-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Update permasalahan Info GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) 2020. Mengakomodasi pengajuan dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud untuk memberikan kesempatan perbaikan data program tunjangan guru, sinkronisasi data periode semester 2 tahun ajaran 2019/2020 melalui Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 akan dibuka kembali dalam waktu yang terbatas yaitu sampai dengan Hari Rabu, 17 Juni 2020 Pukul 23.59 WIB.
↻ 21 Update Solusi Info GTK 2020
0. Cara mengisi sekolah induk di info GTK?
Jika GTK baru maka harus diajukan oleh sekolah induk ke operator Dinas untuk dimasukkan ke aplikasi Dapodik. Jika GTK lama maka merubah status sekolah non induk menjadi induk juga hanya bisa dilakukan oleh operator Dinas

1. Bagaimana jika GTK tersebut keluar atau mutasi dari sekolah induk?
Untuk GTK yang keluar/mutasi dari sekolah induk tidak boleh langsung dihapus, akan tetapi GTK tersebut harus diubah di penugasannya. Di sana terdapat beberapa pilihan di antaranya: GTK keluar karena mutasi, pensiun, wafat, dll. Isi pula tanggal keluar atau mutasinya.

2. Bagaimana mekanisme jika ada kesalahan penulisan Nama, tanggal Lahir, NUPTK pada data GTK?
Untuk memperbaiki kesalahan entri melalui http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id dan login menggunakan akun yang sudah registrasi di http://sdm.data.kemdikbud.go.id.

3. Apakah pengisian data rinci harus per bulan atau per semester?
Setiap data rinci itu diisi bila ada perubahan, baik itu per bulan ataupun per semester, disesuaikan dengan kondisi riil di lapangan. Terdapat di tabel Action Menu, bisa dipilih lanjutkan data periodik untuk mempermudah pengerjaan.

4. Mengapa data info GTK saya tidak bisa dicek?
Karena ada perbedaan data Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), nama GTK, dan tanggal lahir yang dientri di Aplikasi Dapodik dengan database Pusat.

5. Kenapa ketika mengecek data GTK di info GTK data sekolah induk tidak ditemukan?
Ada dua kemungkinan. Pertama, GTK tersebut terdaftar sebagai GTK induk di dua sekolah. Kedua, GTK tersebut tidak dipilih sekolah induknya.

6. Mengapa masa kerja golongan atau pangkat GTK tidak sesuai dengan yang dientrikan?
Masa kerja golongan atau pangkat diambil dari tabel riwayat pangkat dan golongan pada Tanggal Mulai Tugas (TMT) golongan atau pangkat. Bila TMT Golongan lebih muda dari Pangkat, maka Masa Kerja Golongan yang diambil. Akan tetapi bila TMT Pangkat lebih muda, maka Masa Kerja Golongan yang diambil.

7. Kenapa pada saat ubah GTK dan Save tidak berhasil muncul keterangan “field masih ada yang merah’’?
Ini biasanya terjadi pada sekolah swasta, ganti status pegawaian menjadi PNS dan cek kembali pada isiannya seperti NIP, SK CPNS, SK PNS jika masih ada yang merah dihapus, setelah itu pilih kembali ke status pegawainnya yang asli seperti GTY.

8. Apakah GTK harus di-mapping ulang di dalam tabel Rombel?
GTK harus dimapping kembali didalam rombel karena dipembelajaran untuk semester yang sekarang kosong kembali.

9. Jika ada GTK yg mutasi (pindah sekolah atau baru), bagaimana mekanismenya?
Silakan diinputkan sesuaikan dengan surat mutasi atau pindahnya melalui dinas pendidikan kabupaten/kota/propinsi.

10. Solusi bagi guru mapel bahasa asing laiinya yang mimiliki sertifikat pendidik dan kekurangan jam mengajar di SMK?
Mata pelajaran bahasa asing lainnya di SMK diakomodir pada kurikulum 2013 reisi tingkat 12 dan pada tingkat 10 untuk bidang keahlian pariwisata.

11. Kendala penambahan guru honorer di dapodik karena belum memiliki SK Gubernur?
Sekolah bisa berkoordinasi dengan dinas pendidikan provinsi masingmasing yang mimiliki wewenang untuk penambahan guru dengan analisis kebutuhan guru. Syarat penambahan GTK di masing-masing provinsi berbeda.

12. GTK yang pernah mutasi ingin kembali ke sekolah asal. Apakah bisa?
Penambhan dan edit penugasan dilakukan di dinas pendidikan. Pastikan isian sekolah induk dan non induk sudah benar.

13. Pengakuan tugas tambahan sebagai Pembina Ekstrakurikuler?
Pembina ekstrakulikuler bisa diakui dengan catatan kebutuhan guru pada matapelajaran yang diampu tidak kelebihan guru dan data ekstrakulikuler sudah terisi lengkap di dapodik. Pengajuan NUPTK bagi guru honorer/GTT di sekolah negeri? sesuai Petunjuk Teknis pengajuan NUPTK, bisa dilakukan selama memenuhi persyaratan yang elah ditentukan.

14. Ada GTK yang mutasi ke sekolah, tapi belum ada surat mutasi resmi dari sekolah awal?
GTK tersebut harus segera mengurus SK mutasi agar dinas pendidikan bisa memutasikan ke sekolah baru.

15. GTK terdeteksi memiliki 2 sekolah induk?
Cek data registrasi GTK pada masing-masing aplikasi dapodik sekolahnya. Jika terjadi kesalahan, perbaikan data melalui dinas pendidikan.

16. Jika ada GTK mutasi/mencari jam tambahan di sekolah lain apa yang harus dilakukan?
Bisa menggunakan fitur mutasi GTK online (tarik GTK online melalui laman http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id) . agar sekolah baru tidak perlu menambahkan/input GTK di sekolah baru/sekolah ke 2 secara manual, selanjutnya pihak dinas yang akan proses verifikasi penyetujuan atau penolakan untuk penambahan jam di sekolah lain.

17. Linieritas Matpel Guru Bersertifikat Pendidik?
Linieritas matpel guru bersertifikat pendidik masing berpedoman pada Permendikbud 46 tahun 2016 dan Permendikbud 16 tahun 2019.

18. Alur Kerja Info GTK?
Sesuai dengan Permendikbud no. 19 tahun 2019. Bagaimana cara mengedit SK penugasan yang salah pada GTK? Perubahan dilakukan melalui dinas pendidikan.

19. Apakah riwayat gaji berkala harus di isi oleh setiap GTK yang statusnya PNS? Ya, karena data digunakan sebagai acuan pangkat golongan pada info gtk.

20. Untuk dimenu penugasan No. Surat tendik dan guru di isi No Surat SK apa?
Jika PNS diisi SK CPNS (jika pengangkatan awal), diisi SK mutasi (jika status mutasi PNS). Untuk guru honor, sesuai dengan sk honor.

21. Apakah keaktifan GTK perlu di centang semua?
Dicentang sesuai kondisi sekolah.

Dua puluh satu permaalahan validasi data Info GTK diatas sampai sekarang masih dipertanyakan. Barangkali jawaban tersebut bisa membantu mengatatasi masalah Anda.

Click to comment