Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Setelah berhasil melakukan instalasi aplikasi dapodik versi 2021 dan sudah bisa registrasi masuk ke dasbornya maka semua akun membutuhkan verifikasi, baik untuk akun operator sekolah (OPS) maupun akun PTK terutama bagi PTK yang terkena cleansing karena email palsu atau email ganda. Hal ini bisa dilakukan melalui manajemen sekolah.
Mengubah Akun GTK Oleh Operator Sekolah (OPS)
Jika GTK belum melakukan verifikasi akun GTK di Manajemen Dapodik Dinas Pendidikan, maka akan ada keterangan email belum terverifikasi yang ditampilkan di tabel GTK dan ketika login sebagai peran petugas pendataan/operator sekolah, GTK, atau guru menggunakan pengguna individual, akan tampil notifikasi pada menu beranda dengan keterangan akun tidak terverifikasi.

Verifikasi akun membutuhkan email yang aktif dan valid. Untuk mengubah akun GTK (username dan password) bisa menggunakan manajemen sekolah pada laman berikut http://sp.datadik.kemdikbud.go.id/ adapun langkahnya sebagai berikut:
👉Login menggunakan akun dapodik sekolah sebagai operator
👉Pilih tab akun,
👉Pilih jenis akun,
👉Klik tampilkan,
👉Pilih data GTK yang akan di ubah
👉Klik icon pencil pada baris GTK tersebut, silakan ubah username dan password
👉Selesai

Langkah diatas bukan untuk melakukan verifikasi akun PTK tetapi mengubah username (email) yang salah dan passwordnya. Setelah itu Operator sekolah (OPS) harus melakukan penarikan data ke aplikasi Dapodik dengan melakukan sinkronisasi.

Setelah email berhasil diverifikasi dan petugas pendataan telah melakukan sinkronisasi, maka keterangan di tabel GTK akan berubah menjadi akun telah terverifikasi dan di menu beranda akan diberikan notifikasi akun terverifikasi.

Untuk melakukan verifikasi akun PTK silahkan kunjungi laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ Anda bisa melihat langkahnya disini.

Click to comment