Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Panduan ini memberikan acuan kepada semua pihak yang terkait pada pelaksanaan pendampingan sekolah imbas yang akan dilakukan oleh SMA Zonasi, khususnya menjadi acuan bagi guru pendamping dalam melakukan pendampingan pada guru sekolah imbas. Semoga panduan ini dapat bermanfaat  dalam melaksanaan supervisi implementasi Kurikulum 2013.
Panduan Pendampingan Sekolah Imbas Zonasi IHT
Program SMA Zonasi diperuntukkan bagi SMA yang memenuhi SNP dan melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), mengembangkan praktik baik, melakukan inovasi dan berprestasi, serta melaksanakan program kebijakan pendidikan yang layak diimbaskan ke SMA lain di zonanya.

Salah satu program pada SMA Zonasi adalah melakukan pendampingan pada sekolah imbas yang ada pada zonanya. Agar pelaksanaan program pendampingan pada sekolah imbas terlaksana dengan baik dan memiliki standar minimal pelaksanaan, maka disusun Pedoman Pendampingan pada Sekolah Imbas Tahun 2019.

Pendampingan adalah proses berbagi atau pemberian bantuan tentang praktik-praktik baik dalam peningkatan mutu SMA dan pengembangan program keunggulan yang dilakukan oleh sekolah zonasi kepada sekolah imbas.

Untuk melaksanakan pendampingan, guru dari sekolah imbas diundang untuk mengikuti sosialisasi dan In House Training (IHT) di sekolah zonasi sesuai program yang telah dirancang oleh sekolah zonasi. Pendampingan pada sekolah imbas ditekankan pada penguatan pembelajaran dan penilaian pada implementasi Kurikulum 2013.

Pendampingan ke sekolah imbas difokuskan pada pembelajaran dan penilaian untuk penguatan implementasi Kurikulum 2013. Adapun ruang lingkup materi dalam pembelajaran dan penilaian untuk penguatan implementasi Kurikulum 2013 antara lain:
  1. Penguatan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran dan penilaian
  2. Penguatan implementasi 4 C dalam pembelajaran dan penilaian
  3. Penguatan implementasi literasi dalam pembelajaran dan penilaian
  4. Pengembangan pembelajaran dan penilaian HOTS
  5. Pengembangan pembelajaran berbasis STEM
  6. Pemanfaatan e-modul dan video dalam pembelajaran
Perangkat pendukung yang digunakan untuk terlaksananya pendampingan dengan baik antara lain sebagai berikut:
  1. Data Guru Pendamping (Format Lampiran 1)
  2. Data Guru Sekolah Imbas (Format Lampiran 2)
  3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  4. Instrumen Pengamatan RPP Guru Sekolah Imbas (Format Lampiran 4)
  5. Instrumen Pengamatan Pembelajaran Guru Sekolah Imbas (Format Lampiran 5)
  6. Jurnal Kegiatan Pendampingan (Format Lampiran 3)
  7. Rencana Tindak Lanjut (Format Lampiran 6)
  8. Kerangka Laporan Pendampingan Sekolah Imbas (Format Lampiran 7)
Panduan ini diharapkan memberi pedoman kepada semua pihak yang terkait dengan kegiatan pendampingan sekolah imbas sehingga dapat melaksanakan kegiatan pendampingan sesuai rambu-rambu yang telah diatur.

Kegiatan pendampingan mengacu pada action plan yang telah disusun oleh masing-masing SMA Zonasi pada Bimbingan Teknis Bantuan Pemerintah SMA Zonasi Tahun 2019. Harapannya adalah praktik-praktik baik dalam peningkatan mutu SMA dan pengembangan program keunggulan yang ada pada sekolah zonasi terimbas ke sekolah imbas.

Download Panduan Pendampingan Sekolah Imbas Zonasi In House Training (IHT)
Download makalah In house training Steam pembelajaran dan penilaian hots 

Click to comment