-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

SOAL LATIHAN dan PEMBAHASAN EHB - BKS EKONOMI
author photo
By On

SOAL LATIHAN dan PEMBAHASAN EHB - BKS EKONOMI

Soal EHB-BKS disusun mengacu pada kisi-kisi EHB-BKS yang terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.


Kisi-kisi indikator butir soal dan Butir soal (sesuai dengan kisi-kisi indikator butir soal dari MGMP) disusun dan ditelaah oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi sesuai dengan kewenangannya kemudian MGMP merakit soal yang disusun oleh guru-guru dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang telah ditelaah oleh MGMP provinsi dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi sesuai dengan kewenangannya yang ditentukan untuk masing-masing mata pelajaran;


Naskah/master soal EHB-BKS beserta kelengkapannya yang disiapkan meliputi naskah soal EHB-BKS Utama dan susulan.


Berikut Soal Latihan dan Pembahasan EHB - BKS EKONOMI Tahun Pelajaran 2020 - 2021 yang di susun oleh Tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) EKONOMI SMA Negeri/ Swasta  provinsi Jawa Timur berdasarkan pada KISI - KISI EHB - BKS EKONOMI untuk Refrensi Guru dan Siswa SMA Se-Jatim.


SOAL LATIHAN EHB - BKS EKONOMI

TAHUN PELAJARAN 2020 – 2021

MGMP EKONOMI SMA PROVINSI JATIM


1. Tomo adalah seorang pelajar  SMA Nusantara di Nganjuk. Jarak rumah dengan sekolah cukup jauh sehingga ia memerlukan waktu tempuh yang cukup lama. Untuk menuju ke sekolah pun ia hanya dapat berjalan kaki. Sepasang sepatu yang dia miliki juga sudah usang. Pak Joyo orang tua Tomo bermata pencaharian sebagai petani. Beliau memiliki empat orang anak. Tomo merupakan anak sulung. Pak Joyo berkeinginan untuk mewujudkan agar anak-anaknya memiliki pendidikan yang lebih tinggi dari dirinya. Ia berusaha keras untuk dapat memenuhi kebutuhan. Meskipun ia sudah berusaha keras, ternyata pak Joyo tidak memiliki cukup uang untuk memenuhi semua kebutuhan. Namun, semua itu tidak membuat Tomo patah semangat. Ia tetap rajin belajar. Ia  tergolong salah satu siswa yang berprestasi di sekolahnya. Pada awal tahun 2020 dunia dilanda musibah pandemic covid-19 yang memaksa  kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring. Untuk menyikapi proses pembelajaran tersebut, pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan subsidi paket data internet.

Berdasarkan narasi di atas, berilah tanda centang pernyataan yang benar atau salah di bawah ini!





2. Happy ingin membuka usaha toko percetakan. Dia sudah menetapkan komoditas yang akan dijual dan cara mengelola toko tersebut, namun Dia masih akan menentukan konsumen mana yang dapat memanfaatkan komoditas usahanya.

Pak Fadlil sedang membuka usaha penjualan on-line. Persiapan yang telah dilakukan adalah sudah menyiapkan aplikasi on-line dan cara menggunakan perangkat bisnis tersebut, juga segmen pasar usdah ditetapkan, namun masih memikirnya cara distribusi barangnya.

Berdasarkan narasi di atas, menentukan analisis masalah pokok ekonomi modern yang di hadapi oleh pelaku ekonomi tersebut dengan mencentang pernyataan yang benar atau salah pada table di bawah ini! 


3. Perhatikan arus circular diagram flow berikut!

Program pembinaan UKM (Usaha Kecil Menengah) telah menunjukkan hasil yang baik, sehingga muncul pengusaha-pengusaha pemula yang memiliki keunggulan produk berorientasi ekspor. Pengusaha UKM tersebut melakukan pengembangan pasar produk mereka dengan memperluas penjualannya sampai  kepada masyarakat luar negeri. Dari ilustrasi tersebut, kegiatan perluasan pasar yang dilakukan pengusaha UKM di atas, ditunjukkan oleh arus nomor…

A. 1 dan 13

B. 2 dan 13

C. 4 dan 14

D. 10 dan 15

E. 12 dan 16

KUNCI JAWABAN : E


4. 

