-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Linieritas PAI 127 & Beban Kerja Guru Sesuai KMA 890 Tahun 2019
author photo
By On
Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) meskipun naungannya adalah Kemdikbud namun untuk pemenuhan sertfikasi alurya mengikuti Kemenag sehingga yang dipakai sebagai pedoman adalah Keputusan Menteri Agama.
Linieritas PAI 127 & Beban Kerja Guru Sesuai KMA 890 Tahun 2019
Bagi Bapak/Ibu guru yang mengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tidak perlu risau karena kekurangan JJM sebab unntuk memenuhi 24 jam piliihannya masih banyak, Anda bisa mengacu pada Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 890 Tahun 2019 tentang pedoman pemenuhan beban kerja guru madrasah yang bersertifikat pendidik.

Misalnya jika sekolah Bapak/Ibu guru hanya memiliki 6 rombel maka perhitungan jumlah jam mengajarnya untuk mapel PAI adalah 3 x 6 = 18 jam maka untuk memenuhi 24 jam Anda bisa menggunakan linieritas kesesuaian mata pelajaran di madrasah yang diampu dengan sertifikat pendidik.

Untuk linieritas bidang studi sertifikasi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan kode 030, 067, 127, 300, 960 mapel yang sesuai adalah Pendidikan Agama Islam, Al-Qur'an Hadits, Aqidah Akhlak, Fiqih, dan Sejarah Kebudayaan Islam.

Anda bisa menggunakan mapel mulok (Al-Qur'an Hadits, Aqidah Akhlak, Fiqih, dan Sejarah Kebudayaan Islam) sebagai tambahan jam yang masing-masing dihitung 2 JMP. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan jam tugas tambahan.

Memang, beban kerja guru secara eksplisit sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentan perubahan atas Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2008 tentang guru, namun masih dibutuhkan penjelasan secara rinci perhitungannya. Oleh karena itu, KMA 890 tahun 2019 mengatur penetapan beban kerja guru dan tugas tambahan sebagai optimalisasi tugas guru.

Tugas tambahan guru sebagai wakil kepala adalah 12 jam tatap muka perminggu atau membimbing 3 rombel dengan ketentuan :
1 - 3 rombel sebanyak 1 orang wakil kepala;
4 - 6 rombel sebanyak 2 orang wakil kepala;
7 - 9 rombel sebanyak 3 orang wakil kepala;
⪄ 10 rombel sebanyak 4 orang wakil kepala;

Selain tugas tambahan wakil kepala, Anda juga bisa memanfaatkan tugas tambahan kepal sub bagian (Kepala Perpus, Kepala Lab, dll), atau tugas tambahan guru yang lain misalnya sebagai wali kelas, guru piket dan yang lainnya bisa dikumulatifkan dengan paling banyak 6 jam tatap muka perminggu untuk guru mapel dengan catatan wajib memenuhi pelaksanaan pembelajaran tatap muka paling sedikit 18 jam perminggu.

Unduh KMA 890 Tahun 2019

43 komentar

avatar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Saya slh satu peserta CPNS 2019 yg kemarin mengikuti SKB Formasi GURU AGAMA ISLAM SD, yang ingin saya tanyakan, apakah serdik PAI(AKIDAH AKHLAK) dg kode mapel 235 linier dg jabatan yg saya lamar tersebut?
Mohon penjelasannya.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

avatar

Tidak berhubungan antara serti dan cpns. Yg penting S1 PAI/PA

avatar

Maksud saya, serdik saya itu linier tidak dg formasi yg saya lamar tersebut?
Saya S1 PAI serdik saya akidah akhlak melalui PPG DALJAB 2018 KEMENAG.

avatar

Pertnyaan yang sama juga pak mohon dijawab.saya serdik fikih ngajar pai di smp bisa linier atau tidak ya?

avatar

Ijin tanya pak,,, apakah Guru PAI SD bisa mutasi ke SMP???? Dan Sertifikasinya linniear?????
Mohon petunjuk...

avatar

prosedur ini hanyalah untuk kepentingan tunjangan profesi, tidak berhubungan dengan administrasi lainnya pada bagian kepegawaian di kabupaten/kota dan sekolah asal maupun tujuan pada jenjang dikdas. Untuk administrasi lainnya harus mengikuti prosedur standar yang berlaku.

