-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

3 Aplikasi Media Ajar Animasi Mudah Digunakan
author photo
By On

Media ajar merupakan salah satu komponen yang memiliki pengaruh sangat besar terhadap proses pembelajaran. Para ahli pendidikan berkesimpulan bahwa, lewat media ajar dapat mempengaruhi perkembangan minat, sikap, sosial, emosi, dan penalarannya.


Hal ini dibarengi dengan guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa melalui interaksi komunikasi dalam proses pembelajaran yang dilakukan. Sehingga diperlukannya penggunaan strategi dalam kegiatan belajar guru, untuk mempermudah proses pembelajaran yakni dengan media pembelajaran.


Agar pembelajaran dapat terlaksana sesuai dengan keinginan guru, seperti menekankan siswa lebih aktif, menimbulkan minat dan motivasi belajar, serta pemahaman dalam penyajian materi maka perlunya menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar.


Sebenarnya keterbatasan waktu belajar dapat disiasati dengan siswa belajar di mana saja jika siswa memiliki motivasi dan alternatif media belajar sendiri baik didalam kelas maupun diluar kelas tanpa harus bergantung kepada pembelajaran yang diberikan oleh guru.


Apalagi kondisi saat ini telah masuk pada revolusi industri 4.0 atau yang lebih dikenal dengan revolusi digital yang mendorong inovasi dan kreasi yang merupakan suatu tantangan dalam suatu pendidikan.


Seiring dengan makin berkembangnya teknologi serta adanya kemajuan global maka makin berkembang pula media pembelajaran.

3 Aplikasi Media Ajar Animasi Mudah Digunakan

Berikut ini 3 aplikasi Video Animasi yang mudah digunakan (user friendly) untuk media pembelajaran:


1. Aplikasi Video Scribe

Videoscribe memiliki karakterinsik yaitu dapat menyajikan gambar, suara, animasi, teks (materi pelajaran), serta desain yang menarik sehingga membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran yang akan diajarkan.


Kelebihan yang dimiliki pada media videoscribe diantaranya, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan media videoscribe.

Laman aplikasi https://www.videoscribe.co/


2. Aplikasi Powtoon

Seperti kalimnya Powtoon adalah perangkat lunak animasi terkemuka, paling ramah pengguna, dan paling intuitif di dunia. Dengan Powtoon, siapa pun dapat membuat video animasi yang lebih interaktif dan menarik dengan tampilan dan nuansa profesional.


Powtoon meyediakan berbagai gaya animasi termasuk kartun, infografis, dan papan tulis. Aplikasi ini berbasis web, sehingga Anda dapat mengakses proyek Anda dari komputer mana pun dengan koneksi Internet dan Flash.


Lengkap dengan perpustakaan media, berbagai fitur, dan antarmuka yang bersih, Powtoon mungkin merupakan alat yang hebat jika Anda ingin membuat konten pendidikan. Meskipun menggunakan paket akses berbasis langganan, Anda bisa mencoba yang versi gratis.

Laman aplikasi https://www.powtoon.com/


3. Aplikasi PowerPoint

Nah aplikasi yang ketiga ini tentu Anda sudah sangat familiar dengannya. PowerPoint salah satu perangkat lunak yang sudah terinstal di Laptop/PC Anda dapat membantu Anda untuk membuat, mengubah, dan mengelola berkas presentasi menjadi lebih mudah dan menarik.


Hal ini tidak terlepas dari kemampuan aplikasi tersebut dalam menggunakan beragam elemen dan obyek yang berbeda mulai dari teks, gambar, video, suara, bahkan hingga animasi 3 dimensi ke dalam presentasi. Akibatnya, presentasi yang ditampilkan menjadi jauh lebih menarik daripada menggunakan presentasi yang sekadar berbasis teks.


Selain menarik, 3 Aplikasi Media Ajar Animasi diatas sudah familiar dan mudah digunakan (user friendly). Bagaimana? ingin mencoba dari salah satunya!.

Click to comment