-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Daftar UTBK SBMPTN 2021 Awas jangan Salah Isi !!!
author photo
By On
Daftar UTBK SBMPTN 2021

Bagi Anda yang belum lolos pada pendaftaran SNMTPN, Anda bisa melakukan pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 (Ujian Tulis Berbasis Komputer dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) . Pendaftarannya sudah dimulai 15 Maret 2021 hingga 1 Apri 2021.


Namun sebelum melakukan pendaftaran sebaiknya memperhatikan alur pendaftaran dari pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 yang dijelaskan pada buku panduannya agar tidak terjadi kesalahan. Panduan Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 dapat didownload di sini.


Tahapan Legkap Daftar UTBK SBMPTN 2021

Sebelum Anda melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021, Anda harus melakukan Login terlebih dahulu dengan Langkah sebagai berikut :

1. Login menggunakan akun LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id

  • Masukkan kombinasi email dan password Anda yang telah terdaftar pada akun LTMPT untuk dapat masuk ke portal LTMPT. Pastikan akun Anda telah terdaftar di LTMPT! Jika Anda belum daftar, maka dapat melakukan registrasi pada (link).
  • Pilih UTBK SBMTPN Pendaftaran UTBK SBMPTN untuk melakukan pendaftaran UTBK SBMPTN 2021.

2. Melengkapi Biodata

👉Saat melengkapi biodata perhatikan dengan seksama data pribadi dan pastikan data tersebut adalah benar. Isikan baris-baris yang bertanda karakter (*) dengan data yang benar. Tekan tombol Simpan dan Lanjutkan.
  • Apabila Anda pemegang KIP Kuliah, maka Anda dapat melihat Nomor KIP Kuliah Anda dengan kotak bertulisan Terdaftar. Apabila Anda bukan pemegang KIP Kuliah, maka akan muncul kotak dengan tulisan Tidak terdaftar.
  • Perhatikan data yang kosong Anda harus melengkapinya, seperti data orang tua/wali (Harus diisi sesuai dengan yang tercantum di ijazah. Jika tidak memiliki ayah, maka harus diisi dengan ‘TIDAK PUNYA AYAH’ tanpa tanda petik)
  • Nama Ibu (Harus diisi sesuai dengan yang tercantum di akte kelahiran.)
  • Jumlah saudara (kakak/adik)
👉Bagi peserta UTBK-SBMPTN 2021 yang tidak mempunyai kebutuhan khusus, seperti tuna netra/buta maupun tuna daksa/lumpuh, dapat mengosongkan form Kebutuhan Khusus dan jangan mencentang kedua pilihan tersebut.  Pastikan bahwa Anda telah mengisi seluruh data yang kosong dan bertanda (*), lalu klik tombol Simpan dan Lanjutkan.

Konfirmasi Akhir Pengisian Biodata

PERHATIAN!
Langkah ini merupakan konfirmasi akhir pengisian biodata peserta UTBK-SBMPTN 2021 yang telah diisi pada langkah sebelumnya. Pastikan bahwa seluruh data Anda, seperti data diri, data orang tua/wali, jumlah saudara kandung, dan status disabilitas netra telah diisikan dengan benar karena data akan disimpan PERMANEN. Anda tidak dapat mengubah data yang telah disimpan permanen.

Alur Konfirmasi Akhir Pengisian Biodata

  • Anda akan ditampilkan seluruh biodata yang telah terisi, seperti data diri, data orang tua/wali, jumlah saudara kandung, dan status disabilitas netra. Mohon pastikan bahwa seluruh data yang Anda isi sudah benar.
  • Jika masih ada isian yang menurut Anda belum atau tidak sesuai, Anda dapat kembali ke halaman sebelumnya dengan menekan tombol Kembali pada bagian bawah halaman ini untuk mengubah isian.
  • Jika Anda sudah yakin bahwa seluruh isian biodata peserta UTBK-SBMPTN 2021 benar, maka Centang Pernyataan pada bagian Konfirmasi dan Simpan Permanen.
  • Tekan tombol Simpan Permanen Biodata Saya, maka Anda akan mendapat tampilan kotak konfirmasi sebagai Pengecekan Akhir untuk memastikan bahwa pengisian biodata telah diperiksa dengan benar dan tidak dapat diubah lagi.
  • Tekan tombol Ya, Simpan Permanen! maka seluruh isian dan biodata Anda sebagai peserta UTBK-SBMPTN 2021 tersimpan secara permanen.

