-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

TPG Bisa Cair Kurang Dari 24 Jam
author photo
By On
Apakah guru yang JJM nya kurang dari 24 jam masih bisa mendapatkan tunjangan sertifikasi? Bisa Ya. Bisa Tidak. Artinya Proses demikian dilihat dari analisa kategori sekolah dan jumlah kebutuhan guru dalam rombelnya yang menunggu verifikasi beban mengajarnya.
TPG Bisa Cair Kurang Dari 24 Jam
Misalnya Jika sekolah mempunyai 6 rombel dengan hanya memiliki satu guru mapel fisika yang sudah tersertifikasi sedangkan untuk jumlah jam mengajarnya hanya mengampu 15 jam maka pada validasi Info GTK guru tersebut masih bisa valid tanpa harus menambahkan jam mengajar di sekolah non induk.

Beban mengajar diatas sebenarnya sudah memenuhi dari minimal 12 jam beban mengajar di sekolah induk. Perhitungan 15 jam adalah 3 rombel reguler dan 1 rombel teori. Jadi 3+4+4+4 = 15.

Jika Anda perhatikan status verifikasi data tunjangan profesi di Info GTK pada beban mengajar dengan keterangan jam mengajar masih dalam verifikasi maka nanti akhirnya tervalidasi dengan ketarangan Jam Mengajar Terpenuhi pada Sekolah Kecil/Kebutuhan Guru.

Keterangan tersebut berbeda jika jumlah jam tidak memenuhi, untuk memenuhi 24 JJM sertifikasi bagi guru induk yang masih kekurangan jumlah jam mengajarnya yaitu dengan menambahkan JJM di sekolah non induk maksimalnya 6 jam. Penambahan jumlah jam mengajar tersebut bisa diambilkan dari sekolah non induk Kemenag maupun Kemdikbud.

Masalahnya Apakah Jam Sekolah Non Induk Kemenag bisa? Jika Anda melihat tabel rombel yang menampilkan Mengajar di Luar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maka tentu bisa dilakukan hanya saja penambahan jam mengajar ini bisa di inputkan melalui akun operator Dinas.

Sedangkan untuk memastikan JJM Sekolah Non Induk Kemdikbud sudah dinputkan pada sekolah berasangkutan maka Anda bisa melihatnya melalui laman manajmen dikdasmen. Tentu yang bisa melihat ini hanya oprator sekolah. Untuk melihatnya Anda bisa meminta usrname dan password dari operator.

Meskipun pada laman validasi Info GTK JJM non induk belum bisa ditampilkan namun pada laman manajemen dikdasmen jumlah beban mengajar sudah tampil maka tinggal menunggu sinkronisasi saja. Namun Anda harus pastikan bahwa JJM maksimalnya 6 jam agar tidak terjadi masalah nantinya.

25 komentar

avatar

!maap mau nanya ,apakah TPG nya akan cair klw di SKL induk hanya 15 jam tambahan di non induk hanya 6 jam dan hanya ada 2 guru di sekolah itu sedangkan tugas tambahan lain sudah habis sama guru lain ,terima kasih

avatar

Admin mau nanya, apakah akan mendapatkan TPG bila di sekolah hanya ada 1 guru pkn di induk hanya 15 jam karena rombelnya cuman 5 , di non induk 6 jam dan tugas tambahan lain sudah habis sama guru yg lain

avatar

Sekarang tidak bisa. Harus 24 jam, bisa ditambah dg tugas tambahan yang lainnya

avatar

Klw analisa kebutuhan guru bagaimana terus apakah di liris dapodik 2022 sudah diakui /valid klw di sekolah itu cuman hanya ada satu gurunya

avatar

Maksudnya yg sertfikasi cuma 1 guru apa gurunya cuma 1? Analisis kebutuhan guru hanya untuk pemenuhan tunjangan di info gtk.

Kalau sekolah hanya ada 1 guru kok bisa?

avatar

Ass bgmn kalau disekolah induk 15 jp+wali kls2 jam+2jam pramuka+1 guru piket + non induk 6 jp munkinka valid

avatar

Kasus yg terjadi jam tambahan hanya akan terbaca 1. Tapi silahkan dicoba saja 😊

avatar

Kalau jumlah jam PJOK 6 rombel = 18 jam dan satu2nya guru mapel di sekolah apakah bisa valid. Sebelum2nya bisa valid, skrg masih dalam penghitungan/perbaikan data.

avatar

Biasanya proses validasinya terakhir. Sebaiknya ditambah dg tugas tambahan.

avatar

Data dapodik sudah sesuai tidak ada tanda silang merah di info gtk belum juga valid

avatar

Penarikan data into gtk biasanya 2 mingguan,

avatar

Om. Kalao sekolah saya rombelnya cuma 3. Mapel saya PJOK jadi dapetnya cuma 9 jam. Di tambah tugas tambahan 12 jadi 21... Terus saya ambil di non induk 6 jam tapi kok yg masih belum valid ya ?. Non induk liniernya didak ter tulis. Padahal di tabel jjm di ujung bawah halaman sudah liner semua

avatar

Bisa pak. Tunggu saja biasanya agak telat karena ada tambahan jam dari non induk.

avatar

Guru BK I orang, tapi siswanya tidak mencapai 150 orang. Apakah data info GTK Masih bisa valid? Mohon infonya bapak...

avatar

Seperti pengalaman tahun2 sebelumnya meskipun kurang dari 150 untuk kategori sekolah kecil (dibawah 6 rombel) masih bisa valid.

avatar

Min, di sma saya ada 2 orang guru bahasa inggris yang masing2 ngajar 12 jam, dengan keterangan guru 1 mendapat tugas tambahan kepala perpus jadi 24 jam, sedangkan guru 2 tidak ada tugas tambahan jadi tetap 12 jam. Apakah bisa valid untuk guru 2 dengan hanya 12 jam mengajar?
Catatan di sma hanya 2 jam perkelas 1 minggunya dan ada 12 rombel. Thanks

avatar

Guru yang ke 2 tidak bisa valid.

avatar

saya mengajar bahasa inggris smp dengan 12 jam mengajar dan koordinator p5 6 jam dengan tugas tambahan wali kelas 2 ,sekolah non induk 4 jam mengajar,apakah akhir nya akan valid

avatar

Saya mengajar di SMP total 3 rombel dari kelas 1 sampai 3. saya mengajar matematika dengan 15 jam mengajar dan tugas tambahan yang bisa saya ambil koordinator p5 4 jam, walas 2 jam. Apakah bisa valid?

avatar

Rino armada kalau dihitung masih 21 jam kurang 3 jam jika kebutuhan guru mapel matematika cuma 1 bisa valid. Usahakan 24 jam. Perhitungkan jumlah rombel (Besar/kecil) dengan jumlah kebutuhan guru mapelnya..

avatar

Min, sy ngajar Bhs inggris di SMP kebagian 1 Rombel jadi jam 4 ditambah walas 2 jam dan tugas tambahan kordinator p5 6 jam terus non induk 6 jam, apakah bisa valid?

avatar

Tidak valid, Minimalnya 24 jam, sebelum membagi jam di dapodik sebaiknya gunakan analisis kebutuhan guru mapel dan jumlah rombel untuk memudahkan pemetaan jumlah jam mengajar.

avatar

Min, saya guru tunggal di sekolah dengan jjm 14 jam linier dng serdik dan 6 rombel. Apakah bisa valid ?

Click to comment