-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Cara Buka Info GTK 2020 Tidak Bisa Login
author photo
By On
Info GTK 2020 semester 1 sudah dibuka dan bisa diakses untuk melihat validasi data TPG guru. Namun untuk login Info GTK versi 2020.1.0 dengan menggunakan alamat http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ sementara ini masih belum normal. Kondisi tersebut ketika diakses baik dengan menggunakan usernama account PTK pada Dapodik maupun pilihan login melalui Dapodikasmen.
Cara Buka Info GTK 2020 Tidak Bisa Login
Agar Anda bisa login dengan mudah di laman Info GTK 2020.1.0. silahkan gunakan alamat yang ini http://info.gtk.kemdikbud.go.id/info_2020_s1/. Nah sekarang Anda bisa memastikan STATUS VALIDASI TUNJANGAN PROFESI : VALID (Perlu verifikasi dinas).

VALID (Perlu verifikasi dinas) merupakan tahap awal untuk menuju Valid yang kemudian akan dikeluarkan nomor SKTP nya melalui usulan pengajuan Dinas Kab/Kota masing-masing. Silahkan cetak dan kirim ke operator Dinas Kab/Kota masing-masing agar segera divalidasi untuk pencairan triwulan 1 tahun 2020.

Jika belum valid silahkan hubungi operator sekolah untuk memperbaiki jumlah jam mengajar Anda melalui aplikasi Dapodik. Ingat, bahwa validasi ini mempengaruhi penyaluran pencairan tunjangan Anda untuk triwulan 1 tepat waktu jika tidak melampaui cut off. Jika pada cut offnya belum valid maka penyaluran tunjangan Anda akan dibayarkan satu semester di triwulan kedua.

Dari tahun-tahun sebelumnya kebanyakan problem dari validasi info GTK adalah JJM terutama yang menggunakan jam tambahan di sekolah non induk karena membutuhkan waktu yanga agak sedikit lama untuk bisa masuk ke laman Info GTK.

Selain itu, problem yang terjadi biasanya juga dipengaruhi karena memakai tugas tambahan selain waka sepert misalnya tugas tambahan pembina maupun wali kelas. Biasanya hal ini menyita waktu validasinya.

Solusinya pengoptimalan JJM yang tepat adalah menggunakan jam mapel murni 24 jam, jika masih kurang maka memakai jam tambahan waka maupun kepala bidang. Karena hanya poin ini yang bisa mempercepat pengaruh validasi info GTK Anda.

Jika masih ada masalah dengan validasi Info GTK 2020 Anda di triwulan 1 silahkan komentar.

38 komentar

avatar

Klw info gtk nya dak bisa dibuka gimana pak, katanya paswordnya salah

avatar

Ada pilihannya:
1.Bisa melalui manajemen datadikdasmen.
2. Melalui simpkb
3. Minta reset password ke operator sekolah.

Sebelum hal diatas dilakukan pastikan terlebih dulu penulisan karakter passwordnya atau emailnya dg teliti.

avatar

Pagi ini data sy tiba2 tdk valid,padahal dta sy sdh valid sebelumnya,bahkan sdh sampe menunggu penerbitan SKTP.tp pagi2 ini tba2 jam kepsek sy hilang..dan jjm terhitung nol jam..kira2 apa pnyebabnya?

avatar

Jika di aplikasi Dapodiknya tidak masalah/ tidak ada perubahan. mungkin masalahnya disebabkan cached browsernya Pak. silahkan clear seluruh data historinya kemudian lakukan login kembali.

avatar

Pada semester kemaren total jjm saya di sekolah induk 18 jam ,6 mapel prakarya dg kelas 3 rombel ditambah 12 jam tambahan sebagai kepala lab,alhamdulillah valid karena sekolah kecil,tapi mengapa sekarang sekarang tidak valid pak? Apakah masih nambah jam lagi di luar sekolah induk?

avatar

Biasanya paling akhir pak, menunggu yang lainnya terbit sktp. Asalkan memenuhi12 jjm di induk untuk sekolah kecil pasti valid.

avatar

data INFO GTK saya tidak bisa kebuka..padahal saya buka DAPODIK menggunakan email dan Password saya bisa,,,dah di reset passwordnya juga tetepa ga bisa...dah di tunggu seminggu setelah sinkronisasi juga tetep tidak bisa...mohon pencerahannya

avatar

Sementara bisa melalui laman simpkb pak

avatar

Punya saya belum valid... JJM yg tersedia untuk bahasa Indonesia SMK kurikulum yg baru cuma 9 jam... Ditambah tugas tambahan ka perpus 12 jam... Total hanya 21 jam... Bagaimana ya.?

avatar

Jika sekolah anda kategori sekolah kecil maka akan valid, perhatikan validasi jjm masih dalam verifikasi.

