-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Token Login Survey Lingkungan Belajar 2022
author photo
By On
Token Login Survey Lingkungan Belajar 2022
Sebagai data informasi hasil AN 2022 yang komprehensif, seluruh kepala satuan pendidikan dan pendidik (guru) jenjang pendidikan dasar dan menengah wajib mengisi jawaban dari seluruh pertanyaan di dalam survey. Yuk Bapak/Ibu guru mengisi survey lingkungan belajar kepala satuan pendidikan dan pendidik tahun ajaran 2022 di laman https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/login


Sesuai dengan lini masanya bahwa laman survey lingkungan belajar sudah di buka mulai tanggal 1 sampai dengan 10 Agustus 2022. Pengisian survey lingkungan belajar tahap yang pertama ini untuk jenjang SMA/SMK, MA/MAK, SMALB, SMAK, SMTK, Paket C, Ulya, Utama WP secara mandiri.


Pengisian survey lingkungan belajar untuk satuan pendidikan jenjang SMP, SMPLB, SMPTK, Madyama WP, Paket B, Wustha secara mandiri 10 s/d 20 Agustus 2022.


Pengisian survey lingkungan belajar untuk satuan pendidikan jenjang SD, MI, SDLB, SDTK, Adi WP, Paket A, Ula secara mandiri 22 s/d 31 Agustus 2022.


Login ke laman SLB harus menggunakan token. Token login survey lingkungan belajar bisa Anda peroleh dari operator sekolah yang di unduh melalui dasbor SLB. Operator bisa login ke dasborslb dengan menggunakan akun SDM Kemdikbud.


Prosedur pengisian Survey Lingkungan Belajar (SLB) 2022


Berikut prosedur pengisian Survey Lingkungan Belajar 2022:
  1. Survei Lingkungan Belajar wajib diisi oleh seluruh Kepala Satuan Pendidikan dan Guru yang terdaftar pada sistem pendataan Dapodik dan Emis.
  2. Kepala Satuan Pendidikan dan Guru dapat login menggunakan data yang tercetak pada kartu Login Sulingjar.
  3. Kartu login didapatkan dari proktor/operator pada satuan pendidikan masing-masing yang ditunjuk untuk mengakses dan mencetak kartu login pada halaman dashboard Sulingjar.
  4. Halaman dashboard Sulingjar dapat diakses proktor/operator satuan pendidikan di https://dashboardslb.kemdikbud.go.id/.
  5. Waktu pengisian akan aktif sesuai jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional di setiap jenjang pendidikan.
  6. Jika Anda bertugas di lebih dari satu satuan pendidikan, pastikan Anda mengisi survei lingkungan belajar untuk setiap tempat penugasan.
  7. Kendala selama proses pengisian dapat disampaikan ke tim helpdesk Asesmen Nasional melalui proktor/operator satuan pendidikan.

Setiap respon yang Bapak/Ibu berikan diharapkan dapat mencerminkan kondisi satuan pendidikan sesungguhnya dan menjadi informasi reflektif. Oleh karena itu; kejujuran, keaktifan, serta kelengkapan dalam pengisian survei lingkungan belajar; menjadi kunci kualitas informasi yang akan diterima oleh satuan pendidikan.


Survey Lingkungan Belajar pada Asesmen Nasional oleh satuan kepala sekolah dan pendidik di ukur melalui beberapa indikator kegiatan. 

  • Iklim Keamanan Sekolah yang menyangkut keamanan dan well being siswa, sikap dan keyakinan guru, kebijakan dan program sekolah
  • Iklim Kebhinekaan sekolah seperti diantaranya; praktik multikultural di kelas, sikap dan keyakinan guru/kepsek, kebijakan dan program sekolah
  • Kualitas Pembelajaran yakni manajemen kelas, dukungan afektif, aktivasi kognitif
  • Pengembangan Guru seperti refleksi dan perbaikan pembelajaran, dukungan untuk refleksi guru

Secara umum manfaat yang bisa di peroleh dari hasil Survey Lingkungan Belajar untuk lingkungan sekolah adalah:

Bagi Kepala Satuan Pendidikan, dapat memperoleh potret mutu satuan pendidikan secara utuh dari input, proses dan hasil, guna peningkatan hasil mutu pendidikan.


Bagi guru, dapat mengetahui berbagai aspek pendukung suasana lingkungan belajar yang lebih komprehensif. Sementara bagi murid, dapat memperoleh informasi rapor dan profil satuan pendidikan.

Click to comment