Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Menu Absensi pada dasbor simpatika sebenarnya sudah ada sejak diluncurkannya aplikasi simpatika tersebut. Namun, fitur absensi ini tidak bisa diakses secara gratis saat itu masih menjadi layanan premium, untuk mendapatkan fitur fasilitas absesnsi sebagai nilai tambah baik bagi Madrasah maupun Sekolah harus upgrade berbayar dengan dua pilihan edisi : 1. Edisi WEB SEKOLAH dengan harga Rp. 990 ribu/tahun, 2. Edisi STANDAR dengan harga Rp. 2.2 juta/tahun yang masing-masing mempubyai kapasitas dan fasilitas yang berbeda.

Absensi Simpatika hanya bisa diakses melalui akun operator Madrasah maupun operator Sekolah. Menu absesnsi simpatika terdiri dari 3 kategori yakni : 1. Absensi Kelas, 2. Absensi Guru, 3. Absensi Staf. Setelah diterbitkan Juknis Tunjangan Profesi Guru (TPG) tahun 2018 bahwa absensi kehadiran guru menjadi syarat pencairan tunjangan profesi maka guru yang sudah sertifikasi diwajibkan mengisi absensi kehadiran guru Online.

Fasilitas absensi simpatika kini sudah bisa diakses secara gratis hanya bagi sekolah Madrasah (MA, MTs, MI) yang bernaung di kemenag sedangkah untuk sekolah yang bernaung di kemdikbud (SMA, SMK) fasilitas absensi ini masih bersifat layanan premium. berikut screenshoot nya
Sehingga untuk guru yang bernaung di kemdikbud seperti guru pendidikan agama islam (PAIS) belum bisa menggunakan fasilitas absensi secara gratis. Sementara absesnsi yang dipergunakan oleh guru PAIS masih diperbolehkan manual.

Sedangkan untuk guru Madrasah diberlakukan mengisi absensi kehadiran secara online melalui akun operator madrasah. Berikut cara mengisi Absensi Guru Madrasah di Simpatika sesuai dengan panduan bantuan.siap-online.com.

Untuk menambahkan Absensi Guru silakan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Klik menu Absensi di sebelah kiri tampilan, kemudian anda akan masuk ke halaman Dasbor Absensi. Pilih Absensi Guru (klik Lihat Absensi)
dasbor absensi simpatika
2. Anda akan masuk ke halaman Absensi Guru
halaman absensi guru

3. Pilih Tanggal Absensi
Untuk mengganti Tanggal Absensi bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan klik tanda panah ke kiri dan ke kanan atau bisa juga dengan klik ikon kalender di sebelah kanan.
tanggal absensi guru

4. Pilih Guru yang akan di-edit atau ditambahkan data absensinya dengan cara meng-klik ikon segitiga terbalik di samping nama guru tersebut kemudian pilih Edit kehadiran.
edik kehadiran guru

5. Isi keterangan dan pilih status kehadiran guru (hadir, ijin sakit, terlambat, atau alpa). Jika dirasa sudah benar, kemudian klik tombol Simpan.
status kehadiran guru
Jadi intinya pada semester ini fasilitas absensi guru simpatika untuk guru Pendidikan Agama Islam masih bersifat premium, sedangkan untuk guru madrasah gratis dan wajib menggunakannya.

Click to comment