Validnya ini biasanya menunggu semua guru yg serti sudah SKTP.

avatar

saya guru BK pak dengan 3 rombel....siswa saya berjumlah 63 sampai sekarang belum valid....apakah nanti akan valid yah pak??? dan kapam terakgir validasi untuk semester ini

avatar

Sekolah Anda tergolong sekolah kecil, jadi untuk pemenuhan JJM BK dengan 3 rombel insyaalloh valid seperti pengalaman tahun kemaren. Karena status JJM masih diverifikasi shg menunggu hasil generate data lagi.

avatar

Bagaimana jika bank penyalur masih xxxx

avatar

Tidak masalah, Cek langsung ke bank BNI

avatar

Kenapa data sy tdk ada yg terbaca di info gtk dan keterangan di singkronx tdk ada tanggal,, padahal di dapodik sudah benar dan ini sdh hampir 1 tahun,,

avatar

Sy cpns 2018 dn sampai sekarang dt tdk berubah,msh terlihat data lama saja,mohon solusix🙏🙏

avatar

SILAHKAN UPDATE DATANYA MELALUI OP CABDIN

avatar

apakah pengiriman data saat itu melewati batas cut off info GTK?. anda bisa menghubungi OP dinas untuk bisa melihat riwayatnya.

avatar

Info gtk untuk semester 2 thun pelajaran 2019/2020 sdh tdk bisa diakses padahal smpai skrg TW 1 dan TW 2 blm cair,kode bank pun blm ada...sementara sktp nya pertggl 30 juni sdh kluar...bgaimana ini??

avatar

Bu eti kurniawati di daerah kami bisa langsung di cek ke bank BNI.

Sebaiknya ibu laporkan ke OP simtun dinas disana bisa dilihatkan bank penyalurnya.

avatar

Mohon solusinya, saya seorang guru pada akhir Juli 2020, ada email ke inbok ntuk verifikasi email saya dengan minta memasukkan NIK, setelah saya masukkan sepertinya akun SDH terverikasi tapi waktu saya konfir sama operator sekolah sepertinya paswod nya belum ada jadi info gtk tidak bisa dibuka, mohon solusinya !?

avatar

Masuk aplikasi dapodik dg tukar pengguna akun ptk, dimenu penugasan buatkan password username,sinkron.

Jika di dapodik tidak bisa, pindah ke manajemen dapodik. sp.datadik, ganti password. Jika tidak bisa, ya reset ke dinas.

avatar

Saya guru fisika di SMK...jam yang tersedia unt fisika di sekolah kami hanya 8 JP karna kur13 fisika hanya ada di kelas x saja...ditambah dg kajur 12 JP...sampai sekarang masih blm valid...apakah nanti bisa valid dan keluar SKTP?

avatar

Bisa ditambahkan mapel linieritas pak atau bisa memakai mapel pkwu.

Untuk validasi kalau mengikuti tahun yg kemarin bisa valid karena kategori sekolah kecil.

avatar

pak mau buka info gtk tapi setelah dibuka bahasanya seperti ini PTK tidak ditemukan padahal akun ptk nya sudah di verifikasi

avatar

Punten mau tanya, saya dulu mengajar di 2 sekolah, sekolah A merupakan sekolah induk dan b merupakan sekolah non induk. Nah sekarang saya sudah tidak mengajar lagi di sekolah induk. Saya hanya mengajar di sekolah non induk. Bagaimana cara mengubah sekolah noninduk menjadi induk. Saya sudah ke admin dinas dan katanya sudah tarik ptk, sudah di indukin yang noninduknya. Tapi sekarang sudah sinkron beberapa kali oleh operator sekolah. Tapi datanya tidak berubah tetep masih nonimduk keterangannya. Kenapa ya? Terima kasih

avatar

perubahan status biasanya membutuhkan waktu karena server pusat tidak real time menarik data.

untuk melihat perubahan GTK Anda bisa melihat pada dapodik menu ubah edit GTK, status kepegawaian.

Anda juga bisa melihat pada laman ptk datadik pada menu Biodata PTK, menu penugasan.

avatar

setelah buka laman simpkb, terus kita pilih login diakun yg mana pak?

avatar

Beranda bagian bawah ada menu info gtk.
Jika masih tidak bisa. Alternatifnya Anda bisa login di manajemen ptk datadik untuk akses info gtk

avatar

kenapa saya gagal login padahal username dan password sudah benar?

avatar

Ada kemungkinan:
Non induk
Pindah induk
Salah penulisan karakter

Jika login pakai GTK tidak bisa gunakan SSO

avatar

Kenapa saya gagal log in terus ya padahal username dan password sudah benar pakai sso juga tidak bisa mohon penjelasannya

avatar

Info gtknya belum stabil.

Clear browser history nya (ctrl+shift+del)
Kalau di hp klik tanda titik 3, klik histori, hapus data penjelajahan, pilih lanjutan rentang waktu semua, centang semua dan hapus.

avatar

Min kalo status didapodik non induk apakah bisa login info GTK..
Ada guru di sekolah saya non induk tidak bisa login padahal email aktif dan sudah verifikasi.

avatar

GTK non induk tidak bisa masuk ke aplikasi info gtk.

avatar

Assalamualaikum pak. Saya ingin bertanya, jika SP2D belum terbit padahal SPM sudah terbit dr 14 hari yg lalu itu kenapa ya pak? Sedangkan info yg saya dapat sp2d keluar paling lambat 2 hari setelah SPM terbit. Mohon petunjuknya ya pak, terimakasih 🙏

avatar

Untuk sp2d Biasanya memang terjadi kelambatan di infi gtk. Namun meskipun demikian TPG sudah banyak yang tersalurkan di rekening. Alhamdulillah Di sekolah kami meskipun di info gtk belum sp2d tapi semua guru sertifikasi sudah cair. Pemberitahuan melalui notifikasi sms banking.

Click to comment