Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
UN dan USBN pada prinsipnya mengukur standar yang sama, yaitu Standar Kompetensi Lulusan yang diturunkan ke dalam Standar Isi dalam bentuk lingkup materi dan diterjemahkan lebih operasional lagi menjadi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD).
Ringkasan Soal Prediksi UN & USBN 2020 IPA/IPS
KI-KD diterjemahkan lagi menjadi buku teks pelajaran yang dipakai di satuan pendidikan. Perbedaan antara 2 jenis ujian tersebut sbb. Penyusun soal UN 100% disusun oleh Pusat sedangkan USBN 20%-25% disusun oleh pusat (berstandar nasional) dan 75%-80% disusun oleh MGMP/KKG/Forum Tutor. Bentuk soal UN adalah Pilihan Ganda untuk semua mata ujian, Pilihan Ganda dan isian
singkat untuk mata ujian Matematika SMA/MA, SMK, dan Paket C. Sedangkan USBN adalah Pilihan Ganda, Uraian. Aspek yang diukur baik untuk UN maupun USBN adaah Kognitif.

Kisi-kisi UN tahun pelajaran 2019/2020 disusun berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku. Kisi-kisi UN memuat level kognitif dan lingkup materi.

Pengembangan soal dipilih dan dirakit dari bank soal sesuai dengan kisi-kisi UN. Proses pengembangan soal melibatkan unsur-unsur guru mata pelajaran, dosen perguruan tinggi, anggota BSNP, dan pakar penilaian pendidikan.

Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Ujian Nasional adalah memperkenalkan model asesmen yang mengarah kepada kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Asesmen dengan model HOTS ini dilakukan untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dalam survei internasional, khususnya hasil PISA (Program for International Student Assessment).

Selain itu soal model HOTS merupakan salah satu tuntutan keterampilan dalam pembelajaran abad 21, yakni berpikir kritis, kreatiff, komunikatif dan kolaboratif.

Anak-anak kita tidak akan berdaya saing jika di sekolah mereka tidak dilatih kecakapan hidup abad 21. Diantaranya adalah membuat perbandingan, menganalisis data, membuat kesimpulan, menyelesaikan masalah dan menerapkan pengetahuan mereka pada konteks kehidupan nyata.

Penentuan pemilihan mata pelajaran yang diujikan dalam UN untuk siswa SMA sederajat sepenuhnya menjadi wewenang dan pilihan siswa yang bersangkutan, bukan ditentukan oleh satuan pendidikan. Sebab setiap siswa, meskipun pada jurusan yang sama, memiliki keunikan dan perbedaan tersendiri.

Sebagai bahan latihan menghadapi UN 2020 materi ringkasan soal prediksi UN & USBN 2020 IPA/IPS mungkin bermanfaat untuk siswa sisiwa. Silahkan download filenya dibawah ini.

Soal prediksi UN & USBN 2020 IPS
Soal prediksi UN & USBN 2020 IPA

Click to comment