Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Sebelumnya pada dapodik versi 2019 operator sudah membuatkan akun (username dan password) untuk login PTK, namun karena perubahan data hanya dilakukan oleh operator maka akun GTK untuk masing-masing PTK tersebut belum bisa dioptimalkan oleh yang bersangkutan.

Ugh, saatnya sibuk lagi untuk operator sekolah. Mengenai perubahan akun PTK ini juga akan menjadi dilematis bagi operator sekolah yang sekolahnya belum siap infrastrukturnya. Ya, bisa dibilang akan menjadi pekerjaan super dobel jika perubahan PTK tetap dilakukan oleh operator.

Pasalnya operator akan bekerja dua kali lipat lagi dengan login (keluar masuk) akun PTK masing-masing GTK. Hal ini berbeda jika sekolah sudah menunjang infrastruktur pendataan dapodik karena Dapodik sudah bisa diakses secara online oleh masing-masing PTK.

Untuk sekolah yang belum mendukung infrastruktur sepenuhnya, sebagai alternatif agar setiap PTK bisa mengangkses dapodik secara offline untuk merubah data GTKnya bisa menggunakan cara Mengakses Dapodik Ke Laptop Client dan Handphone.

Penting! Kenapa di aplikasi Dapodik versi 2019.c ini operator harus membuatkan akun GTK/PTK?

Pada versi 2019.c ini, perubahan data pribadi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) hanya dapat dilakukan oleh GTK yang bersangkutan dengan menggunakan akunnya masing-masing. Jika perubahan data pada tabel GTK dilakukan oleh akun operator maka akan tampil peringatan seperti gambar di bawah.
Cara Membuat Username PTK di Dapodik 2019.c PENTING!!

Langkah Membuat Username Akun PTK di Dapodik 2019.c

Sesui dengan panduan aplikasi dapodik versi 2019.c. Agar dapat mengubah data PTK, pertama pastikan masing-masing GTK telah memiliki akun. Jika GTK belum memiliki akun, pilih GTK yang akan dibuatkan akun lalu pilih tombol Penugasan.
akun PTK dapodik 2019.c
Selanjutnya akan mmuncul tabel penugasan seperti gambar dibawah ini, klik tombol Buat/Ubah Akun
buat akun ptk
Sebelumnya Anda harus mengisi pada tanggal surat penugasan dan TMT penugasan kemudian mencentang keaktifan PTK, Simpan lanjutkan dengan klik tombol Buat/Ubah Akun.
username password PTK
Silahkan username dan password di catat untuk diberikan kepada PTK masing-masing. Setelah sukses membuatkan akun PTK selanjutnya GTK meakkukan login ke akunya masing-masing untuk merubah datanya. (Jika ada perubahan).

Setelah berhasil login, pilih menu GTK
Dasbor menu GTK dapodik versi 2019.c
Data yang ditampilkan adalah data GTK yang bersangkutan, klik ubah untuk melakukan perubahan, lalu klik simpan.

Selesai Cara Membuat Username akun PTK di Dapodik 2019.c. Selamat bekerja semoga sukses.

Click to comment