Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Penambahan data peserta didik pada aplikasi dapodik 2019 ada dua cara yakni : 1. Tarik PD Dapodik, 2. Tambah PD diluar Dapodik. Kedua fitur ini ada perbedaan, tarik PD Dapodik dilakukan secara otomatis jika data siswa sudah tercover pada lis sekolah asal yang terdaftar pada aplikasi Dapodikdasmen, sedangkan data siswa yang tidak tercover pada lis sekolah asal maka dilakukan penambahan secara manual. Setelah melakukan penarikan data PD maka secara otomatis data PD akan masuk pada aplikasi dapodik jika sudah melakukan sinkronisasi. Sedangkan untuk PD yang ditambah secara manual belum bisa masuk ke aplikasi dapodik sebeum melakukan verifikasi data ke OPS Dinas.
Cara Sinkron dan Tarik PD Kelas 10 / 7 Agar Masuk ke Dapodik 2019
Kendala yang terjadi dilapangan, aplikasi dapodik tidak bisa di sinkronkan apabila terdapat data yang invalid sehingga untuk menarik data Peserta didik baru ke aplikasi dapodik sekolah juga tidak bisa. Untuk mengatasi masalah sementara tersebut yang tujuannya hanya untuk menarik PD baru ke aplikasi dapodik sekolah. Perhatikan langkah berikut :

  1. Jika Anda sudah terlanjur membuat rombel baru kelas 10 atau kelas 7, maka silahkan dihapus terlebih dahulu termasuk tabel pembelajarannya, karena rombel ini belum mempunyai peserta didik maka akan terdeteksi invalid.
  2. Sedangkan untuk rombel tingkat selanjutnya untuk mengatasi invalid pada jadwal pembelajaran, maka untuk tabel pembelajaran silahkan hanya diisi pada matpel bidang studi tambahan yakni tabel BK/BP saja. yang lainnya sementara dihapus.
  3. Sementara abaikan data warning pada PD, setelah itu lakukan sinkron, lakukan refresh maka data PD kelas baru akan otomatis masuk ke aplikasi dapodik sekolah. Data peserta didik yang masuk hanya peserta didik yang ditarik secara otomatis dari data dikdasmen sementara data PD yang di isikan secara manual baru akan masuk apabila sudah di konfirmasi oleh OPS Dinas.

Langkah diatas kita lakukan sementara, untuk menarik Peserta didik baru ke aplikasi dapodik sekolah. Setelah data PD masuk pada aplikasi dapodik sekolah lakukan pembuatan rombel baru kelas 10 atau kelas 7 serta pembenahan kembali pada data-data selanjutnya.

Silahkan baca juga bagaimana cara tambah data PD baru ke data dikdasmen

Demikianlah cara sementara atasi data Invalid pada sinkron dan Tarik PD Kelas 10 / 7 Agar Masuk ke Dapodik 2019 silahkan dicoba.

1 komentar:

Click to comment