-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
"Data gagal disimpan mungkin username (email) yang digunakan telah digunakan sebelumnya di dalam database.. Silahkan coba menggunakan username (email) lain". Pesan ini ditampilkan ketika Anda sedang merubah password lama dengan password baru akun GTK di Dapodik. Mungkin password yang lama lupa sehingga guru tidak bisa melakukan login oleh karena itu Anda berusaha untuk menggantinya dengan password yang baru namun gagal untuk disimpan.

Seperti berikut tampilan pesannya.
Mengatasi Username (email) Data Gagal Disimpan di Dapodik versi 2019.d
Sebenarnya masalah tersebut sangat mudah untuk diatasi karena hanya tinggal membuatkan username yang baru untuk GTK tersebut.

Sebelumnya saya pernah share Cara Membuat Username Akun PTK di Dapodik 2019 untuk login GTK karena versi Dapodik tersebut data guru hanya bisa dibuah oleg PTK yang berangkutan. Selain itu akun GTK yang di sinkronkan di dapodik bisa dimanfaatkan oleh PTK untuk kepentingan transaksi dengan aplikasi yang dikelolah oleh Ditjen GTK. Misalnya Versi Login Info GTK Semester 2 Terbaru 2019 sekarang bisa menggunakan account PTK.

Nah untuk mengatasi masalah data gagal disimpan mungkin username (email) yang digunakan telah digunakan sebelumnya di dalam database. Silahkan coba menggunakan username (email) lain. Langkahnya ini hanya bisa dilakukan oleh operator:
  1. Pada menu GTK (guru) tekan tabel GTK yang akan diubah datanya
  2. Tekan pada tombol ubah yang ada dibarisan menu atas
  3. Pada data edit PTK scrool kebawah cari data email. Silahkan ganti dengan email yang baru
  4. Simpan dan lakukan refresh (F5)
Setelah data email sudah dibuatkan selanjutnya membuatkan password baru dengan cara:
  1. Pada menu GTK (guru) tekan tabel GTK yang akan dibuatkan password baru
  2. Tekan pada tombol penugasan yang ada dibarisan menu atas
  3. Tekan pada tombol buat/ubah akun PTK
  4. Masukkan password baru dan konfirmasi password
  5. Simpan
Lakukan Sinkronisasi agar akun tersebut bisa dipakai oleh GTK login ke semua aplikasi yang di dikelolah oleh Ditjen GTK seperti Info GTK dan yang lainnya.

Click to comment