-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Seperti yang pernah saya singgung di arsip UTBK 2020 bahwa LTMPT menerapkan kebijakan Single Sign On (SSO) dalam tahap awal pendaftaran calon peserta SNMPTN, UTBK, SBMPTN 2020. Artinya dimana setiap peserta maupun sekolah wajib memiliki akun di LTMPT dengan registrasi melalui laman resminya https://portal.ltmpt.ac.id.
Registrasi dan Verifikasi Data LTMPT Jangan Gegabah!
Laman pendaftaran tersebut sudah bisa diakses dan silahkan melakukan pendaftaran baik untuk akun sekolah maupun akun siswa. Perhatikan dengan teliti dan ingat dengan baik kerangka waktu pelaksanaannya. Penting bagi operator sekolah untuk mencatat jadwal pengisian PDSS dan pemeringkatan siswa yakni tanggal 13 Januari s/d 06 Februari 2020.

Langkah registrasi dan verifikasi akun baik untuk sekolah maupun akun siswa sudah tersedia silahkan download dilaman resminya https://ltmpt.ac.id/.

Secara umum alur registrasi dan verifikasi akun sekolah sebagai berikut:
1. Sekolah mendaftarkan akun dengan menggunakan NPSN dan kode registrasi Dapodik/Emis
2. Sekolah melakukan verifikasi dan validasi akun
3. Sekolah melakukan aktivasi akun menggunakan email

Secara umum alur registrasi dan verifikasi akun siswa sebagai berikut:
1. Siswa mendaftarkan akun dengan menggunakan NISN, NPSN dan Tanggal lahir
2. Siswa melakukan aktivasi akun menggunakan email
3. Sekolah melakukan verifikasi dan validasi akun

Saat melakukan verifikasi data sekolah jangan sesekali bertindak gegabah dengan melaukan simpan data secara permanen sebelum Anda benar-benar jeli melakukan verval kevalidan data. Tunggu sampai benar-benar jumlah siswa terdaftar masuk semua dan terverifikasi. Data yang sudah disimpan secara permanen tidak bisa dirubah lagi.

Begitu juga dengan data siswa, sebaiknya lakukan pendampingan saat siswa melakukan registrasi dan verifikasi data. Jika masih ditemukan data yang salah lakukan perbaikan melalui Aplikasi Dapodik/Emis lakukan sinkronisasi dan perbarui data untuk meperbarui data siswa.

Batas pendaftaran akun siswa di LTMPT sampai dengan tanggal 7 Januari 2020 mengingatkan hal tersebut bahwa sekolah maupun siswa yang masih belum melakukan status pendaftaran permanen data-datanya maka tidak bisa melakukan pendaftaran PDSS dan SNMPTN 2020.

Selanjutnya bagi sekolah yang sudah melakukan simpan permanen, tetap bisa melakukan update data sekolah melalui Dapodik PDSP Kemdikbud atau Emis Pendis Kemenag. Oleh karena itu disediakan tombol perbarui data yang akan dibuka sampai menjelang penutupan pada tanggal 7 Januari 2020. Dengan demikian sekolah bisa melakukan update data sekolah selama aplikasi masih belum ditutup.

Selamat mencoba.

Click to comment