-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Cara Unduh Hasil ANBK 2022/2023
author photo
By On
Cara Unduh Hasil ANBK 2022/2023
Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun pelajaran 2022-2023 untuk jenjang Sekolah menengah atas sudah selesai dilaksanakan dan hasilnya pun sudah keluar dan bisa diunduh.

Langkah Unduh Hasil ANBK 2022/2023


1. Kunjungi laman https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/app/download-report

2. Login sebagai admin (Akun kepala sekolah)

3. Pilih menu "Tindak Lanjut"

4. Unduh hasil ANBK (AKM) rekomendasi PBD


Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Asesmen Nasional merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.


Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.


Tiga instrumen diatas tersebut hasilnya akan dikirim langsung ke dasbor rapor pendidikan. Di dasbor rapor tersebut Anda bisa melihat ringkasan kualitas pendidikan satuan pendidikan anda. Yaitu mutu hasil belajar dari peserta didik dan Iklim keamanan dan Inklusivitas di Satuan Pendidikan.


Selain bisa melihat hasil AKM Anda juga bisa melihat gambaran umum dari hasil Kompetensi dan Kinerja GTK. Dari hasil data inilah kemudian satuan pendidikan Anda bisa melakukan perencanaan tindak lanjut.


Sekarang Anda tidak perlu lagi memetakan hasilnya secara manual karena bisa mengunduhnya dalam format Excel dan terdiri dari data ringkasan serta detail masing-masing indikator.


Hasil AKM ini sudah dipetakan secara otomatis, Anda bisa melihat hasil prioritas rekomendasi, seluruh rekomendasi dan uraian kegiatan ARKAS untuk tindak lanjut.


Lembar rekomendasi ini bertujuan untuk memandu satuan pendidikan mengidentifikasi prioritas masalah, merefleksikan akarnya, dan menentukan strategi untuk pembenahan.


Lembar rekomendasi seluruh ini bertujuan untuk memberikan gambaran lengkap tentang masalah yang ada di satuan pendidikan, akar penyebabnya, serta cara membenahi akar masalah tersebut.


Kualitas pendidikan merupakan sebuah output yang dipengaruhi oleh proses pembelajaran di satuan pendidikan. Proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik jika didukung oleh input SDM dan sumber daya satuan pendidikan yang mumpuni.

Click to comment