-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Safinatun Najah Terjemah dan Matan

Pembahasan dalam buku ini meliputi : Rukun Islam, Rukun Iman, Makna Kalimat Tuhid, Tanda Baligh, Syarat Istinjak, Wudlu, Hukum Air, Mandi, Tayamum, Najis, Haid, Nifas, Sholat, Jenazah, Zakat, Puasa, Haji

Desclaimer

Kutaib (kitab kecil) dari matan Safinantun Najah ini adalah matan yang banyak dikaji oleh santri Nusantara karena penyusun matan ini bermadzhab Syafi’i di mana beliau lahir di Hadromaut Yaman yang hijrah berdakwah di Batavia Jawa dan meninggal di sana. 


Mempelajari suatu madzhab dengan memulainya dari matan kecil adalah sebuah keharusan bagi penuntut ilmu agar dia memiliki pegangan dan memiliki sedikit wawasan tentang madzhabnya, tidak kaku menghadapi khilaf (perbedaan), dan beragama dengan dalil. Banyak orang beragama ikutikutan dan mengukur kebenaran dengan banyaknya pelaku, padahal kebenaran itu diukur dengan dalil. 


Contoh sederhana saja, manusia pada umumnya menganggap bahwa jilbab lebar dan cadar adalah sesat atau cara beragama yang ekstrim, padahal jilbab lebar dan cadar merupakan madzhab Asy-Syafi’i sebagaimana yang disinggung penyusun matan ini di Fasal Aurot.

Click to comment