Pastikan SK Mutasi dari bagian kepegawaian sudah ditangan
Bawa SK Mutasi tersebut pengelola tunjangan profesi dikabupaten asal untuk dimutasikan juga datanya di sistem tunjangan profesi.
Serahkan foto Copy SK Mutasi kepengelola tunjangan profesi
Laporkan pula SK Mutasinya ke kepala sekolah asal dan operator sekolah di sekolah asal agar menonaktifkan datanya diaplikasi dapodik
Setelah semua urusan disekolah asal selesai, laporkan SK mutasi tersebut ke kepala sekolah baru dan operator sekolah baru agar datanya bisa dimasukan dalam aplikasi dapodik.
Bawa Foto copy SK Mutasi dan berkas lainnya yg berkenaan dengan administrasi mutasi ke pengelola tunjangan profesi dikabupaten baru untuk memastikan bahwa mutasinya sudah disistem tunjangan profesi sudah dilakukan dikabupaten asal. Jika ternyata datanya belum dimutasikan dari tempat asal maka hubungi pengelola tunjangan dikabupaten/kota asal untuk mengusulkan mutasi ke kabupaten/kota yang baru.
Pastikan bahwa data anda sudah terdaftar disekolah baru pada lembar info guru selambat-lambatnya satu bulan setelah SK Mutasi diterima.

avatar

Assalamu'alaikum,,,ijin bertanya,,,sy serdik qur'an hadist dengan kode 360 dalam jabatan PLPG thn 2015,,,yg sy tanyakan serdik sy qurdist linier g dengan mapel PAI d sd,,,krna sy skrng ikut tes p3k thn 2021 apakah masuk mendapat afirmasi langsung lolos 100% d kompetensi teknis,,,? Mohon jawaban nya,,,

avatar

Untuk linieritas serdik dg pppk kurang tahu. Jika anda sdh bisa cetak kartu peserta, ikuti saja prosesnya semoga anda mendapat afirmasi dan lulus.

avatar

Pak saya juga punya serdik PAI (Fikih) apakah linier dengan Serdik PAI atau guru PAI SD, saya ikut PPPK Pak...apakah dapat afirmasi 100%..??

avatar

Afirmasi hanya 15 % https://www.ibadjournals.com/2021/09/15-bonus-afirmasi-seleksi-guru-asn-pppk.html

avatar

Kan kalau yg punya serdik linier dapat afirmasi 100% pak

avatar

Pertanyaan saya di atas apakah linier serdik Fikih dengan guru PAI di SD pak...?

avatar

Fiqih 068, 069, 129, 133, 237, 271, 713
1. Fiqih,
2. Aqidah Akhlak,
3. Alquran Hadist,
4. Sejarah Kebudayaan Islam,
5. Fiqih-Ushul Fiqih,
6. Qawaid-Fiqhiyah,
7. Tarikh-Tasyri

tidak

avatar

Izin bertanya....
Saya sertifikasi Al Quran hadits di Mts dan alhamdulillaah saya lulus di diknas sbg guru pppk, apakah serdik saya bisa terpakai di diknas

avatar

Assalamualaikum wr.wb,ada yg bisa bantu jawab rekan2,Saya tadinya guru madrasah dan mempunyai serdik TIK 2012,ijazah PAI... Alhamdulillah diterima p3k THN ini,,,yg jd kekhawatiran saya sekarang bisa tidak serdik TIK dilinierkan sama mapel PAI agar bisa TPG cair,tidak hrs ikut PPG LG...trims atas bantuannya...?

avatar

2018 dulu ada pengajuan konversi linieritas serdik melalui simpkb akun kepala sekolah. Sekarang harus ppg ulang 😁

avatar

Assalamu'alaikum mohon pencerahannya.. sy kmren lulus PPG mapel fiqih dan sy mau mutasi ke SD mapel PAI. Apakah tunjangan sertifikasi bisa cair lewat SD?

avatar

Sebaiknya langsung dikordinasikan dengan operator dinas agar lebih jelas. Karena teknisnya sekarang berbeda

avatar

Assalamu'alaikum. Yang pengen saya tanyakan kenapa PENDIDIKAN BAHASA
ARAB ngak masuk dalam rumpun PAI. PAK? trms. Karena Yg ijazah PAI banyak juga yg honor pada Pelajaran PAI SD

avatar

daftar linieritas kode mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab berdasarkan KMA Nomor 103 Tahun 2015. dan Daftar rumpun mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab berdasarkan Surat bernomor 360/Dj.I/Dt.I.I.1/PP.00/04/2017


Pendidikan Agama Islam. Kode Bidang Sertifikasi 030, 067, 127, 300 Mapel yang Sesuai:
1. Pendidikan Agama Islam,
2. Alquran Hadist,
3. Aqidah Akhlak,
4. Fiqih,
5. Sejarah Kebudayaan Islam

Bahasa Arab. MAPEL SESUAI:
1. Bahasa Arab
2. Qira'atul Kutub
3. Imla'
4. Hiwar
5. Khath/ Tahsinul Khath
6. Nahwu
7. Sharaf
8. Qaidah Sharaf/ Qaidah l'Ial
9. l'Ial
10.Qaidah I'rab
11.I'rab
12.1Imu Balaghah
13.1Imu Bayan
14.1Imu Mantiq
15. Ilmu Arudl