3. Memilih Program Studi

👉Anda dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
👉Pastikan Anda memeriksa persyaratan program studi yang Anda tuju dengan mengunjungi tautan yang tersedia setelah memilih PTN
👉Centang pernyataan kesanggupan untuk memenuhi kebutuhan Biaya Pendidikan (UKT)
👉Jika Anda sudah yakin dengan pilihan Anda, tekan tombol Simpan.
👉Tekan tombol Selanjutnya untuk berpindah ke halaman selanjutnya

Perhatian!
  • Bagi peserta UTBK-SBMPTN 2021 pemegang KIP Kuliah, Anda tidak dapat memilih PTN maupun program studi yang berada di PTN di bawah Kementerian Agama (UIN).
  • Bagi peserta UTBK-SBMPTN 2021 yang bersal dari Jurusan/Program Keahlian SMTA Ilmu Pengetahuan Sosial, TIDAK diperbolehkan mengambil Program Studi Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi.
Alur Memilih Program Studi
  • Pilihlah PTN maupun Program Studi untuk Pilihan 1 yang telah tersedia dalam daftar drop-down. Pastikan bahwa Anda telah memilih Program Studi maupun PTN sesuai dengan ketentuan yang ada.
  • Pilihlah PTN maupun Program Studi untuk Pilihan 2 yang telah tersedia dalam daftar drop-down. Pastikan bahwa Anda telah memilih Program Studi maupun PTN sesuai dengan ketentuan yang ada.
  • Setelah Anda memilih PTN maupun Program Studi dari Pilihan 1 dan Pilihan 2, maka Perhatikan apakah Program Studi yang Anda pilih mensyaratkan Anda untuk melengkapi portofolio atau tidak!
  • Centang Pernyataan ketersediaan Anda untuk memenuhi ketentuan Biaya Pendidikan (Uang Kuliah Tunggal) program studi yang ditetapkan oleh PTN pilihan Anda dan memastikan bahwa data yang Anda isikan sudah benar.
  • Jika Anda sudah yakin dengan PTN maupun program studi pilihan Anda, tekan tombol Simpan dan Lanjutkan.

4. Mengunggah Portfolio

👉Jika Anda memilih program studi yang mensyaratkan unggah portofolio, maka Anda dapat melihat alur bagi peserta UTBK-SBMPTN 2021 dengan Portofolio. Jika Anda memilih program studi yang tidak memerlukan syarat untuk mengunggah portofolio, maka Anda dapat melihat alur bagi peserta UTBK-SBMPTN 2021 non Portofolio.

👉Pada langkah ini, Anda WAJIB untuk mengunggah portofolio sesuai dengan ketentuan dari masing-masing program studi dan PTN yang Anda pilih. Pilihlah portofolio yang akan Anda gunakan dengan memilih portofolio SNMPTN (bagi peserta UTBK-SBMPTN 2021 yang terdeteksi sebagai peserta SNMPTN 2021) maupun portofolio dari SBMPTN.

Portofolio dari SNMPTN
  • Apabila Anda memilih untuk menggunakan portofolio yang pernah diunggah saat pendaftaran SNMPTN, maka Anda dapat menggunakan portofolio pada saat mendaftar SNMPTN sehingga tidak perlu mengunggah kembali portofolio Anda.
  • Tekan tombol Lanjutkan apabila Anda sudah yakin untuk menggunakan portofolio dari SNMPTN.
Portofolio dari SBMPTN
  • Pilih Saya memilih portofolio SBMPTN lalu tekan tombol Pilih
  • Setelah Anda memilih portofolio SBMPTN, maka Anda akan melihat tampilan seperti pada gambar di bawah dan Anda harus mengunggah portofolio dari komputer Anda.
  • Klik tombol ↑ yang terletak di bawah kolom Aksi untuk mengunggah portofolio Anda, maka Anda akan diarahkan menuju halaman Unggah Dokumen Portofolio. - Anda dapat melihat Jenis Portofolio, Dokumen yang harus diunggah, Jenis file, dan Ukuran maksimum file yang harus diunggah. Pastikan Anda telah membaca dengan seksama petunjuk yang ada!
  • Klik tombol Pilih file.... untuk mengunggah file portofolio Anda sesuai dengan petunjuk yang ada, lalu beri nama file Anda pada isian Judul dan klik tombol Simpan.
  • Anda akan mendapatkan kotak berisikan pesan bahwa portofolio Anda telah berhasil diunggah seperti pada gambar berikut lalu klik tombol Kembali.
  •  Anda dapat melihat file portofolio yang telah diunggah, lalu klik tombol Lanjutkan untuk lanjut ke langkah berikutnya, yaitu Memilih Pusat UTBK.

