-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On

E-modul adalah karya tulis dan karya cipta dari sebuah ide yang kreatif dan inovatif dalam proses belajar mengajar berbasis elektronik.  Sebaiknya e-modul dikembangkan oleh guru itu sendiri agar sesuai dengan karakter siswa dan metoda pembelajaran yang akan digunakan.


Dalam panduan pengembangan bajan ajar oleh Depdiknas (2008) dijelaskan bahwa modul adalah sebuah buku yang ditulis dengan tujuan agar peserta didik dapat belajar secara mandiri tanpa atau dengan bimbingan guru.


Pembelajaran dengan modul memungkinkan seorang peserta didik yang memiliki kecepatan tinggi dalam belajar akan lebih cepat menyelesaikan satu atau lebih KD dibandingkan dengan peserta didik lainnya.


Dengan demikian maka modul harus menggambarkan KD yang akan dicapai oleh peserta didik, disajikan dengan menggunakan bahasa yang baik, menarik, dan dilengkapi dengan ilustrasi.


E-modul adalah modul versi elektronik dimana akses dan penggunaannya dilakukan melalui alat elektronik seperti komputer, laptop, tablet atau bahkan smartphone.


Kelebihan e-Modul dibandingkan dengan modul konvensional adalah:

  • Lebih menarik, karena dapat dilengkapi dengan fasilitas multimedia (gambar, animasi, audio dan video).
  • Lebih interkatif karena siswa dapat melakukan evaluasi diri terhadap suatu kompetensi sekaligus dapat melakukan tindak lanjut setelah mengetahui hasil evaluasi yang dilakukannya secara mandiri.
  • Paperless, dengan demikian penggunaan kertas dapat.
  • Multiplatform, e-Modul dapat digunakan pada berbagai peralatan (device) baik komputer dekstop, laptop maupun


Dengan fasilitas dan kemudahan yang disediakan e-Modul, maka beberapa manfaat yang dapat kita peroleh darinya antara lain:

  • Mengalihkan perhatian siswa dari membuka konten-konten pada smartphone dan jaringan internet yang kurang bermanfaat ke konten-konten pembelajaran yang lebih bermanfaat.
  • Memberikan pilihan kepada peserta untuk menggali sumber belajar yang menarik, interaktif dan menjawab rasa keingin tahuan mereka.
  • Memberikan solusi kepada siswa untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara bijak dan
  • Memberikan pilihan pada guru untuk menjawab tantangan kemajuan teknologi dan informasi suka maupun tak suka akan berdampak pada dunia pendidikan dan pembelajaran.


Dalam praktek pembuatan emodul tidak semua guru mampu melaksanakannya ini dikarenakan keterbatasan waktu serta penguasaan pengetahuan TIK nya. Kendati demikian, banyak emodul yang bisa kita share ke peserta didik. Seperti misalnya emodul yang diterbikan oleh gerbang kurikulum.


Sudah akses eModul pada post sebelumnya? eModul SMA dapat digunakan sebagai salah satu bahan/media ajar untuk belajar dari rumah. Kini sudah terdapat modul terbaru yang telah diunggah untuk pembelajaran Semester Ganjil Kelas X, XI dan XII untuk semua mapel. 


Modul SMA tersebut dapat diakses melalui laman http://gerbangkurikulum.sma.kemdikbud.go.id/emodul/ atau tautan https://bit.ly/e-modulSMA  dan dapat dibaca/diunduh melalui gawai berbasis Android maupun iOS.


Petunjuk Penggunaan Aplikasi e-Modul dan Media Pembelajaran SMA Kurikulum 2013 Versi 1.0 Untuk Handphone (Android)

Aplikasi ini digunakan untuk mengunduh e-Modul dan Media Pembelajaran SMA yang dipublikasikan oleh Direktrotar Pembinaan SMA tahun 2018.

  1. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, pastikan di smartphone Anda tersintall aplikasi Adobe Air yang dapat diunduh di Google Playstore atau klik link berikut ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.adobe.air
  2. Kemudian Install Aplikasi e-Modul dan Media Pembelajaran SMA Kurikulum 2013 Versi 1.0.
  3. Untuk dapat membuka e-Modul, pilih menu "Pasang Supreader", kemudian pilih Install.
  4. Pilih mata pelajaran yang ingin Anda unduh
  5. Untuk file e-Modul ( berekstensi epub) dapat dibuka dengan aplikasi Supreader yang telah terpasang.
  6. Untuk media pembelajaran (berekstensi apk) setelah berhasil di unduh pilih tombol "Install" untuk melakukan instalasi.

Petunjuk Penggunaan e-Modul Pembelajaran - Untuk Komputer (Sistem Operasi : Windows)

Kurikulum 2013 SMA 
  1. Silahkan install Aplikasi Internet Browser Chrome terlebih dahulu. Jika sudah ada abaikan.
  2. Selanjutnya buka http://readium.org/, lalu pilih link “Install Readium For Google Chrome”.
  3. Klik tombol add to Chrome, tunggu instalasi selesai.
  4. Klik Tombol “Add App”
  5. Setelah Instalasi selesai, silahkan klik Tombol Aplikasi Readium pada Chrome anda.
  6. Setelah aplikasi Readium terbuka, Klik “Add Items to Your Library”
  7. Klik Tombol “Choose File From Local File”
  8. Pilih semua file berekstensi (format file) “.epub”.
  9. Silahkan klik Icon e-Modul yang akan digunakan.
  10. Selamat mencoba!
Link https://chrome.google.com/webstore/detail/readium/fepbnnnkkadjhjahcafoaglimekefifl/related?hl=id

Click to comment