Bahasa arab termasuk jurusan/peminatan

avatar

Assalamualaikum wr wb. Apakah guru bahasa inggris di MTS yg jam mengajarnya hanya 8 jam dapat menambah dua tugas tambahan seperti kepala laboratorium (12 jam) dan wali kelas (6 jam) untuk memenuhi jam tunjangan sertifikasi?
Apakah simpatika mengakomodir dua tugas tambahan di atas dan linear? Trimakasih sebelumnya

avatar

Sebaiknya jjm nya mininal 12
12 jam mapel + 12 tugas tambahan kepala lab

Wali kelas hanya bisa 1 kelas.

avatar
This comment has been removed by the author.
avatar

JJM saya hanya 8 jam ( JJM lainnya sudah diambil guru sertifikasi mapel yang sama) + kesiswaan 12 jam sehingga jumlahnya jadi 20 jam. Kurang 4 jam. apakah saya boleh menambah 4 jam di madrasah non induk, tapi jaraknya 35 KM dengan waktu tempuh 1 jam karena tidak ada madrasah/sekolah terdekat yang menerima untuk penambahan jam. Apakah diperbolehkan atau ada aturan tentang zona / jarak ke madrasah non induk?

avatar

Tambahkan saja yang penting data sekolah non induk bisa konek dengan dapodik. Jam maksimal non induk 6 jam tdk booeh lebih.

avatar

Assalamualaikum warahmatullah..
Saya adalah lulusan prodi PGMI dan sekarang mengajar PAI di SD..
Apakah ijazah saya linier dg rumpun PAI, dan bisa mengikuti PPG kemenag utk PAI??

avatar

Assalamualaikum, mohon tanggapan,saya guru pns dinas yang mutasi ke madrasah. sudah sertifikasi bahasa inggris, karena kekurangan jam saya minta tambahan jam di madrasah lain, tapi dari kemenag diminta persyaratan surat perintah dari dinas untuk 2 madrasah induk dan non induk katanya kewenangan madrasah induk dan induk untuk pns dinas ada di kantor dinas.setelah ke dinas kepala dinasnya tidak bisa memberikan surat perintah karena tujuannya untuk dua madrasah.

avatar

Aturannya memang tidak bisa dinas memberikan surat keterangan ke 2 lembaga tujuan harusnya satu hanya untuk induk. Idealnya PNS induk itu jjm nya harus memenuhi 24 jam. Jika kekurangan jam maka di tambah dg tugas tambahan 12 jam.🙏

avatar
This comment has been removed by the author.
avatar

Terimakasih atas tanggapannya pak

avatar

Ijin bertanya bapak..
Saya lulus PPG tahun ini,sertinya PAI lalu saya sekarang pindah tugas di SMP Islam dan mengajar Qur'an hadis. Kira2x tunjangannya bisa cair mboten njeh bapak?

avatar

Bisa, mapel qurdis bisa masuk dalam muatan lokal agama...

avatar

Kak saya mohon izin bertanya saya lulusan kependidikan Islam (MSP) fakultas tarbiyah apabila saya ambil ppg pendidikan agama Islam linier tidak pak? Terima kasih🙏🙏🙏

avatar

Saya guru PAI serdik saya guru kelas bisa cair atau tidak sertifikasi saya

avatar

Silahkan lihat di aplikasinya (Simpatika atau Siaga pendis) jika dinyatakan layak maka cair jika dinyatakan tidak layak silahkan diperbaiki kesalahannya.

avatar

Biar tidak salah silahkan lihat linieritas serdik di laman simpatika

avatar

izin bertanya saya Guru PAI di SMP jika mutasi ke Mdrasah mengajar Fiqih sertifikasi saya bermasalah atau tidak terima kasih

avatar

Bapak Affan Hi Ahmad karena mutasinya membutuhkan dua arah naungan, alangkah baiknya bapak langsung ke operator Dinas dan Kemenag agar lebih jelas. Bagaimana mana prosedur mutasi yang baik.

Secara linieritas PAI bisa mengajar Fiqih.

avatar

Maaf ijin bertanya. ijazah saya PGMI apakah bisa mengajar PAI di SD negeri

avatar

Bisa jika sesuai dengan kompetensinya.
Jenjang pendidikan formal, menurut Pasal 14 UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Pasal 16 menyebutkan bahwa : 1) Pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan yang melandasi jenjang pendidikan menengah; dan 2) Pendidikan dasar berbentuk Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau bentuk lain yang sederajat serta Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs), atau bentuk lain yang sederajat. Hal ini sejalan dengan SKB Nomor 6 Tahun 1976 yang menyetarakan jenjang pendidikan madrasah dengan umum, yakni SD setara dengan MI.

Click to comment