-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Cara Upload File .DZ atau .EZ Ke Bio UN 2019
author photo
By On
Upload File .DZ atau .EZ Ke Bio UN 2019 : Masih banyak rekan operator terutama yang masih baru menggantikan operator lama, belum bisa mengupload file .DZ atau biodata peserta UN dari laman PDUN ke laman Bio UN.
Cara Upload File .DZ atau .EZ Ke Bio UN 2019
Mengenai upload biodata UN yang berupa file .DZ ada beberapa kebijakan dari masing-masing dinas setempat.

Mengupload file .DZ Bio UN bisa dilakukan secara koordinator maupun secara mandiri. Misalnya dikoordinir secara kelompok oleh dinas kab/kota setempat, bisa juga oleh rayon/sub rayon.

Bagi sekolah yang upload file .DZ nya di koordinir oleh dinas kab/kota setempat atau oleh rayon/sub rayon maka cukup menyerahkan biodata peserta UN yang berupa file .DZ nya saja ke kordinatornya.

Namun sekali lagi, Anda harus benar-benar meperhatikan kevalidan data peserta didik tersebut sebab jika ada data yang kurang meskipun hanya dari data satu siswa maka upload file .DZ nya akan gagal.

Sementara yang masih terkendala terhadap kevalidan data siswa terjadi pada pengajuan perubahan NISN ke pusat yakni menunggu approve yang begitu lama.

Meskipun ada di sebagian sekolah yang lain cukup cepat untuk approvalnya, namun kasus yang terbanyak di lapangan adalah menunggu lama bahkan sampai beberapa bulan.

Jika ini berlalu sampai hari ditetapkannya DNT maka yang terjadi siswa tidak bisa mengikuti UN dikarenakan datanya tidak bisa diunggah.

Solusi yang terbaik lakukan koordinasi dengan dinas kab/kota setempat atau rayon/sub rayon setempat. Tidak ada jaminan bagi Anda jika hanya mengandalkan kepada sesama operator.

Jika sekolah Anda diberi akses atau kewenangan untuk mengupload file .DZ atau biodata siswa secara mandiri, maka berikut ini langkahnya;

Upload File .DZ Ke Bio UN 2019 Secara Mandiri

1. Setelah login pada Manajemen PDUN, unduh file calon peserta UN
unduh file .dz pdun
Pastikan file yang di unduh berupa .DZ (NPSN-Sekolah.DZ) jangan sampai ada penambahan karakter sebelum .DZ atau merubah nama filenya. contoh yang salah 000000-sekolah_a (1).DZ maka yang terjadi akan mengalami error ketika di upload ke laman Bio UN.

2. login ke Bio UN, pada menu biodata tap tombol UNGGAH (*.DZ/*.EZ)
upload file .dz bioun
Untuk menambahkan sesi dan mata pelajaran pengaturannya melalui laman UNBK.

Click to comment