KUNCI JAWABAN:

1. B

2. A


Baca juga : Soal latihan dan pembahasan EHB-BKS Matematika Wajib


5. Pak Sartono adalah pedagang sayuran. Harga sayur per kilogram di pasar Rp50.000,00 pada harga tersebut, jumlah sayur yang terjual  adalah 100 kg, karena merasa peluangnya masih cukup besar, esoknya dia menjual sayurannya lebih rendah yaitu Rp40.000,00 per kilogram. Dengan harga tersebut sayuran terjual mencapai 200 kg. Beberapa pernyataan berdasarkan kasus tersebut sebagai berikut:

Berdasarkan narasi tersebut, pernyataan yang tepat adalah ....

A. Permintaan sayuran yang dihadapi Pak Sartono sifatnya inelastis

B. Permintaan sayuran yang dihadapi Pak Sartono sifatnya elastis

C. Permintaan sayuran yang dihadapi Pak Sartono sifatnya inelastis sempurna

D. Permintaan sayuran yang dihadapi Pak Sartono sifatnya elastis sempurna

E. Permintaan sayuran yang dihadapi Pak Sartono sifatnya uniter

KUNCI JAWABAN : B


6. Perhatikan tabel di bawah ini!


Berdasarkan Tabel tersebut, besarnya indeks harga adalah …..

A. 126.85 dengan metode Paasche

B. 127.41 dengan metode Paasche

C. 126.85 dengan metode Layspeyres

D. 1.470.000 dengan metode sederhana

E. 615.000 dengan metode sederhana tertimbang

KUNCI JAWABAN : A


7. Hidup sendiri di dunia ini mungkin adalah hal yang mustahil untuk dilakukan. Ini tidak hanya berlaku di level individu, bahkan suatu negara tidak bisa hidup sendiri juga. Akan dibutuhkan hubungan atau kerjasama yang terjalin dengan baik yang bisa menguntungkan kedua negara. Kerjasama yang akan melibatkan negara – negara di seluruh dunia atau sebagian besarnya di sebut kerjasama internasional.


Terdapat kerjasama yang dilakukan antarnegara dalam rangka pemenuhan kebutuhan rakyat tiap negara bisa melakukan promosi produk ke negara lain. Negara lain juga bisa mengimpor berbagai barang dari negara lainnya, yang bisa menyebabkan kesejahteraan rakyat semakin meningkat. Selain itu ada kerjasama yang mewujudkan perdamaian dunia sehingga kehidupan akan menjadi tenteram dan damai adalah mimpi dari berbagai negara. Dengan adanya kerjasama internasional maka kehidupan di dunia akan lebih tenang, permasalahan yang ada akan bisa diselesaikan dengan bijak, Serta Kerjasama internasional juga bisa menjadi pertahanan untuk menanggulangi berbagai kemungkinan yang dapat merusak budaya serta hal- hal yang bertentangan dengan ideologi suatu negara.

Berdasarkan narasi tersebut, pernyataan-pernyataan yang benar mengenai manfaat kerjasama internasional adalah ....

A. Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Yang Semakin Meningkat

B. Ketertiban Dan Kedamaian Dunia Yang Semakin Terjaga 

C. Mencegah Rusaknya Atau Dilupakannya Suatu Budaya 

D. Meningkatkan Sektor Pertahanan Dan Keamanan

E. Menguntungkan Dalam Kesejahteraan Ekonomi

KUNCI JAWABAN : B, C, E


8. Tuan Kimiko ingin mengunjungi keluarganya yang berada di indonesia dengan membawa uang 4.000  Yen dan $3.000 USD . Kurs yang berlaku 1 Yen = Rp 14.000 (jual); Rp 13.000 (beli) dan 1 US $ = Rp 16.000 (jual); Rp 15.000 (beli). Ketika ditukar ke Bank maka uang rupiah yang diterima oleh Tuan Kimiko  adalah….

A. Rp. 45.000.000 dari pertukaran mata uang dollar

B. Rp. 48.000.000 dari pertukaran mata uang dolar

C. Rp. 52.000.000 dari pertukaran mata uang yen

D. Rp. 64.000.000 dari pertukaran mata uang yen

E. Rp 97.000.000 dari pertukaran mata uang yen dan dollar

KUNCI JAWABAN : A, C, E

4.000 yen x kurs beli yaitu:

4.000 yen x Rp. 13.000  = Rp. 52.000.000

$3.000 USD x kurs beli yaitu:

$3.000 USD x Rp 15.000 = Rp. 45.000.000

Jadi total yang diterima tuan Kimiko adalah Rp 97.000.000


9. Setiap perusahaan pasti selalu akan menawarkan kompensasi untuk yang bekerja di perusahaan mereka. kompensasi ini pada dasarnya untuk mengapresiasi kontribusi yang bekerja dengan berbentuk waktu, tenaga, keahlian dan pikiran.


