-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Cara melihat Peserta Didik Status Aktif / Terdaftar di Dapodik 2019
author photo
By On
Apa bedanya peserta didik yang statusnya sudah aktif dan peserta didik yang statusnya masih terdaftar? Status aktif artinya Peserta didik sudah dimasukan kedalam rombongan belajar. Sedangkan status terdaftar yakni Peserta didik belum dimasukan kedalam rombongan belajar. Mungkin Anda merasa sudah memasukan semua peserta didik dalam rombongan belajar sesuai dengan tingkatannya. Ketika memasukan peserta didik ke rombel mungkin langkah yang Anda lakukan salah sehingga pada data dikdasmen masih berstatus terdaftar khususnya untuk kelas baru (7 untuk jenjang SMP, kelas 10 untuk jenjang SMA).

Silahkan cek terlebih dahulu data peserta didik pada laman data,dikdasmen.kemdikbud.id, jika data siswa tidak muncul pada menu aktif maka peserta didik tersebut belum dilakukan regrestasi, itu artinya Anda memasukan data peserta didik kelas baru langsung melalui menu rombel pada aplikasi Dapodik tidak melalui proses regristasi.
proses regristasi untuk peserta didik baru
Silahkan lakukan proses regristasi untuk peserta didik baru. Caranya seperti biasanya, buka aplikasi dapodik klik pada menu peserta didik, pilih peserta didik yang akan di regristasi, klik menu regristasi, isi semua data peserta didik pada kotak dialog regristasi. kemudian sinkronisasi ulang. data akan mengalami perubahan 1x24 jam.
regristasi PD dapodik
Jika nomer pesrta UN tidak ada maka bisa diganti dengan tanda - (harus di isi karena bertanda bintang). Perhatikan tanggal masuk sekolah dan program pengajarannya juga.

Jika peserta didik belum regristasi adakah pengaruh data tersebut?
Pencairan dana BOS yang merujuk pada rombongan belajar harus diisikan lengkap sampai dengan data pembelajaran dan jadwal pelajaran, data siswa yang akan terhitung adalah data siswa pada semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019. Serta kevalidan data siswa disarankan melalui proses verifikasi dan validasi NISN pada layanan vervalpd.data.kemdikbud.go.id.

Data peserta didik yang telah di sinkronisasi maka akan terkirim pada laman verval PD. Pada laman verval PD Anda akan menemukan data peserta didik yang invalid di menu residu, Jika kasusnya data invalid pada NISN peserta didik tercatat ada, namun pada menu residu tidak ada data peserta didik tersebut sehingga Anda tidak bisa melakukan match, mungkin Anda belum melakukan proses regristasi peserta didik.
invalid pada NISN
Jika invalid data terjadi pada tanggal masuk, silahkan perbaiki data Dapodik, ganti tanggal masuk di menu regristasi dengan tanggal 18/08/2018.

Begitulah sekilas tentang cara melihat Peserta Didik status aktif atau status terdaftar di Dapodik 2019 serta pengaruh pada verval PD. Jika ada pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar.

Click to comment