-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On

Siaran Langsung Tanya Jawab Seputar Dapodik : Permasalahan Tarik dan Tambah Peserta Didik Manajemen Sekolah. Informasi ini kami repost ulang dari Channel Bahas Dapodik. Anda bisa mengajukan pertanyaan secara live di channel tersebut, silahkan subscribe dan ikuti terus agar kedepannya Anda bisa menemukan solusi dari permasalahan aplikasi dapodik Anda.


Berikut pertanyaan dan jawaban yang dapat kami tuliskan kembali. Semoga ada pencerahan dan memberikan solusi bagi rekan OPS yang masih bermasalah dengan data peserta didik.


Kenapa di aplikasi Dapodik sekarang ketika ada peserta didik mutasi dan tambah peserta didik diluar dapodik selalu masuk ke rombel kelas 1?


Dapodik sebelum merilis patch 2021.a memang dilakukan penguncian terhadap rombel (tingkatan kelas) sehingga ketika melakukan mapping ke kelas tujuan dan tidak berhasil dibaca maka secara otomatis akan masuk ke kelas bawah.


Untuk versi ini maka ketika melakukan mutasi siswa dan di mapping ke rombel tujuan seharusnya sudah bisa. Setelah itu tim dapodik akan melakukan cleansing data ketika terindikasi tingkat rombel yang salah maka data akan menjadi invalid.


Sekarang fokusnya adalah cut off BOS oleh karena itu fokusnya adalah bagaimana tim dapodik mempermudah dahulu terhadap data siswa masuk semua. Sementara untuk BOP PAUD masih lama.


Bagaimana membatalkan PD keluar sedangkan di menu PD keluar tidak ada menu membatalkan?


Lapor ke pengelolah Dinas Pendidikan.


PD sudah ditarik dari data sp.datadik namun belum masuk ke localhost Dapodik?


Sebelum melakukan sinkronisasi Anda harus memastikan terlebih dahulu data PD tersebut melalui sp.datadik melalui menu tab siswa (aktif, terdaftar, lulus, keluar). Sedangkan PD melalui tambah manual maka untuk dapat masuk ke localhost dapodik harus melali persetujuan Dinas.


Bagaimana cara tambah mutasi PD masuk dari PKBM ke sekolah formal?


PKBM dianggap sebagai sekolah asal maka bisa langsung ditarik ke sekolah tujuan dan bisa dilakukan dua arah. (menu tarik data siswa)


Salah memutasikan siswa, bagaimana agar siswa tersebut masuk ke rombel kembali?


Lapor ke dinas pendidikan.


Bagaimana cara menambahkan PD dari MTs ke sekolah Negeri (SMP)?


Melalui menu tambah PD diluar Dapodik jia sekolah tersebut tidak menggunakan aplikasi dapodik. namun jika sekolah tersebut menggunakan aplikasi dapodik maka bisa ditarik secara langsung.


Mohon solusinya bagaimana cara input data siswa yang belum masuk data dapodik sama sekali sedangkan siswa tersebut sudah kelas lanjut?


Tambahkan secara manual kemudian kordinasi dengan dinas pendidikan.


Click to comment