Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Seperti biasanya ketika Dapodik melakukan update terbaru maka aplikasi dapodik yang ada pada sekolah harus mengikuti perkembangan update juga baik dalam bentuk installer maupun updaternya. terkadang dalam langkah ini operator sering gegabah artinya banyak sekali operator langsung melakukan install ulang secara serta merta tanpa melakukan syncron data terlebih dahulu sebelumnya sehingga banyak menyebabkan data-data yang rusak. Dapodik akan mengambil data terakhir kali yang di syncronkan oleh operator ke server pusat dengan waktu 2x24 jam paling cepat.

Jadi langkah antisipasinya pastikan terlebih dahulu data yang di syncron ke server pusat adalah data yang sudah terupdate paling akhir sehingga ketika kita membutuhkan data prefill dapodik untuk kita gunakan saat registrasi merupakan data yang terbaru.

Selain problem diatas, kadangkala masalah lain pun sering kali masih muncul saat operator melakukan registrasi ulang baik secara offline maupun online. Seperti halnya ketika melakukan registrasi dapodik secara offline, data prefill tidak ditemukan bahkan ketika mencoba registrasi secara online pun bisa memakann waktu sampai seharian penuh. Apa yang salah, dan bagaimana cara mengatasinya?.

Berdasarkan pengalaman dan mungkin ini akan berbeda dengan kondisi teknis (jaringan, Laptop/PCnya) yang sedang Anda alami namun dalam permasalahan yang sama seperti yang saya sebut diatas.

Cara Registrasi Update Install Dapodik secara Online

Cara Registrasi Update Install Dapodik secara Online
  1. Regristasi
  2. Pilh jenis regitrasi Online
  3. Masukan kode registrasi (kode unik yang diambil di akun SDM-PDSPK  http://sdm.data.kemdikbud.go.id/
  4. Pilih jenjang sesuai sekolah
  5. Masukan username (email dapodik yang sudah didaftarkan)
  6. Password
  7. Submit
  8. Tunggu sampai proses loading data selesai (biasanya membuatuhkan waktu kurang lebih 5 menit)

Memroses data Mohon Tunggu..... Regitrasi Dapodik Online

Penyebab lamanya saat melakukan registrasi dapodik secara online biasanya terkedali jaringan koneksi internetnya maupun jaringan server dapodik pusat yang menampung lalulintas yang banyak. Solusinya pastikan bahwa koneksi internet kuat, lakukan saat registrasi dapodik secara online pada waktu yang minim lalulintas.

Gagal registrasi dapodik secara online bisa juga disebabkan karena pada laptop atau PC kita masih menyimpan cache dapodik yang lama. Solusinya bersihkan semua berkas dapodik yang lama dengan tool pembersih. Jangan sekali-kali melakukan install dapodik tanpa Uninstall.

Pernah juga saya melakukan registrasi dapodik secara online sampai 20 menit lamanya namun belum berhasil masih dalam keadaan loading, saat itu saya tutup paksa kemudian saya buka lagi dan ternyata sudah berubah ke tampilan login dengan sendirinya.

Cara Registrasi Update Install Dapodik secara Offline

Cara Registrasi Update Install Dapodik secara Offline
Secara umum melakukan registrasi dapodik secara offline langkahnya hampir sama dengan registrasi online hanya saja yang membedakan adalah generate data prefill-nya. Jika melakukan registrasi secara offline maka harus mendownload dahulu data prefilenya.

Data Prefill Tidak Ditemukan Regitrasi Dapodik Offline

Ada beberapa penyebab gagalnya dalam melakukan registrasi ulang dapodik secara offline. Secara umum data prefill tidak ditemukan saat registrasi offline karena belum menaruh data prefill pada folder prefill_dapodik solusinya download data prefill di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan#prefill biarkan nama dan filenya secara default dan jangan sampai merubah nama file tersebut. Lakukan regestrasi ulang dengan cara diatas, tunggu sampai proses data loading selesai.

Saat melakukan registrasi offline matikan data koneksi internet karena ini juga akan menyebabkan gagalnya saat registrasi.

Click to comment