tahun 2022 adalah data yang telah tersinkronisasi hingga tanggal 31 Maret 2021 pukul 23.59 WIB. Di menu " Form Penilaian Kerusakan Bangunan" Anda bisa melihat prosentase kondisi kerusakan.


Kelengkapan data yang harus diisi meliputi ketersediaan sarana dan prasarana serta penilaian tingkat kerusakan bangunan. Adapun untuk formulir penilaian tingkat kerusakan bangunan dan panduannya dapat diunduh disini. Adapun untuk format berkas yang harus diunggah dalam bentuk (PDF).


Agar satuan pendidikan mengisi sesuai dengan kondisi sebenarnya maka tugas tersebut diserahkan sepeuhnya kepada waka sarana dan prasarana sekolah atau tim tenaga surveyor untuk melakukan identifikasi tingkat kerusakan sekolah.


Ingat tugas operator hanya sebatas upload berkas verifikasi bukan melakukan pengisiann identifikasi kerusakan bangunan sekolah. Silahkan Anda unduh formnya lalu serahkan ke pihak yang bertanggung jawab.


Form penilaian tingkat kerusakan ini, hanya digunakan untuk mengidentifikasi tingkat kerusakan massa bangunan. Form ini tidak dapat digunakan untuk menentukan tingkat kerusakan sekolah, utamanya untuk sekolah yang terdiri dari lebih dari satu massa bangunan dan tingkat kerusakan massa bangunan yang berbeda beda.

Click to comment