-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Simulasi CAT PPPK
author photo
By On
Simulasi CAT PPPK

Ujian Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) merupakan tahap lanjutan yang harus dilalui para peserta yang lolos seleksi administrasi atau seleksi berkas CPNS dan PPPK 2021. Mengacu pada draft hukum Permenpan Nomor 27 Tahun 2021, ujian SKD terdiri atas Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).


Adapun total seluruh soal yakni 110 butir soal dengan rincian TWK berjumlah 30 soal, TIU 35 soal, dan TKP 45 soal dan dikerjakan dalam durasi 100 menit. Pelaksanaan ujian SKD sendiri dijadwalkan berlangsung pada 25 Agustus-4 Oktober 2021 berbasis computer assisted test (CAT).


Untuk bobot soal ujian seleksi kompetensi PPPK guru serta kebijakan afirmasi (tambahan nilai) silahkan lihat disini https://gurupppk.kemdikbud.go.id/


Namun, tidak usah risau, sebab BKN memfasilitasi simulasi tes CPNS dan PPPK 2021 lewat https://cat.bkn.go.id/. Pelamar yang belum punya akun simulasi CAT bisa buat terlebih dulu. Berikut langkahnya:

  1. Masuk ke situs https://cat.bkn.go.id/simulasi/daftar 
  2. Isi form pendaftaran yang diminta laman seperti isian nama, email, tanggal dan tempat lahir, dan kata sandi
  3. Lengkapi pendaftaran dengan mencentang kolom verifikasi
  4. Kemudian pilih simpan
  5. Setelah mendaftarkan akun, selanjutnya tinggal login kembali menggunakan akun yang tadi sudah didaftarkan
  6. Cara login nya, cukup memasukkan alamat email dan password lalu lengkapi dengan verifikasi kolom Captha.


Selain mengikuti simulasi CAT di laman WEB BKN. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur juga meluncurkan aplikasi simulasi Computer Assisted Tes (CAT). Aplikasi ini bisa diakses para pengguna android untuk menguji kemampuan sebelum mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja  (PPPK).


Aplikasi CAT Android BKD Jatim ini sudah bisa didownload gogle play store. Pengguna gawai tinggal mengklik pertanyaan selanjutnya. Soal berikutnya muncul. Begitu terus hingga selesai 100 soal. Usai menyelesaikan soal, pemilik gawai bisa langsung mengetahui nilainya. Di akhir mengerjakan tugas akan muncul skor.


Aplikasi ini bisa dimanfaatkan masyarakat sebaik mungkin. Sebab, soal dan mekanisme yang digunakan hampir menyamai saat dilangsungkan CAT. Bentuk pertanyaan pun sama pilihan ganda. Bedanya aplikasi ini menyesuaikan dengan gawai. Sehingga calon peserta tes tidak akan kebingungan ketika mengikuti ujian. Aplikasi ini menggambarkan bagaimana tes yang akan dihadapi peserta.


Aplikasi ini dibuat sendiri oleh BKD Jawa Timur. Pembuatnya, Zhulfi Bajra Wikjatmiko, pegawai Sub bidang Data dan Sistem Informasi BKD Jatim. Istimewanya, pembuat aplikasi adalah penyandang disabilitas atau tuna rungu.


Tertarik untuk mengunduhnya silahkan ikuti link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.filkom.catcpnsbkdprovjatim2019&hl=in&gl=US


Untuk laman desktop silahkan akses http://apps.bkd.jatimprov.go.id/

Click to comment