-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Masalah mutasi PD Dapodik 2021 salah rombel ini hampir terjadi pada keseluruhan sekolah yang melakukan tarik data siswa mutasi. Lantas apa penyebabnya?
Mutasi PD Dapodik 2021 Salah Rombel
Mekanisme Mutasi PD tetap mengikuti kebijakan di daerah setempat, adapun pada aplikasi Dapodik 2021 disarankan bila siswa sudah tidak ada pada (sekolah pertama) tersebut (sudah mutasi) maka segera keluarkan data siswa tersebut dari aplikasi Dapodik. Hal ini akan berpengaruh pada jumlah peserta didik dan ada tendensi pada duplikasi data peserta didik.

Bagi (sekolah kedua) tambahkan peserta didik seperti prosedur awal diinputkan sesuaikan dengan surat mutasi atau pindahnya, bisa melalui tambah peserta didik secara online atau tambah peserta didik secara offline Jangan lupa dimasukkan ke dalam rombongan belajar dengan status siswa pindahan dan jenis pendaftaran pindahan di registrasi peserta didik.

Peserta didik yang berasal dari lembaga atau satuan pendidikan dibawah Kemenag (MI,Mts,MA) tidak menggunakan dapodik, maka fitur tarik data peserta didik tidak dapat digunakan. Hal ini hanya dapat diakomodir dengan menggunakan fitur tambah peserta didik diluar dapodik.

Untuk perpindahan peserta didik bila sebelumnya data peserta didik tersebut sudah ada dan tercatat di aplikasi dapodik, maka bisa menggunakan fitur tarik data peserta didik di manajemen sekolah. Namun bila data peserta didik tersebut belum pernah tercatat di aplikasi dapodik bisa menggunakan fitur tambah peserta didik di luar dapodik di manajemen sekolah. Adapun manajemen sekolah ini adalah aplikasi online yang dapat di akses pada laman resmi dapodik di https://sp.data.kemdikbud.go.id/.
  • Bisa menggunakan fitur mutasi online (tarik PD online melalui website dapo.kemdikbud.go.id) atau mutasi manual (input ulang pada aplikasi), fitur ini bersifat pilihan.
  • Tidak boleh melakukan mutasi manual (input ulang pada aplikasi), jika sudah melakukan mutasi online (tarik PD online).
Mengapa data peserta didik pindahan yang telah diinput tidak bisa di-mapping ke Rombel yang seharusnya, justru terbaca sebagai siswa kelas 1, kelas 7, atau kelas 10?

Secara sistem saat ini terkait perpindahan peserta didik atau tarik peserta didik pemetaan siswa pindahan dapat dilakukan di manajemen sekolah. Bila ada kesalahan dalam melakukan pemetaan siswa ke dalam rombongan belajar untuk membenarkannya silakan hubungi dinas pendidikan setempat untuk memetakan siswa tersebut ke dalam rombongan belajar yang benar.

Mutasi PD di luar dapodik/pindah rombel, Dokumen verfikasinya, Raport semester 1 s/d semester akhir, karena akses cabdin untuk pindah rombel ditutup pusat, sementara di himpun dahulu, sedang diusahakan untuk di buka kan kembali ke pusat.

Tidak disarankan melakukan otak atik aplikasi Dapodik 2021 jika terjadi error akan merusak data yang sudah diinputkan. Sebaiknya yang tepat adalah berkordinasi dengan OP Dinas setempat.

Click to comment