-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Kesalahan Mutasi Peserta Didik Dapodik
author photo
By On
Kesalahan Mutasi Peserta Didik Dapodik

Kasus yang sering terjadi saat melakukan proses mutasi siswa masuk melalui aplikasi dapodik adalah tidak ditemukan siswa mutasi bersangkutan. Lantas apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi?. Bisa jadi saat melakukan proses mutasi peserta didik keluar melalui aplikasi Dapodik langkah yang dilakukan salah sehingga data mutasi siswa tidak terbaca di laman manajemen sekolah (https://sp.datadik.kemdikbud.go.id).


Laman manajemen sekolah https://sp.datadik.kemdikbud.go.id pada "menu mutasi" hanya khusus menampilkan data siswa mutasi dan tidak menampilkan data siswa yang dropout (mengundurkan diri, dikeluarkan, atau yang lainnya) sehingga ketika data siswa tidak ada di bagian ini siswa ini, bisa dipastikan siswa tersebut tidak dimutasikan.


Ketika peserta didik dikeluarkan dari aplikasi Dapodik bukan dengan langkah pilihan mutasi maka data siswa tidak akan terbaca sebagai siswa mutasi. Kesalahan mengeluarkan data peserta didik tidak bisa di putar ulang artinya tidak bisa serta merta di tarik kembali melalui aplikasi dapodik sekolah.


Aplikasi Dapodik sekolah tidak memiliki akses untuk menarik lagi siswa yang dikeluarkan, jika dipaksakan menarik melalui laman manajemen sekolah maka yang terjadi siswa menjadi trouble di rombel awal karena harus menarik ulang di kelas awal.


Jika sudah terlanjur mengeluarkan peserta didik bukan dengan pilihan mutasi maka jalan satu-satunya berkoordinasi dengan operator dinas.


Sebagai referensi, berikut ini langkah yang tepat melakukan proses mutasi peserta didik Dapodik.

Pastikan bahwa Bapak/Ibu wali siswa mendapatkan surat cetak mutasi peserta didik dari aplikasi Dapodik sebagai bukti bahwa siswa tersebut benar-benar dimutasikan bukan dikeluarkan.

Langkah Operator Dapodik Sekolah Asal

1. Pastikan bahwa operator sudah menerima berkas dari kepala sekolah mengenai mutasi siswa keluar.

2. Login ke aplikasi Dapodik. Pilih menu "Peserta Didik". Pilih peserta didik yang akan dimutasikan. Pilih menu "Registrasi". Pada tabel dialog registrasi peserta didik secrool kebawah dan pasitikan pilihan keluarnya adalah "Mutasi" isi tanggal dan alasan keluarnya. Pilih simpan.
langkah mutasi siswa 1

3. Setelah proses langkah diatas selesai, lakukan sinkronisasi.

4. Login di manajemen Dapodik https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/. Pilih menu "Siswa". Pilih menu "Keluar". Pastikan data siswa mutasi menampilkan ikon cetak. Silahkan cetak surat mutasi sebagai arsip dan berikan ke wali siswa.
cetak surat mutasi siswa dapodik

Ingat peserta didik yang dikeluarkan selain dengan pilihan mutasi tidak akan tampil ikon cetaknya. Data tersebut akan mempengaruhi data pada menu mutasi masuk peserta didik.

Langkah Operator Dapodik Sekolah Tujuan

1. Pastikan bahwa operator sudah menerima berkas dari kepala sekolah mengenai mutasi siswa masuk lengkap dengan berkas pendukung yang lainnya.

2. Login di manajemen Dapodik https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/. Pilih menu "Aplikasi". Pilih menu "Mutasi". Pilih spasial sekolahnya. Pilih menu "Rombel Tujuan". Pilih siswa yang dimutasikan masuk lalu tekan tombol "Daftarkan".
langkah mutasi masuk dapodik

3. Setelah proses diatas selesai. lakukan sinkronisasi atau tarik data melalui aplikasi Dapodik untuk melakukan mapping data siswa. Silahkan perbarui data peserta didik dan lakukan sinkronisasi untuk melakukan perubahan data yang di pusat.


Nah jika Bapak/Ibu tidak menemukan siswa mutasi, tanyakan kembali pada operator sekolah asal apakah sudah benar langkah memutasikan peserta didik. Atau jangan-jangan Bapak/Ibu wali siswa masih punya tanggungan administrasi yang harus dilunasi sehingga data peserta didik tidak dimutasikan malah di dropout (keluar) 😁.

Click to comment