-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Cari NPSN, NPYP, NISN Untuk LTMPT 2023
author photo
By On
Cari NPSN, NPYP, NISN Untuk LTMPT 2023

Cara mencari NPSN, NPYP, NISN bagi siswa untuk keperluan registrasi akun di portal LTMPT untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi nasional Tahun 2023 mendatang.


Apa itu NPSN?

Setiap satuan pendidikan memiliki kode referensi yang bersifat unik dan terstandar. Kode referensi tersebut ditetapkan oleh pusdatin yang dimaksudkan untuk memudahkan dalam pengelolaan data satuan pendidikan.


Kode unik tersebut terdiri dari 8 kombinasi antara huruf dan angka. Kode pengenalan satuan pendidikan tersebut membedakan antara satuan pendidikan dengan satuan pendidikan yang lainnya dan inilah yang kemudian disebut dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).


Dimana Cari NPSN?

Sebenarnya Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) kita bisa melihatnya tertera di ijazah, di bagian kop surat sekolah ataupun di papan nama sekolah. Selain itu, kita juga bisa mencari dan melihat data NPSN sekolah kita secara online.


Ada banyak cara untuk melihat/mengetahui NPSN sekolah kita secara online. Yang lebih cepat dan mudah adalah dengan langkah sebagai berikut:

1. Buka peramban Google

2. Ketik kata kunci "NPSN + nama sekolah"

3. Catat NPSN sekolah anda.


Selain cara di atas, Anda juga bisa melihat NPSN melalui situs resminya. Berikut daftarnya:

1. https://dapo.kemdikbud.go.id/pencarian

2. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/

3. https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/


Cara melihat NPSN tersebut juga berlaku untuk sekolah/madrasah baik MI, MTs, MA yang bernaung di Kemenag karena NPSN yang baru tersebut juga diterbitkan oleh Kemendikbud RI.


Baca juga: Cara Verval NPSN


Selain NPSN, khusus Satuan Pendidikan swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan. Yayasan tersebut juga wajib memiliki kode referensi nomor pokok yang unik. Sama halnya Kode NPSN, Kode NPYP Indonesia juga terdiri dari 6 digit kombinasi huruf dan angka dan diberikan kepada yayasan yang masih aktif.


Apa itu NPYP?

Nomor Pokok Yayasan Pendidikan (NPYP) adalah standar kode pengenal yang unik untuk yayasan yang mempunyai Satuan Pendidikan/Lembaga yang dikembangkan oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) dan berlaku secara nasional sebagai nomor identitas badan penyelenggara satuan pendidikan.


Dimana Cari NPYP?

Sama halnya trik cepat mencari NPSN, Mencari NPYP juga persis seperti langkah diatas. Cukup buka peramban Google dan ketik kata kunci " NPYP + Nama Yayasan". Selain itu, anda juga bisa mencari NPYP melalui situs resminya: https://vervalyayasan.data.kemdikbud.go.id/index.php/Chome/pencarianyayasan/


Baca juga: Cara Verval NPYP


Tidak hanya Satuan Pendidikan maupun Yayasan Pendidikan yang memiliki nomor pokok identitas. Peserta didik juga mempunyai nomor induk secara unik. Nomor induk siswa diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.


Apa itu NISN?

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.


Dimana Cari NISN?

Setiap siswa sudah pasti memiliki data NISN yang tercetak baik pada kartu tanda siswa, kartu khusus NISN, maupun tertera di rapor dan ijazah. Data yang terintegrasi juga memudahkan anda untuk mencari NISN secara online.


Mencari NISN secara online kita tidak bisa langsung mengetik kata kunci "NISN + Nama" di peramban Google seperti pencarian NPSN maupun NPYP. Mencari NISN secara online harus mengunjungi situs resminya: https://nisn.data.kemdikbud.go.id/. Jika lupa nomor digit NISN anda bisa menggunakan pencarian data NISN by nama.


Baca juga: Cara Verval NISN, dan Cara Verval Lulusan secara benar.

Click to comment