Alur Bagi Perserta UTBK-SBMPTN 2021 non-Portofolio

  • Bagi peserta UTBK-SBMPTN 2021 yang memilih program studi tanpa persyaratan untuk mengunggah portofolio, maka Anda akan mendapat tampilan "Ada tidak perlu mengunggah portofolio"
  • Anda dapat langsung menekan tombol Lanjutkan untuk lanjut ke langkah selanjutnya, yaitu Memilih Pusat UTBK

5. Memilih Pusat UTBK

PERHATIAN!
Sehubungan dengan masa Pandemi COVID-19, peserta UTBK-SBMPTN 2021 HARUS memilih Pusat UTBK terdekat dengan domisili di mana Anda sekarang berada untuk menghindari mobilisasi antar kota/provinsi. Resiko menjadi tanggungjawab Anda apabila kesalahan pemilihan Pusat UTBK menyebabkan Anda tidak diperbolehkan mengikuti UTBK-SBMPTN 2021.

Alur Memilih Pusat UTBK
  • Anda akan mendapat tampilan halaman dengan kotak berisikan pesan bahwa Anda HARUS memilih pusat UTBK terdekat dengan domisili Anda saat ini. Tekan tombol Ya, saya mengerti agar Anda dapat memilih pusat UTBK.
  • Anda dapat melihat data diri Anda berupa Nama, Tempat & Tanggal Lahir, NISN, NPSN, Sekolah, Nomor KIP Kuliah, Status Kebutuhan Khusus, dan Kelompok Ujian Anda.
  • Pada bagian bawah halaman Memilih Pusat UTBK, Anda dapat memilih Pusat UTBK melalui daftar drop-down yang tersedia. (Perlu diperhatikan bahwa Anda HARUS memilih Pusat UTBK terdekat dengan domisili di mana Anda sedang berada untuk menghindari mobilisasi antar kota/provinsi)
  • Apabila pilihan lokasi Pusat UTBK Anda sudah sesuai dan benar, maka tekan tombol Simpan dan Lanjutkan.
Konfirmasi Akhir Pendaftaran UTBK
Perhatikan petunjuk pengisian konfirmasi akhir pendaftaran UTBK dan alur konfirmasi akhir pendaftaran UTBK!

Petunjuk Pengisian Konfirmasi Akhir Pendaftaran UTBK
PERHATIAN!
Langkah ini merupakan konfirmasi akhir pendaftaran UTBK peserta UTBK-SBMPTN 2021. Pastikan bahwa Pusat UTBK yang telah Anda pilih sudah benar karena data akan disimpan PERMANEN. Anda tidak dapat mengubah data yang telah disimpan permanen.

Alur Konfirmasi Akhir Pengisian Biodata
  • Pada Detail Pendaftaran UTBK, Anda dapat melihat informasi yang telah Anda isikan sebelumnya, yaitu Nama, Tempat & Tanggal Lahir, NISN, NPSN, Sekolah, Nomor KIP Kuliah (Bagi peserta pemegang KIP Kuliah), Status Kebutuhan Khusus, Kelompok Ujian, dan Pusat UTBK.
  • Apabila Pusat UTBK yang Anda inginkan masih belum sesuai, maka Anda dapat menekan tombol Ganti Pusat UTBK.
  • Apabila Pusat UTBK yang Anda pilih sudah sesuai dan benar, maka Anda dapat menekan tombol Konfirmasi dan Lanjutkan.
  • Anda akan mendapat tampilan kotak Konfirmasi Akhir untuk memastikan bahwa data yang telah Anda isikan sudah benar dan menginformasikan bahwa data tidak dapat diubah lagi untuk alasan apapun setelah Anda menekan tombol Ya, Saya setuju dan yakin untuk menyimpan permanen.
  • Tekan tombol Ya, Saya setuju dan yakin untuk menyimpan permanen, maka data pendaftaran Anda selaku peserta UTBK-SBMPTN 2021 akan tersimpan permanen.
  • Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 Anda berhasil

