Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Layanan bimbingan dan konseling adalah layanan yang diberikan oleh tenaga profesional bimbingan dan konseling kepada peserta didik dan anggota masyarakat lainnya agar mereka mampu memperkembangkan potensi yang dimiliki, mengenali dirinya sendiri, serta mengatasi permasalahannya sehingga dapat menentukan sendiri jalan hidupnya cara bertanggungjawab tanpa bergantung kepada orang lain.

Konselor pendidikan adalah konselor yang bertugas dan bertanggungjawab memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada peserta didik di satuan pendidikan. Konselor pendidikan merupakan salah satu profesi yang termasuk ke dalam tenaga kependidikan seperti yang tercantum dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional maupun Undang-undang tentang Guru dan Dosen.
Alternatif Download File BK/BP 2019 Lengkap
Konselor pendidikan semula disebut sebagai Guru Bimbingan Penyuluhan (Guru BP). Seiring dengan perubahan istilah penyuluhan menjadi konseling, namanya berubah menjadi Guru Bimbingan Konseling (Guru BK). Untuk menyesuaikan kedudukannya dengan guru lain, kemudian disebut pula sebagai Guru Pembimbing.

Setelah terbentuknya organisasi profesi yang mewadahi para konselor, yaitu Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN), maka profesi ini sekarang dipanggil Konselor Pendidikan dan menjadi bagian dari asosiasi tersebut.

Dua hal yang harus dimiliki oleh seorang Guru Bimbingan konseling, yaitu kompentensi diri dan mampu mengemban tugas yang sangat besar bahkan dianggap serta berbeda dengan mata pelajaran yang lain, karna tugas dari guru Bimbingan konseling ini, menyentuh hal pribadi, baik mental maupun akal, oleh karena itu, tugas dari guru BK sendiri semestinya lebih berat dari yang lain, seleain juga harus mempunyai Kompotensi skill dan kompentensi. Maka tidak semuanya bisa menjadi Guru Bimbingan Konseling.

Berkenaan dengan hal tersebut diatas, jika Anda menjabat sebagai guru BK/BP mungkin rekomendasi situs http://wadahgurubk.com bisa menjadi bahan referensi untuk kegiatan layanan BK/BP Anda. Disana Anda bisa menemukan berita-berita seputar BK sekaligus Anda bisa mendownload beberapa file modul berkaitan dengan program BK.

Misalnya :
1. Contoh Alternatif Laporan Program Pelayanan BK. Buku alternatif laporan ini merupakan bentuk pertanggung jawaban guru BK/Konselor  dalam melaksanakan  kegiatan layanan bimbingan dan konseling di sekolah.

2. Panduan Pelayanan Bimbingan Karir_ILO EAST. Panduan pelayanan bimbingan karir bagi guru bimbingan konseling/konselor pada satuan pendidikan dasar dan menengah – Mendukung peningkatan ketersediaan antara pilihan pendidikan pemuda Indonesia dan pekerjaan yang tersedia di pasar.

3. Modul Materi Pelatihan Kurikulum 2013 Guru BK SMP/SMA/SMK Revisi, Tahun 2018. Beberapa karakteristik yang khas dari materi pelatihan berbentuk modul tersebut, yaitu: (1) lengkap (self-contained), artinya, seluruh materi yang diperlukan peserta pelatihan untuk mencapai kompetensi dasar tersedia secara memadai; (2) dapat menjelaskan dirinya sendiri (self-explanatory), maksudnya, penjelasan dalam paket bahan pelatihan memungkinkan peserta untuk dapat mempelajari dan menguasai kompetensi secara mandiri; serta (3) mampu membelajarkan peserta pelatihan (self-instructional material), yakni sajian dalam paket bahan pembelajaran ditata sedemikian rupa sehingga dapat memicu peserta pelatihan untuk secara aktif melakukan interaksi belajar, bahkan menilai sendiri kemampuan belajar yang dicapainya.

4. Modul Materi Pelatihan Kurikulum 2013 Guru BK SMA/SMK. Pembahasan modul Implementasi Kurikulum 2013 dituangkan dalam tiga bab materi pokok, yaitu materi pokok I tentang Rasional dan Elemen Perubahan Kurikulum 2013, dan materi pokok II tentang Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum 2013 dan materi pokok III tentang Pelayanan Peminatan Peserta Didik.

5. Materi Education New Zealand Pelatihan Pemimpin Sekolah. Pandangan selandia baru terhadap kepemimpinan, pengajaran, dan peningkatan hasil belajar siswa

6. Materi Education New Zealand Pelatihan Guru BK. Pandangan selandia baru terhadap kepemimpinan, pengajaran, dan peningkatan hasil belajar siswa.

7. Pedoman Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Pendidikan dasar dan menengah. Pedoman ini dimaksudkan untuk memberi arah penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling dalam implementasi kurikulum 2013. Secara khusus bertujuan untuk:

  • Memfasilitasi guru bimbingan dan konseling atau konselor dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan tindak lanjut layanan bimbingan dan konseling;
  • Memberi acuan dalam mengembangkan program layanan bimbingan dan konseling secara utuh dan optimal dengan memperhatikan hasil evaluasi dan daya dukung sarana dan prasarana yang dimiliki;
  • Memberi acuan dalam monitoring, evaluasi dan supersivi penyelenggaraan bimbingan dan konseling. 

8. POP BK SMK, POP BK SMA, POP BK SMP, POP BK SD. Panduan Operasional Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling (POP BK) di Sekolah SD/SMP/SMA/SMK

9. Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk SMP. Panduan ini berisi konsep penilaian, penilaian oleh pendidik yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, serta penilaian oleh satuan pendidikan. Di samping itu, dalam panduan ini diuraikan cara menetapkan KKM mengisi rapor.

Lebih lengkapnya Anda bisa mendownload di http://wadahgurubk.com/media/index.html

Click to comment