-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Cara Memastikan Data Tugas Tambahan di Dapodik Valid
author photo
By On
Dari cerita seorang guru biologi yang ngotot katanya data info GTK nya sudah valid tapi kenapa sekarang tidak juga diterbitka SKTP nya. Ujung-ujungnya bakal hangus nih pencairan TPG nya untuk triwulan I bulan Januari dan triwulan II  bulan Juni.

Yah, kasihan juga kalau sampai tidak mendapatkan haknya, jadi itung-itung bantu barangkali masih ada kesempatan untuk cary over tunjangan profresi. Saya coba tanya berapa jumlah jam mengajarnya, beliaunya bilang 22 jam untuk mapel serta 2 jam tugas tambahan wali kelas, serta 2 jam untuk tugas tambahan pembina pramuka. Jadi kalau di total memang sudah memenuhi JJM Dapodik karena sudah 26 jam.

Nah, yang menjadi masalah kan, valid tapi tidak terbit SKTP. Sebenarnya, baru kemarin saya menulis cara cek validasi info GTK 100 persen valid, Anda bisa membacanya melalui tautan tersebut. Yup, meskipun tulisan tersebut agak sedikit membigungkan karena memang ditulis langsung tanpa melalui format dan edit barangkali saja bisa membantu­čśĆ.

Selanjutnya untuk memastikan kebenaran data guru tersebut, saya minta ditunjukkan login info GTK nya. Memang betul, saya cek status validasi tunjangan profesinya VALID, tidak ada yang merah pada keterangan verifikasi data tunjangan profesinya.

Scrool kebawah lihat JJM sekolah induk benar 22 jam, namun pada jam tugas tambahan ekuivalen 0 artinya untuk tugas tambahan wali kelas dan pembina pramuka tidak diakui sehingga pada tabel record tugas tambahan tidak muncul.

Untuk memastikan jam tugas tambahn benar-benar valid dan diakui, caranya pada menu "Cek Tugas Tambahan" harus dilihat. Apa yang terjasdi? hasilnya seperti gambar dibawah ini.
Cara Memastikan Data Tugas Tambahan di Dapodik Valid
Anda bisa melihat bahwa Status Tugas Tambahan: Tidak valid. Meskipun Anda mengusulkan ke operator simtun dinas, mereka juga tidak akan berani mengusulkan penerbitan SKTP karena memang kurang dari 24 jam.

Bagaimana langkah mengatasinya?

Disini saya lihat indikasi salahnya ada pada jam tugas tambahan yang dobel. Coba Anda silahkan baca Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 33 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus, dan Tambahan Penghasilan Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah dan serta Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 15 tahun 2018 tentang pemenuhan beban kerja guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah.

Karena terdapat tugas tambahan yang ganda, akhirnya coba saya pakai pembina pramuka dan membuang wali kelasnya dan ternyata valid 24 jam. Terhitung 12 hari dari hasil sinkron terakhir, yang membuat bahagia katanya sudah terbit SKTP nya, artinya ada harapan TPG nya cair meskipun nantinya terlambat.

Jika kasus tersebut ada kemiripan dengan milik Anda mungkin cara tersebut diatas bisa dicoba. Semoga berhasil.

5 komentar

avatar

Bukankah seharusnya memasukan jam tambahan walikelas dan jam pembina pramuka tidak masalah melihat permendikbud no.15 tahun 2018 pasal 6 ayat 4?

avatar

Betul Pak Ahmad eko, jam tambahan walikelas sudah otomatis akan dihitung 2 jam namun perlu diperhatikan untuk jam pembina pramuka akan dihitung sesuai dengan rasio siswa. Perhatikan juga untuk rombel extra pramuka harus ada siswanya.

avatar

Saya mo tanya misalkan di buat romnel ruang belajarnya apa bisa pake aula?

avatar

Kalau dilapangannya bisa. Namun untuk rombel diaplikasi harus sesuai. Ruang rombel = ruang rombel.

avatar

Untuk rombel extra pramuka bisa memakai memakai lapangan, aula dll

Click to comment
A- Kinerja A-GLD A-Gtk Adminisrasi Guru Akhlak Tasawuf AKM akreditasi Akreditasi Perpustakaan AKSI Puspendik ANBK anti virus aplikasi Aqidah Akhlak arkas asuransi Bahasa Arab Bank BDR beasiswa Bidikmisi big book BIOUN Bisnis BK blog BOS BPOPP bse BSM BSU buku buku guru pai Convert Suara ke Text CPNS crochet DAK Dapodik dapodik paud Dapodikdasmen DHGTK Disabilitas Domnis Pesantren Ramadhan Dukcapil DUPAK e-learning E-Maarif E-Monev E-Rapor E-sarpras E-SKP EDS EHB-BKS Emis Emis PAI Emis Pendis Emis SDM eRapor FAQ Dapodik 2019.c FIKSI Fiqih G Suite for Education Geisa Google form Google Form Quiz gtk Hardiknas IHT ijazah Infaq info info gtk inpassing inpassing kemenag Insenntif Guru ISMA Jabfung Kemdikbud jual beli Kalender Pendidikan Kelas Maya Kelulusan Kemdikbud Kemenag Kepala Sekolah KI/KD KIP-Kuliah Kisi-kisi Kompetensi Guru 2045 kopsi kredit KSN KTSP Kurikulum LDBI LTMPT makalah Materi PAI media pembelajaran Microsift Word Microsoft Word Modul Guru Modul TIK GPO motivasi MPLS MS Word mudlarabah qiradl musaqah Mutasi Muzara'ah dan Mukhabarah nilai online NISN NPSN NPWP nrg NUKS NUPTK PAIS Pajak PAK Panduan PAS PDSS PDUN Pembelajaran Pembelajaran Kontekstual pendidikan Pendis PerMenDikBud PerPus Peserta Didik PIP PJB PMP PNS PPDB PPG PPG Daljab PPPK ppt Pramuka Profil Guru 2045 PTK qurdis Rapor Dapodik raport riba RKAS RPL RPP SBMPTN sehat Sekolah Penggerak sertifikasi Shadaqah SHUN Siaga Siaga Pendis Sim PKB Simpak Simpatika Simulasi SIPLah SKI SKTP Smadav SNMPTN SNPTN Soal Online Span ptkin Survei lingkungan belajar tamsil Tekno tips tpp Tutorial UAMNUBK UASBN UBKD UN UNBK UNP USBN USP UTBK Verval PD Verval ponsel Verval PTK Verval SP Verval TIK VHD Whistleblower zakat