-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Aplikasi EMIS Versi 4.0 Segera Rilis!
author photo
By On

EMIS merupakan sebuah Platform Sistem Pengelolaan Data Pokok Pendidikan yang dikelola oleh Kemenag. Untuk meningkatkan Optimalisasi, Kemenag segera merilis aplikasi EMIS versi 4.0 lebih tinggi dari versi sebelumnya.

Aplikasi EMIS Versi 4.0 Segera Rilis!

Tahap pertama rilis aplikasi EMIS 4.0 ini berfokus pada migrasi data kelembagaan Madrasah. Dengan perilisan tahap pertama aplikasi Education Management Information System (EMIS) 4.0 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis).


Pengembangan EMIS ini merupakan pekerjaan besar, dan merupakan langkah awal digitalisasi pendidikan di Kementerian Agama.


Pada aplikasi EMIS versi 4.0 ini berbeda dengan versi sebelumnya, para Kepala Madrasah diberikan akses untuk melakukan konfirmasi data kelembagaan. Ini menjadi bagian reformasi madrasah yang sedang dilakukan Kemenag.


Pengembangan EMIS ini merupakan bagian dari program Reformasi Madrasah yang didukung oleh Bank Dunia (World Bank).


Program bertajuk Madrasah Reform Realizing Education’s Promise dan Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) ini merupakan kerjasama Kemenag dan Bank Dunia dalam upaya modernisasi tata kelola penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah di Kemenag.


Nantinya aplikadi EMIS versi 4.0 mampu menjadi titik pijak untuk melakukan integrasi berbagai aplikasi yang ada di lingkungan Ditjen Pendidikan Islam Kemenag. 


EMIS merupakan gerbang data pendidikan keagamaan Kemenag. Karenanya, ke depan EMIS tidak diperuntukkan khusus bagi satuan pendidikan Islam, tapi juga dapat dimanfaatkan oleh layanan pendidikan keagamaan lainnya.


Pada versi ini (4.0) diawali dengan perbaikan data di madrasah. Kemudian pengembangannya akan berlanjut ke pesantren, hingga nanti dapat dimanfaatkan untuk pelayanan pendidikan keagamaan lainnya, seperti data pendidikan keagamaan Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.


Tahap pertama ini tim pengembang EMIS 4.0 berfokus pada pengenalan migrasi data kelembagaan madrasah. Rilis selanjutnya, seperti migrasi data siswa, data tenaga pendidik, dan sebagainya sampai aplikasi ini dapat bisa sempurna digunakan pada Grand Launching bulan Mei mendatang.


Keberadaan EMIS 4.0 ini merupakan upaya Kemenag untuk menghadirkan data pendidikan keagamaan yang valid, terpercaya, dan andal. Pengembangan EMIS 4.0 ini juga diharapkan akan berdampak pada peningkatan kualitas layanan pendidikan. 


Sajalan dengan itu, Kemenag juga menyiapkan pengembangan empat aplikasi lainnya dengan berbasis pada EMIS 4.0. Harapannya aplikasi ini sudah dapat digunakan pada tahun ajaran mendatang.


Keempat aplikasi tersebut adalah e-RKAM (Rencana Kerja Anggaran Madrasah), EDM (Evaluasi Diri Madrasah), Asessmen Siswa Madrasah (ASM), dan Asesmen Guru dan Tenaga Kependidikan (AGTK). 

Sourche:https://kemenag.go.id/

Click to comment