-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Unduh Rapor Pendidikan 2022
author photo
By On

Unduh Rapor Pendidikan 2022

Rapor Pendidikan adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya. Kebijakan evaluasi sistem pendidikan yang baru lebih menekankan pada orientasi terhadap mutu pendidikan dan sistem yang terintegrasi.


Rapor Pendidikan dan Rapor Mutu berbeda. Rapor Mutu mengukur 8 indikator capaian pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP), Data bersumber dari data Dapodik dan juga hasil pengisian (input) langsung oleh satuan pendidikan melalui aplikasi EDS.


Sedangkan Rapor Pendidikan mengukur indikator yang disusun berdasarkan input, proses, dan output pendidikan. Indikator tersebut diturunkan dari 8 Standar Nasional Pendidikan, Satuan pendidikan tidak melakukan pengisian (input) data ke aplikasi, namun data diambil dari berbagai sistem dan sumber data yang sudah ada, seperti Dapodik, SIMPKB, AN, BPS, dan sumber lain yang relevan.


Cara unduh rapor pendidikan 2022 Kemdikbud yang nantinya bisa digunakan sebagai dasar analisis, perencanaan, acuan sebelum melakukan perencanaan anggaran tahunan dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan untuk kemudian digunakan sebagai dasar Perencanaan Berbasis Data (PBD).


Untuk dapat mengakses Rapor Pendidikan 2022 harus terkoneksi dengan internet. Namun, satuan pendidikan juga dapat mengunduh data dalam berkas excel agar dapat digunakan secara luring. Berikut langkahnya:

1. Siapkan akun belajar.id

2. Akses laman https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/

3. Login menggunakan akun admin / Kepsek

4. Klik menu unduh. Selesai


Rincian data yang akan didapatkan setelah mengunduh rapor pendidikan adalah sebagai berikut:

  1. Nama dan definisi indikator,
  2. Angka capaian,
  3. Label capaian serta definisinya,
  4. Rentang nilai,
  5. Waktu pembaruan data.


Penting untuk dipahami bahwa hasil dari Rapor Pendidikan tidak untuk memeringkatkan atau menghakimi satuan pendidikan atas nilai yang didapatkan. Sebaliknya, satuan pendidikan dapat menggunakan hasil tersebut sebagai acuan refleksi serta evaluasi, sehingga dapat menerapkan Perencanaan Berbasis Data yang tepat untuk meningkatkan kualitas satuan pendidikan.


Rapor Pendidikan bukan merupakan laporan prestasi satuan pendidikan, namun merupakan gambaran representatif dari satuan pendidikan. Sehingga apabila sudah mendapatkan hasil yang baik, satuan pendidikan dapat terus melakukan peningkatan hasil penilaian indikator dengan membuat inovasi ataupun meningkatkan indikator lain yang kurang baik.


Rapor Pendidikan dapat dijadikan sebagai:

  1. Referensi utama sebagai dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan,
  2. Satu-satunya platform untuk melihat hasil Asesmen Nasional,
  3. Sumber data yang objektif dan andal di mana laporan disajikan secara otomatis dan terintegrasi,
  4. Instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik untuk evaluasi internal maupun eksternal,
  5. Alat ukur yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output),
  6. Platform penyajian data yang terpusat, sehingga satuan pendidikan tidak perlu menggunakan beragam aplikasi sehingga diharapkan dapat meringankan beban administrasi.


Silahkan Akses laman https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/ untuk mengunduh rapor pendidikan sekolah Anda.

Click to comment