-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Cara Mengatasi Rekening Bank TPG Tidak Muncul
author photo
By On
Mungkin bagi guru yang dalam semester ini (2019/2020) masih baru menerima Tunjangan Profesi Guru (TPG) akan merasa kebingugan dengan sistem pencairan dana TPG nya. Pasalnya ketika melihat pada data info GTK tidak melihat nomor rekening Bank penyaluran sehingga khawatir penyaluran dana TPG nya tidak sampai ke PTK bersangkutan.

Anda bisa melihat tampilan screenshot seperti berikut;
Cara Mengatasi Rekening Bank TPG Tidak Muncul
Pertama; Anda harus memahami bahwa entri nomor rekening bank tidak bisa dilakukan PTK yang bersangkutan secara mandiri. Bagi GTK yang baru menerima tunjangan profesi guru di semester ini, tentu saja nomer rekening Bank nya akan tersisi dengan "xxx". Cara mengatasinya sangat mudah, Anda tidak perlu membuat rekening Bank baru atau memasukkan nomer rekening Bank lama karena secara otomatis rekening akan dibuatkan dari pusat.

Bagaimana langkahnya?
Prosedurnya sudah dijelaskan di info GTK dalam menu tunjangan guru, sub kelengkapan berkas yang harus dibawa ke Bank sebagai persyaratan pencairan di Bank. Anda cukup datang ke Bank yang di informasikan oleh dinas setempat, silahkan bawa Foto Copy KTP, Foto Copy Kartu NUPTK / NRG (jika ada), Surat keterangan dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan merupakan guru di sekolah tersebut dan dicantumkan NUPTK, NRG, Nomor Peserta dan alamat sesuai KTP.

Baca juga Kapan SKTP terbit? karena proses pencairan TPG tergantung dari terbitnya SKTP, SKTP bisa diterbitkan jika data info GTK sudah valid.

Jika sudah ada info bahwa tunjangan sertifikasi sudah di salurkan maka Anda bisa memastikan transfer pembayaran TPP sudah masuk ke rekening atau belum. Baca cara cek transfer pembayaran TPP/TPG 2019

Kedua; Anda bisa langsung mendatangi operator dinas SINTUM untuk meminta info tentang rekening Bank.

Jadi cara mengatasi rekening Bank TPG tidak muncul jangan panik dan maksa entri sendiri, tunggu info dari dinas setempat.

4 komentar

avatar

mohon maaf setelah saya membaca dengan cermat informasi yang disampaikan di artikel ini sangat jelas. tpi mohon petunjuknya jika sampai TW 3 hari ini nomor rekening saya tidak tercantum pada SKTP januari-juni dan skrg terbit lagi SKTP juli desember dan hasilnya masih sama tidak terbit. mohon solusinya min

avatar

Ada satu guru kami yang sama persis dengan masalah anda. Namun sudah terbayarkan untuk TW1 Dan TW2. Solusinya yaitu dengan cek langsung ke OP simtun Dinas karena disana bisa dilihatkan Bank penyalurnya.

Setelah itu Anda ke Bank penyalur dengan menunjukan NUPTK. Semoga membantu.

avatar

sama saya di info gtk sudah muncul sktp namun saat saya ke Bank sama dengan teman saya yg lain punya saya belum ada no REk nya mohon penjelasan

avatar

Kasus ini biasanya terjadi untuk gtk yg baru pertama kali mengikuti pemberkasan tpg di info gtk, jika rekening blm muncul di triwulan pertama maka tunggu sampai triwulan kedua dlm satu semester. Karena biasanya nunggu sampai satu semester.

Click to comment