Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Blue Print Kisi-Kisi USBN 2020 PAI SMA/SMK K-2013 K-2006
Kisi-kisi USBN ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Kisi-kisi USBN disusun berdasarkan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Khusus kisi-kisi USBN untuk mata pelajaran Pendidikan Agama, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, serta mata pelajaran pendidikan keagamaan disusun oleh Kementerian Agama.

Blue Print kisi-kisi soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2019/2020 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Budi pekerti untuk jenjang SMA/SMK Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2006 KTSP.

Setelah menetapkan 4 arah kebijakan nasional pendidikan Merdeka Belajar, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim bergerak cepat menetapkan USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) dan UN ( Ujian Nasional) 2020 melalui Peraturan Menteri ( Permendikbud). Permendikbud Nomor 43 tahun 2019 yang khusus mengatur tentang Ujian diselenggarakan sekolah dan Ujian Nasional (UN).

Dalam Permendikbud tersebut disebutkan sistem pendidikan harus mendorong tumbuhnya praktik belajar-mengajar yang menumbuhkan daya nalar dan karakter peserta didik secara utuh. Tidak hanya itu, satuan pendidikan atau sekolah juga diberikan keleluasaan untuk berinovasi dalam menciptakan lingkungan belajar yang berpihak pada peserta didik.

Ada beberapa hal penting terkait UN dan USBN yang diatur melalui Permendikbud ini, di antaranya: Bentuk USBN
  1. Bentuk Ujian yang diselenggarakan oleh sekolah dapat berupa portofolio; penugasan; tes tertulis; dan/atau bentuk kegiatan lain yang ditetapkan Satuan Pendidikan sesuai dengan kompetensi yang diukur berdasarkan Standar Nasional Pendidikan.
  2. Bentuk Ujian yang diselenggarakan oleh sekolah di atas dilaksanakan pada semester ganjil dan/atau semester genap pada akhir jenjang dengan mempertimbangkan capaian standar kompetensi lulusan.

Click to comment