Pembayaran Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021

Peserta UTBK-SBMPTN 2021 KIP Kuliah
Bagi peserta UTBK-SBMPTN 2021 pemegang KIP Kuliah TIDAK perlu membayar biaya pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021, sehingga Anda dapat langsung menekan tombol Ambil Kartu Peserta

Peserta UTBK-SBMPTN 2021 Non-KIP Kuliah
  • Tekan tombol Unduh Slip Bayar untuk mengunduh slip bayar untuk membayar biaya pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021.
  • Setelah Anda mengunduh slip bayar, maka Anda akan mendapat slip bayar. Anda dimohon untuk segera membayarkan biaya pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 dalam jangka waktu yang telah ditentukan menggunakan kode pembayaran yang ada.

6. Konfirmasi Kartu Tanda Peserta

Baik bagi peserta UTBK-SBMPTN 2021 pemegang KIP Kuliah maupun bukan pemegang KIP Kuliah, ikuti langkah berikut untuk melakukan konfirmasi akhir dan simpan permanen!
  • Anda dapat melihat pilihan program studi dan portofolio yang telah disimpan permanen sebelumnya sehingga Anda tidak dapat memilih kembali program studi.
  • Pada bagian Konfirmasi dan Simpan Permanen, centang Pernyataan yang ada lalu tekan tombol Simpan Permanen.
  • Anda akan mendapat kontak konfirmasi kartu peserta, lalu tekan tombol Ya, simpan permanen.
  • Anda dapat menyimpan maupun mencetak kartu UTBK-SBMPTN 2021 untuk dibawa saat pelaksanaan ujian berlangsung dan daftar ulang SBMPTN.
  • Pastikan bahwa Anda telah membaca dan memahami dengan seksama seluruh petunjuk yang tertera di kartu UTBK-SBMPTN 2021.
Sumber di salin dari Panduan Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021

Click to comment
A- Kinerja A-GLD A-Gtk Adminisrasi Guru Akhlak Tasawuf AKM akreditasi Akreditasi Perpustakaan AKSI Puspendik ANBK anti virus aplikasi Aqidah Akhlak arkas asuransi Bahasa Arab Bank BDR beasiswa Bidikmisi big book BIOUN Bisnis BK blog BOS BPOPP bse BSM BSU buku buku guru pai Convert Suara ke Text CPNS crochet DAK Dapodik dapodik paud Dapodikdasmen DHGTK Disabilitas Domnis Pesantren Ramadhan Dukcapil DUPAK e-learning E-Maarif E-Monev E-Rapor E-sarpras E-SKP EDS EHB-BKS Emis Emis PAI Emis Pendis Emis SDM eRapor FAQ Dapodik 2019.c FIKSI Fiqih G Suite for Education Geisa Google form Google Form Quiz gtk Hardiknas IHT ijazah Infaq info info gtk inpassing inpassing kemenag Insenntif Guru ISMA Jabfung Kemdikbud jual beli Kalender Pendidikan Kelas Maya Kelulusan Kemdikbud Kemenag Kepala Sekolah KI/KD KIP-Kuliah Kisi-kisi Kompetensi Guru 2045 kopsi kredit KSN KTSP Kurikulum LDBI LTMPT makalah Materi PAI media pembelajaran Microsift Word Microsoft Word Modul Guru Modul TIK GPO motivasi MPLS MS Word mudlarabah qiradl musaqah Mutasi Muzara'ah dan Mukhabarah nilai online NISN NPSN NPWP nrg NUKS NUPTK PAIS Pajak PAK Panduan PAS PDSS PDUN Pembelajaran Pembelajaran Kontekstual pendidikan Pendis PerMenDikBud PerPus Peserta Didik PIP PJB PMP PNS PPDB PPG PPG Daljab PPPK ppt Pramuka Profil Guru 2045 PTK qurdis Rapor Dapodik raport riba RKAS RPL RPP SBMPTN sehat Sekolah Penggerak sertifikasi Shadaqah SHUN Siaga Siaga Pendis Sim PKB Simpak Simpatika Simulasi SIPLah SKI SKTP Smadav SNMPTN SNPTN Soal Online Span ptkin Survei lingkungan belajar tamsil Tekno tips tpp Tutorial UAMNUBK UASBN UBKD UN UNBK UNP USBN USP UTBK Verval PD Verval ponsel Verval PTK Verval SP Verval TIK VHD Whistleblower zakat