-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Jawaban Soal Pak Budi menginginkan peserta didiknya mendapatkan pengalaman belajar
author photo
By On

Dalam merencanakan pembelajarannya, Pak Budi menginginkan peserta didiknya mendapatkan pengalaman belajar yang menantang dan menyenangkan dengan memanfaatkan perangkat TIK. Sehingga Pak Budi mencari sumber belajar digital di beberapa portal pendidikan diantaranya Rumah Belajar dan laman web https://www.abcya.com. Model pembelajaran yang akan diterapkan oleh Pak Budi di kelasnya adalah ….


A. Game Based Learning

B. Station Learning

C. Discovery-Inquiry Learning

D. Project Based Learning

E. Problem Based Learning


Jawaban yang paling tepat adalah: A. Game Based Learning.


Penjelasan:

Berdasarkan deskripsi soal, Pak Budi ingin menciptakan pengalaman belajar yang menantang dan menyenangkan dengan memanfaatkan perangkat TIK. Sumber belajar digital seperti Rumah Belajar dan Abcya.com umumnya menyediakan berbagai macam game edukasi. Oleh karena itu, model pembelajaran yang paling sesuai adalah Game Based Learning.


Mengapa Game Based Learning?

  • Menyenangkan dan menantang: Game dirancang untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk belajar. Elemen tantangan dalam game akan mendorong siswa untuk terus mencoba dan mengatasi berbagai masalah.
  • Menggunakan TIK: Game berbasis komputer atau aplikasi merupakan contoh nyata pemanfaatan TIK dalam pembelajaran.
  • Sumber belajar digital: Rumah Belajar dan Abcya.com menyediakan banyak pilihan game edukasi yang sesuai dengan berbagai mata pelajaran dan tingkat kelas.


Mengapa pilihan lain kurang tepat?

  • Station Learning: Model ini lebih menekankan pada rotasi siswa dari satu stasiun belajar ke stasiun belajar lainnya, tidak selalu melibatkan game.
  • Discovery-Inquiry Learning: Model ini fokus pada proses penemuan siswa melalui pertanyaan dan investigasi, tidak selalu menggunakan game.
  • Project Based Learning: Model ini melibatkan proyek jangka panjang yang menuntut siswa untuk menyelesaikan masalah nyata, tidak selalu menggunakan game.
  • Problem Based Learning: Model ini dimulai dengan suatu masalah yang harus dipecahkan oleh siswa, tidak selalu menggunakan game.


Kesimpulan:

Dengan memilih model Game Based Learning, Pak Budi dapat menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan menyenangkan, sekaligus membantu siswa menguasai materi pelajaran dengan lebih baik.


Penting untuk diingat:

Meskipun Game Based Learning adalah pilihan yang tepat dalam kasus ini, pemilihan model pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik siswa, materi pelajaran, dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.


Pelaksanaan pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka menurut Standar Proses dalam Permendikbudristek Nomor 16 Tahun 2022 melalui beberapa tahapan, seperti ....


A. perancangan, praktik baik, dan evaluasi pembelajaran

B. perencanaan, praktik baik, dan refleksi pembelajaran

C. pengembangan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran

D. perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses pembelajaran

E. penentuan, perlakuan, dan penilaian proses pembelajaran


Jawaban yang paling tepat adalah: D. perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses pembelajaran.


Penjelasan:

Standar Proses dalam Permendikbudristek Nomor 16 Tahun 2022 menggarisbawahi pentingnya siklus pembelajaran yang terdiri dari tiga tahapan utama dalam implementasi Kurikulum Merdeka, yaitu:

  • Perencanaan: Tahap ini mencakup berbagai kegiatan seperti:
  • Merancang tujuan pembelajaran yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berjangka waktu (SMART).
  • Memilih materi pembelajaran yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila dan capaian pembelajaran.
  • Menyusun berbagai perangkat pembelajaran, seperti modul, lembar kerja, dan media pembelajaran.
  • Membuat rencana pembelajaran yang rinci, termasuk alokasi waktu, metode pembelajaran, dan kegiatan siswa.
  • Pelaksanaan: Pada tahap ini, guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana yang telah disusun. Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan secara beragam, seperti diskusi kelompok, presentasi, proyek, atau pembelajaran berbasis masalah.
  • Penilaian: Penilaian dilakukan secara berkelanjutan untuk memantau perkembangan belajar siswa dan memberikan umpan balik. Penilaian dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti tes tertulis, tugas, proyek, observasi, dan portofolio.


Mengapa pilihan lain kurang tepat:

  • Pilihan A, B, dan C: Istilah "praktik baik" dan "pengembangan" kurang spesifik dan tidak sesuai dengan terminologi yang digunakan dalam Permendikbudristek.
  • Pilihan E: Istilah "penentuan" dan "perlakuan" kurang tepat digunakan dalam konteks siklus pembelajaran.


Kesimpulan:

Siklus pembelajaran yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian merupakan jantung dari implementasi Kurikulum Merdeka. Dengan mengikuti siklus ini, guru dapat memastikan bahwa pembelajaran berjalan efektif dan mencapai tujuan yang diharapkan.


Pentingnya Siklus Pembelajaran:

  • Memastikan pembelajaran terarah: Dengan perencanaan yang matang, pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
  • Meningkatkan kualitas pembelajaran: Melalui pelaksanaan dan penilaian yang berkelanjutan, guru dapat mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan melakukan perbaikan.
  • Memberikan umpan balik kepada siswa: Hasil penilaian dapat digunakan untuk memberikan umpan balik kepada siswa sehingga mereka dapat memperbaiki diri.
  • Menjamin pencapaian kompetensi: Dengan siklus pembelajaran yang efektif, siswa dapat mencapai kompetensi yang diharapkan dalam Kurikulum Merdeka.


Jadi, jawaban yang paling sesuai dengan konsep siklus pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka adalah D.

Click to comment