-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Cara Ajukan Reakreditasi Sekolah/Madrasah 2021 Bukan Sasaran Sispena
author photo
By On
Cara Ajukan Reakreditasi Sekolah/Madrasah 2021 Bukan Sasaran Sispena

Panduan Aplikasi SISPENA 2.0 Untuk Sekolah / Madrasah Tahun 2020 - Panduan ini digunakan untuk memberikan pemahaman kepada Sekolah/Madrasah bagaimana menggunakan aplikasi Sispena-S/M (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah.) Bisa diunduh disini.


Aplikasi Sispena-S/M adalah aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web, dimana bisa akses dimana saja, kapan saja dengan syarat terhubung dengan internet. Selain bisa diakses menggunakan Laptop atau komputer aplikasi juga bisa diakses menggunakan handphone ataupun device yang resolusinya lebih kecil.


Perihal tata cara pengisian data bagi sekolah / madrasah yang tidak masuk dalam daftar sasaran Sispena

  1. Silahkan cek login di laman https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena2020/ dengan menggunakan user dan pasword NPSN
  2. Akun Sekolah / Madrasah yang muncul tombol ajuan Reakreditasi adalah S/M yang tidak masuk di daftar sasaran Sispena (BT + Reprioritas 1 sampai dengan 3). Sekolah/Madrasah yang sudah diverifikasi oleh BANP S/M yang masuk dalam daftar sasaran hanya muncul linimasa akreditasi seperti biasa.
  3. Setelah klik tombol ajuan Reakreditasi, Sekolah/Madrasah diminta mengunggah surat ajuan reakreditasi (tidak ada format baku dari pusat. Sebagai contoh surat pengajuan reakreditasi bisa di unduh disini.
  4. Setelah Sekolah/Madrasah mengunggah surat ajuan reakreditasi serta alasannya, maka akan muncul, maka akan dihadapkan dengan form isian data dari tahun 2016 sampai dengan 2020. Silahkan isikan dengan angka (numerik) serta pilihan "Ada/Tidak".
  5. Pengisian tidak perlu langsung lengkap seluruh data, silahkan pergunakan tombol "Simpan Sementara" untuk menyimpan isian data dan bisa diakses kembali untuk update pengisian di kemudian.

Untuk pedoman bisa unduh disini. Pedoman ini disusun sebagai manifestasi fungsi dan tanggung jawab
BAN S/M dalam melaksanakan program akreditasi sekolah/madrasah. Pedoman ini memuat garis-garis besar kebijakan BAN-S/M dalam pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah tahun 2020 yang dalam
implementasinya akan dituangkan dalam Panduan sebagai rambu-rambu dalam pelaksanaan program akreditasi sekolah/madrasah.


Pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah tahun 2020 lebih banyak dilaksanakan secara daring (online) mengingat situasi negara saat ini serta kebijakan pemerintah terkait wabah COVID-19, yakni dengan
meniadakan pertemuan yang melibatkan banyak orang secara langsung. Pedoman ini diharapkan bisa menjadi acuan bagi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah di tahun 2020.


Anda juga bisa unduh IASP Naskah Resmi Perangkat / Instrumen Akreditasi 2021 (IASP  2021 untuk SD - MI SMP-MTS, SMA-MA-SMK) Tahun 2020 juga merupakan transisi bagi BAN-S/M dalam konteks penilaian Sekolah/Madrasah.


Melalui Instrumen Akreditasi baru yang disebut IASP 2021 (IASP SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK/MAK 2021) dengan menitikberatkan pada mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru, dan manajemen sekolah/madrasah.


Akreditasi mulai tahun 2018 dan pada akreditasi sekolah 2020 terdapat perubahan sistem yaitu dari berbasis kepatuhan administrasi menjadi berbasis kinerja. ada empat komponen utama yang menjadi penilaian yaitu serta menerapkan akreditasi online; 1) Mutu Lulusan. 2) Proses Pembelajaran. 3) Mutu Guru. 4)Manajemen sekolah.


Lebih lanjut sebagai referensi berkas-berkas pendukung bukti fisik data akreditasi 2021 , Anda bisa merujuk pada situs dibawah ini:

1. laman https://www.mediaeducations.com/2021/08/dokumen-akreditasi-2021.html

2. laman https://akreditasismpn1gudo.blogspot.com/


Dari dua laman tersebut Anda bisa mengunduh berkas pendukung bukti fisik akreditasi 2021 secara lengkap.

Click to comment