-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Panduan AKM Kelas
author photo
By On
Panduan AKM Kelas

Berikut panduan AKM kelas tahun 2021/2022. Silahkan unduh file 

1. Download aplikasi AKM Kelas versi Desktop (Motivasi) dan Android pada web Dashboard Proktor. Url : https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akmkelas/#download

2. Extract AKM Kelas versi Desktop (Motivasi) pada drive C: atau drive lainnya. (tidak didalam folder lagi untuk menghindari error)

3. Hubungkan perangkat Laptop dan Android menggunakan Tethering pada HP.

4. Jalankan Aplikasi AKM Kelas Desktop (Motivasi) , jika sukses tekan tombol Jalankan Aplikasi. Tunggu hingga proses menjalankan selesai dan Kembali ke menu.

5. Lakukan login pada web dashboard proktor untuk download paket tes. url : https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akmkelas/masuk lakukan login.

Username dengan rumus :
[P/U]AKM[PROV][KOTA/KAB][NOMOR URUT SEKOLA] dengan penjelasan :
P : untuk guru SMP , U : untuk guru SMA
PROV : kode Provinsi
KOTA/KAB : Kode Kota
[NOMOR URUT SEKOLA] : nomor urut sekolah

atau
[P/U]AKM[USER_UNBK] dengan penjelasan
P : untuk guru SMP , U : untuk guru SMA
USER_UNBK : user UNBK yang sudah di berikan kepada bapak/ibu .
untuk password gunakan NPSN.
untuk guru SD, sementara gunakan
username : PAKM01010002
password : 20106349

6. setelah login, tekan menu AKM Kelas  Paket Tes , download paket tes sesuai jenjang.

7. Setelah di download, Kembali ke aplikasi AKM Kelas Desktop (Motivasi), Tekan tombol Masuk sebagai Petugas.

username : puspendik
password : puspendik@2018

8. Tekan tombol Kegiatan, Lakukan import Kegiatan, pilih file paket tes yang tadi didownload pada web Dashboard Proktor.

9. Setelah di import, tekan tombol ubah pada suatu kegiatan yang yang sudah di import.

10. Pilih siswa yang akan diujikan atau ceklis semua siswa. Apabila ingin menambahkan siswa, tekan menu Daftar Siswa. Lalu simpan.

11. Lakukan cetak kartu siswa pada suatu kegiatan yang akan diujikan. (Tombol cetak kartu siswa disebelah kanan nama kegiatan)

12. Setelah memilih siswa yang akan diujikan, buka aplikasi AKM Kelas pada HP Android.
  • a. Jika mode Jaringan, Masukan IP Address perangkat laptop. Dapat dilihat pada Aplikasi AKM Kelas Desktop. Apabila informasi IP Address tidak jelas, dapat dilihat pada command promt (tekan Windows + R masukan cmd) dengan mengetikan perintah ipconfig , lihat informasi IP Address pada Wifi.
  • b. Jika tidak mode jaringan, pada halaman kegiatan, centang kegiatan lalu tekan tombol Export Kegiatan Android. Copykan berkas zip kegiatan ke HP Android. buka aplikasi AKM Kelas pada Android, lalu pilih berkas zip kegiatan.
13. Lakukan login siswa pada aplikasi AKM Kelas Android dengan mengisikan username dan password siswa yang tertera pada kartu siswa.

14. Pilih kegiatan dan lakukan pengisian jawaban pada soal-soal yang diujikan. Dan tekan tombol selesai jika sudah selesai mengerjakan

15. Tekan tombol export data pada halaman menu utama siswa AKM Kelas Android.

16. Pilih hasil jawaban paket sesuai jenjang yang akan di export, tekan tombol upload berwarna biru di samping kanan. Tunggu hingga proses selesai. Berikan berkas hasil kegiatan kepada petugas / guru. (untuk sementara gunakan whatsapp / email untuk mengirimkan berkas)

17. Kembali kepada halaman petugas aplikasi AKM Kelas Desktop, pilih menu daftar kegiatan, dan tekan tombol Upload Jawaban pada suatu kegiatan.

18. Teka tombol pilih berkas jawaban siswa, dan pilih file yang sudah diberikan kepada petugas/guru melalui whatsapp atau email. Dengan nama depan HASIL- [NAMA_KEGIATAN]_jawaban.zip (salin / download berkas jawaban siswa terlebih dahulu kedalam perangkat laptop / komputer guru). Lalu tekan Upload. Tunggu proses hingga selesai.

19. Jika sudah selesai, maka pada table nama siswa tersebut akan otomatis tercentang untuk jawabannya.

20. Tekan menu Daftar Kegiatan, tekan tombol Penilaian pada suatu kegiatan. Masukan password nya 123456 . Lakukan Skoring manual untuk seluruh soal dengan jenis uraian dengan menekan kode soal. Lalu pilih skor yang akan diberikan pada jawaban siswa.

21. Jika sudah melakukan Skoring manual seluruh soal uraian, tekan tombol Export Hasil Penskoran AKM Kelas, tunggu proses hingga selesai. Jika sudah akan ada informasi mengenai keberadaan file berkas excel.

22. Buka halaman web dashboard proktor, lakukan login. (Seperti POINT 5).

23. Tekan menu AKM Kelas → Guru , tekan tombol Tambah Guru untuk menambahkan guru, lalu simpan.

24. Tekan menu AKM Kelas → Penskoran , untuk melakukan Skoring Otomatis untuk tipe soal selain URAIAN.

25. Tekan tombol Unggah Penskoran, pilih guru dan pilih file berkas excel (POINT NO 22), lalu tekan tombol Simpan. Jika sudah terupload, data akan masuk kedalam tabel penskoran dengan status penskoran Diantrikan. Tunggu beberapa saat lakukan refresh browser dengan menekan tombol Ctrl + R secara bersamaan.

26. Tunggu proses penskoran hingga status penskoran menjadi Selesai. Jika status sudah menjadi Selesai, tekan tombol Unduh Hasil Penskoran sebelah kanan. Maka browser akan melakukan pengunduhan berkas excel yang sudah dilakukan skoring otomatis.

27. Tekan tombol Unduh Umpan Balik jika sudah melakukan Unduh Hasil Penskoran (saat ini fitur belum berjalan.)

28. Kembali kepada aplikasi AKM Kelas Desktop (Motivasi) sebagai petugas, masuk kedalam penilaian suatu kegiatan (POINT NO 21).

29. Tekan tombol Import Hasil Penskoran AKM Kelas, dan pilih berkas file excel yang sudah di skoring otomatis dengan nama scored-[NAMA_PAKET].xls oleh web Dashboard Proktor. Tekan tombol simpan. Tunggu hingga proses selesai. Jika sudah selesai maka akan ada informasi berkas file excel yang sudah selesai disikan nama peserta.

30. Lakukan review pada file excel.

Click to comment