-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On

Tahun ini Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menekankan bahwa hanya siswa yang eligible atau hanya siswa yang unggul saja yang bisa mendaftar ke SNMPTN. Proses menuju pendaftaran SNMPTN 2021 telah dimulai dengan pendataan jumlah siswa dan status akreditasi sekolah untuk penentuan kuota peserta SNMPTN.

Cara Cek Kuota Sekolah SNMPTN 2021

Sekolah bisa menyeleksi siswa yang eligible ini sesuai dengan jumlah siswa dan akreditasi setiap sekolah. Untuk melihat data jumlah siswa dan status akreditasi sekolah untuk penentuan kuota siswa peserta SNMPTN (siswa eligible) dapat dilihat pada laman Pusdatin-PDSPK Kemdikbud. http://pd.data.kemdikbud.go.id/ltmpt.


Cut off data untuk penghitungan jumlah kuota siswa peserta SNMPTN 2021 sudah berakhir dan hari ini LTMPT melakukan pengumuman kuota sekolah yang sesuai dengan akreditasi dan jumlah siswa. SNMPTN merupakan penerimaan mahasiswa PTN berdasarkan nilai akademik dan prestasi lainnya. Kuota jalur SNMPTN ditetapkan minimum 20 %.


Ingat! sekolah yang bisa mendaftarkan siswanya di SNMPTN adalah yang mempunyai nomor pokok sekolah nasional (NPSN). Untuk sekolah yang terakreditasi A bisa mendaftarkan 40% siswa terbaik di sekolahnya. Sekolah terakreditasi B dengan kuota 25 % siswa terbaik di sekolahnya dan sekolah terakreditasi C dan lainnya mendapatkan kuota 5 %.


Seperti tahun kemarin, untuk pendaftar diperbolehkan memilih dua prodi dari 1 atau 2 PTN. Jika memilih dua prodi maka salah satunya harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan sekolah asal. Disarankan tidak lintas minat atau tergantung ketentuan PTN yang dituju.


Registrasi akun LTMPT dilakukan pada 4 Januari sampai 1 Februari. LTMPT lalu akan menyerahkan kepada sekolah untuk menetapkan siswa yang eligible yang ditetapkan pada 4 Januari sampai 8 Februari.


Siswa yang dinyatakan eligible ini lalu oleh sekolah diisikan datanya ke PDSS pada tanggal 11 Januari-8 Februari. Jika sudah terdata di PDSS maka setiap siswa harus melakukan pendaftaran SNMPTN sendiri pada 15 hingga 24 Februari.


Jadwal terakhir adalah pengumuman hasil kelulusan SNMPTN yang akan dilaksanakan pada 22 Maret.

Langkah Cek Kuota sekolah SNMPTN

  1. Kunjungi https://ltmpt.ac.id/
  2. Klik menu "SNMPTN"
  3. Klik sub menu "KUOTA"
  4. Untuk lebih cepat pencarian Pilih Pencarian berdasarkan NPSN
  5. Masukkan NPSN dan klik cari

Silahkan catat kuota siswa yang terdapat pada setiap jurusan.

Click to comment