-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Cara tarik PD - Perserta Didik baru 2019 Dapodik versi 2020 hanya untuk operator baru yang masih bingung!. Operator yang sudah master silahkan skip saja 😁😁😁.
Cara tarik PD - Perserta Didik baru 2019 Dapodik versi 2020
Tarik peserta didik baru hanya dilakukan bagi sekolah yang tidak menggunakan PPDB online yang terintegrasi dengan Dapodik. Baik tarik PD Dapodik maupun tambah PD diluar dapodik, hal tersebut bisa dilakukan pada laman manajemen Dapodik (https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id).

Dapodik versi 2020 sudah mendukung integrasi hasil output PPDB untuk siswa baru ke dalam database dapodik sebagai upaya percepatan dan optimasi output/ hasil PPDB yang ada di daerah dapat di masukkan ke dalam database dapodik pusat secara otomatis.

Sekolah yang sudah menerapkan integrasi PPDB ke dapodik, data siswa baru dari PPDB akan muncul di aplikasi dapodik per sekolahan secara otomatis tanpa menarik satu - persatu lagi siswa baru dari sekolah asalnya.

Tarik PD baru ataupun menambahkan PD diluar dapodik harus melakukan sinkronisasi Aplikasi Dapodik versi 2020 terlebih dulu, jika Anda belum melakukan sinkronisasi maka laman data dikdasmen tidak bisa menampilkan rombel aktif. Sinkronisasi dapodik harus dilakukan dengan validitas data.

Tarik peserta didik baru tidak hanya bisa dilakukan satu-persatu siswa bahkan bisa dilakukan secara kolektif asal masih satu sekolah dan satu kelas jurusan. Setelah semua selesai lakukan sinkronisasi pada aplikasi dapodik agar siswa masuk dan melakukan registrasi ke rombel.

Hal demikian tidak bisa dilakukan ketika tambah peserta didik di luar dapodik, harus dilakukan satu-persatu. Menambahkan peserta didik secara manual memerlukan proses verifikasi oleh dinas. Siswa belum bisa masuk ke aplikasi dapodik jika belum diverifikasi dinas meskipun Anda sudah melakukan sinkron.

Jadi alangkah baiknya melakukan sinkronisasi dapodik dahulu sebelum tarik PD agar ketika tarik PD bisa langsung memasukkan ke kelas jurusan masing-masing.

Jika Anda punya cara yang lain silahkan share dikomentar. Semoga berhasil.

Click to comment