-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On

Bantuan kuota internet belajar dari Kemendikbud untuk pelajar, mahasiswa, guru dan dosen untuk tahap I mulai disalurkan. Penyaluran kuota belajar dari Kemendikbud dimulai Selasa (22/9/2020). Rencananya penyaluran akan dilakukan bertahap dari September hingga Desember 2020.

Nah, bagaimana cara mengecek dan mengetahui apakah kuota belajar sudah diterima atau belum?


Berikut ini rincian cara mengecek bantuan kuota belajar Kemendikbud untuk pelanggan Telkomsel, XL, Axis dan Tri


Telkomsel

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menerangkan, bantuan kuota internet Kemendikbud dikhususkan bagi pelajar atau mahasiswa dan pengajar dari sekolah atau universitas yang sudah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).


Mengenai status pendaftaran apakah telah tercatat dalam Dapodik atau belum, pelajar atau mahasiswa dapat menghubungi admin atau perwakilan sekolah dan kampus terkait. Apabila sudah terdaftar maka pelanggan akan menerima SMS pemberitahuan (pengirim Telkomsel).


Pengecekan besaran bantuan kuota data internet bagi pelanggan Telkomsel dapat diakses melalui menu *888# di nomor panggilan dan aplikasi MY Telkomsel. Lebih lanjut pihaknya menjelaskan bantuan kuota data internet dari Kemdikbud RI ini, nantinya tidak akan mempengaruhi kuota lain milik penerima.


Bantuan kuota data internet dari Kemendikbud RI dapat dikombinasikan dengan paket kuota data lainnya dari Telkomsel. Selain itu, Telkomsel sejak awal pandemi juga telah menghadirkan sejumlah inisiatif untuk produk dan layanan dalam bentuk paket internet untuk menunjang PJJ.


Tri

Bagi pelanggan dengan nomor 3 (Tri) yang nomornya sudah didaftarkan di Dapodik oleh pihak sekolah dan kampus juga akan mendapatkan notifikasi melalui SMS. Tri akan mengirimkan sms notifikasi jika pelanggan telah terdaftar dan berhak mendapatkan bantuan kuota internet dari Kemendikbud.


Adapun nantinya untuk mengecek besaran bantuan kuota dari Kemendikbud ini maka pelajar ataupun mahasiswa dapat melakukan cek sisa kuota internet secara detil melalui *123*10*3# atau melalui aplikasi Bima+.


Jikka pelajar belum mendapatkan bantuan maka dapat menanyakan ke bagian administrasi masing-masing. Bantuan kuota belajar ini tidak akan mempengaruhi kuota lain yang ada pada nomor Tri pelanggan karena pembelian paket internet lain merupakan tambahan dari paket bantuan Kemendikbud.


XL dan Axis

Kuota belajar Kemendikbud bagi pelanggan XL dan AXIS, proses yang dilakukan sama dengan operator lainnya. Yakni pelanggan XL mendapatkan bantuan kuota yang didasarkan mekanisme pendataan penerima yang dilakukan Pusdatin Kemendikbud.


Pusdatin sebagai bagian dari Kemendikbud memfasilitasi masing-masing sekolah untuk mengumpulkan data, kemudian operator atau XL Axiata melakukan verifikasi nomor untuk memastikan tidak ada nomor yang invalid, untuk kemudian masing-masing operator termasuk XL Axiata akan melaporkan status pemberian paket datanya ke Pusdatin,” jelas Tri Wahyuningsih, Group Head Corporate Communications XL Axiata.


Semua penerima bantuan kuota akan menerima sms notifikasi setelah paket bantuan kuota masuk ke nomor tersebut. Saat ini bantuan kuota masih berproses pencairannya ke nomor yang tercatat di Pusdatin.


Cara mengecek saldo kuota belajar untuk pelanggan XL prepaid dapat melakukan pengecekannya melalui aplikasi myXL.


Pelanggan prioritas akan melakukan pengecekannya melalui aplikasi AxisNet. Nantinya, pada pilihan paket detail, silahkan cek paket Terus Belajar.


Adapun untuk pengecekan melalui UMB bisa dilakukan dengan menekan *123# kemudian pilih info, pilih Info Kartu-XL-ku, pilih info cek kuota dan pilih paket Terus Belajar.


Kuota dari paket yang berbeda (paket membeli sendiri dan paket gratis kuota Kemendikbud) bisa digunakan sebagaiman mestinya sesuai dengan alokasi masing-masing.


Kuota belajar dari Kemendikbud dapat digunakan untuk apa saja?

Berikut ini penjelasan mengenai pembagiannya. Bantuan kuota internet gratis yang mulai disalurkan Kemendikbud terdiri dari:


Kuota umum: Kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh platform dan aplikasi

Kuota belajar: Kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran.


Secara lengkap berikut ini rincian kuota internet gratis Kemendikbud:

1. Peserta Didik Jenjang PAUD: 20 GB per bulan dengan rincian:

  • 5 GB kuota umum
  • 15 GB Kuota Belajar
  • 4 Bulan Durasi Bantuan


2. Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah: 35 GB/bulan dengan rincian:

  • 5 GB Kuota Umum
  • 30 GB Kuota Belajar
  • 4 Bulan Durasi Bantuan


3. Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah: 42 GB/bulan dengan rincian:

  • 5 GB Kuota Umum
  • 37 GB Kuota Belajar
  • 4 Bulan Durasi Bantuan


4. Dosen dan Mahasiswa: 50 GB per bulan dengan rincian:

  • 5 GB Kuota Umum
  • 45 GB Kuota Belajar
  • 4 Bulan Durasi Bantuan


Untuk tahap II satuan pendidikan yang sudah membuat SPTJM dan sudah dilengkapi materai serta ditandatangani oleh Kepala Sekolah, diharapkan dapat segera mengunggah SPTJM tersebut di laman https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/sptjm/


Data yang dapat dibuat SPTJM adalah data yang sudah terisi Kepemilikan Nomor Ponsel. Pastikan Peserta Didik dan Pendidik sudah diperbaharui kepemilikan nomor ponselnya.


Tahap II Bulan September 2020

Silahkan lakukan Unduh SPTJM, kemudian lakukan Unggah SPTJM yang sudah ditandatangani oleh Kepala Sekolah dan bermaterai Rp. 6000,-.


Tahap I Bulan September 2020

Bagi Sekolah yang sudah melakukan Unduh SPTJM Tahap I Bulan September, dimohon untuk segera melakukan Unggah SPTJM yang sudah ditandatangani oleh Kepala Sekolah dan bermaterai Rp. 6000,-


Langkahnya Downoad dan unggah SPTJM Kuota Belajar

  1. Silahkan akses https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/sptjm/
  2. Pada menu SPTJM, pilih sub menu daftar SPTJM
  3. Silahkan download SPTJM dan lampirannya pada ikon panah bundar
  4. Unggah SPTJM tanpa lampiran
  5. Selesai


Click to comment