Kompensasi juga bukan hanya berupa gaji saja tetapi bisa berupa yang lain, Misalnya saja saat sebuah perusahaan sedang membuka lowongan pekerjaan, biasanya HRD akan menawarkan beberapa kompensasi yang menarik agar pencari kerja melamar di perusahaan tersebut

Berdasarkan teks bacaan di atas, maka pihak  yang paling membutuhkaan informasi akuntasnsi tersebut adalah….

KUNCI JAWABAN: Karyawan


10. Perhatikan gambar berikut!

Berdasarkan gambar tersebut, pencatatan yang benar dalam jurnal umum oleh bengkel Jaya adalah ....

A. Perlengkapan Rp780.000,00

            Kas Rp780.000,00

B. Peralatan Rp780.000,00

            Kas Rp780.000,00

C. Perlengkapan Rp780.000,00

            Utang Usaha Rp780.000,00

D. Peralatan Rp780.000,00

            Utang Usaha Rp780.000,00

E. Perlengkapan Rp780.000,00

            Piutang Usaha Rp780.000,00

KUNCI JAWABAN: D


Untuk Nomor Soal Selanjutnya Bisa di Download Di link Berikut : Unduh

Semoga bermanfaat dan selamat megikuti Ujian EHB - BKS, jangan lupa belajar dan berdoa :)

Click to comment
A- Kinerja A-GLD A-Gtk Adminisrasi Guru Akhlak Tasawuf AKM akreditasi Akreditasi Perpustakaan AKSI Puspendik ANBK anti virus aplikasi Aqidah Akhlak arkas asuransi Bahasa Arab Bank BDR beasiswa Bidikmisi big book BIOUN Bisnis BK blog BOS BPOPP bse BSM BSU buku buku guru pai Convert Suara ke Text CPNS crochet DAK Dapodik dapodik paud Dapodikdasmen DHGTK Disabilitas Domnis Pesantren Ramadhan Dukcapil DUPAK e-learning E-Maarif E-Monev E-Rapor E-sarpras E-SKP EDS EHB-BKS Emis Emis PAI Emis Pendis Emis SDM eRapor FAQ Dapodik 2019.c FIKSI Fiqih G Suite for Education Geisa Google form Google Form Quiz gtk Hardiknas IHT ijazah Infaq info info gtk inpassing inpassing kemenag Insenntif Guru ISMA Jabfung Kemdikbud jual beli Kalender Pendidikan Kelas Maya Kelulusan Kemdikbud Kemenag Kepala Sekolah KI/KD KIP-Kuliah Kisi-kisi Kompetensi Guru 2045 kopsi kredit KSN KTSP Kurikulum LDBI LTMPT makalah Materi PAI media pembelajaran Microsift Word Microsoft Word Modul Guru Modul TIK GPO motivasi MPLS MS Word mudlarabah qiradl musaqah Mutasi Muzara'ah dan Mukhabarah nilai online NISN NPSN NPWP nrg NUKS NUPTK PAIS Pajak PAK Panduan PAS PDSS PDUN Pembelajaran Pembelajaran Kontekstual pendidikan Pendis PerMenDikBud PerPus Peserta Didik PIP PJB PMP PNS PPDB PPG PPG Daljab PPPK ppt Pramuka Profil Guru 2045 PTK qurdis Rapor Dapodik raport riba RKAS RPL RPP SBMPTN sehat Sekolah Penggerak sertifikasi Shadaqah SHUN Siaga Siaga Pendis Sim PKB Simpak Simpatika Simulasi SIPLah SKI SKTP Smadav SNMPTN SNPTN Soal Online Span ptkin Survei lingkungan belajar tamsil Tekno tips tpp Tutorial UAMNUBK UASBN UBKD UN UNBK UNP USBN USP UTBK Verval PD Verval ponsel Verval PTK Verval SP Verval TIK VHD Whistleblower zakat