-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Pembelajaran berbasis STEM dapat melatih kemampuan dan bakat siswa menghadapi masalah abad 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa STEM-PjBL dapat meningkatkan literasi sains, motivasi, pemahaman materi, kemampuan berpikir kreatif, efektifitas, pembelajaran bermakna, dan menunjang karir di masa depan.
Unit Pembelajaran STEM Model Inquiry, PBL, PJBL dan PBT

STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) merupakan suatu pendekatan dimana Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika diintegrasikan dengan fokus pada proses pembelajaran pemecahan masalah dalam kehidupan nyata, pembelajaran STEM memperlihatkan kepada peserta didik bagaimana konsep-konsep, prinsip-prinsip sains, teknologi, rekayasa, dan matematika digunakan secara integrasi untuk mengembangkan produk, proses, dan sistem yang memberikan manfaat untuk kehidupan manusia.

Pendidikan STEM bertujuan mengembangkan peserta didik yang melek STEM
  • Pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk mengidentifikasi pertanyaan dan masalah dalam situasi kehidupannya, menjelaskan fenomena alam, mendesain, serta menarik kesimpulan berdasar bukti mengenai isu-isu terkait STEM;
  • Memahami karakteristik fitur-fitur disiplin STEM sebagai bentuk-bentuk pengetahuan, penyelidikan, serta desain yang digagas manusia;
  • Kesadaran bagaimana disiplin-disiplin STEM membentuk lingkungan material, intelektual dan kultural, 
  • Mau terlibat dalam kajian isu-isu terkait STEM sebagai warga negara yang konstruktif, peduli, serta reflektif dengan menggunakan gagasan-gagasan sains, teknologi, enjiniring dan matematika.(Bybee, 2013:5),
Manfaat STEM
  1. Mengasah ketrampilan berfikir kritis dan kreatif, logis, inovatif dan produktif
  2. Menanamkan semangat gotong royong dalam memecahkan masalah
  3. Mengenalkan perspektif dunia kerja dan mempersiapkannya. 
  4. Pemanfaatan  tehnologi untuk menciptakan dan mengkomunikasikan solusi yang inovatif
  5. Media untuk menumbuh kembangkan  kemampuan menemukan masalah dan memecahkan masalah
  6. Media untuk merealisasikan kecakapan abad 21 dengan menghubungkan pengalaman kedalam proses pembelajaran melalui peningkatan kapasitas dan kecakapan siswa.
Untuk mempelajari lebih lanjut dalam membuat pembelajaran STEM, Bapak/Ibu guru bisa merujuk pada file-file dibawah ini:

Fisika Penghantar Listrik Nirkable SMK
Unit pembelajaran STEM ini disusun sebagai pedoman bagi guru Fisika SMK dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan penilaian. Paket pedoman guru memuat deskripsi umum kegiatan pembelajaran dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 

Komponen RPP terdiri dari desain pembelajaran dengan pendekatan STEM, Kompetensi dasar, Indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, kemampuan prasyarat, pengembangan penguatan Pendidikan karakter, analisis materi, scenario pembelajaran (Pendekatan, model, metode, serta deskripsi kegiatan), sumber belajar, alat dan bahan, serta penilaian. Lampiran RPP berupa lembar kerja siswa serta Intrumen penilaian.
Hand-Out-STEM
Membahas konsep STEM secara menyeluruh, analisis, penyusunan, di dalamnya terdapat contoh RPP.

PEMBELAJARAN STEM -STEM PJBL
Makalah membahas tentang pendekatan STEM, model pembelajaran PjBL, serta STEM-PjBL pada pembelajaran sains.
Unit  Pembelajaran STEM Pembuatan-Sabun
Paket pembelajaran pembuatan sabun ini berisi pedoman untuk guru dalam menyajikan pembelajaran pada topik kimia organik untuk menjelaskan pemanfaatan senyawa organik dalam kehidupan sehari-hari.

Unit  Pembelajaran STEM Biologi Pencernaan Makanan
Unit pembelajaran ini berisi  pembahasan tentang topik Pencernaan Makanan yang dipelajari peserta didik SMA di kelas XI  dalam mata pelajaran Biologi.

Unit  Pembelajaran Miniatur Rumah Hemat Energi compressed
Unit pembelajaran miniatur rumah hemat energi ini berisi pedoman untuk guru dalam menyajikan pembelajaran pada topik Energi dan Daya Listrik untuk menjelaskan penghematan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Unit Pembelajara STEM tenaga minihidro
Pembelajaran STEM pada topik Energi berisikan pembahasan tentang topik Energi yang dipelajari peserta didik SMP di kelas VII dalam mata pelajaran IPA.

Unit Pembelajaran STEM (Kimia SMA) Elektroplating
Unit pembelajaran Elektroplating ini berisi pedoman untuk guru dalam menyajikan pembelajaran topik tentang stoikiometri reaksi redoks dan hukum Faraday untuk menghitung besaran-besaran yang terkait sel elektrolisis.

Unit Pembelajaran STEM SMP PjBL energi dan daya listrik
Unit pembelajaran miniatur rumah hemat energi ini berisi pedoman untuk guru dalam menyajikan pembelajaran pada topik Energi dan Daya Listrik untuk menjelaskan penghematan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Unit Perahu Layar (Fisika)
Unit pembelajaran Purwarupa Perahu Layar ini berisi pedoman untuk guru dalam menyajikan pembelajaran topik tentang Kesetimbangan Benda Tegar dan Fluida Statik.
Teaching and Learning STEM A Practical Guidev

Silahkan download file Unit Pembelajaran STEM Model Inquiry, PBL, PJBL dan PBT Jika Bapak/Ibu membutuhkannya.

Click to comment