-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Pedoman FIKSI 2021 Jenjang SMA
author photo
By On
Pedoman FIKSI 2021 Jenjang SMA

Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tahun 2021 memasuki pelaksanaan kali ke-6 yang merupakan pengembangan dari festival sebelumnya yang telah berlangsung sejak tahun 2016.


FIKSI sendiri merupakan ajang pencarian talenta muda wirausaha yang kreatif memiliki ide, aspirasi, dan gagasan yang dapat diwujudkan. Sasaran pelaksanaan FIKSI adalah siswa SMA/MA yang memiliki semangat, jiwa, dan sikap kewirausahaan.


FIKSI tahun 2021 bertujuan antara lain untuk membentuk jejaring bagi siswa SMA/MA yang dapat mendukung kegiatan wirausaha mereka, terutama dalam hal mempertahankan keberlanjutan usahanya. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membangun aktivasi empati, kepekaan sosial, daya inovasi, dan rasa tanggung jawab, serta kemandirian sosial sampai dengan ekonomi.


Dikarenakan tahun ini, Indonesia masih berada dalam situasi pandemi Covid-19, maka pelaksanaan FIKSI 2021 akan dilaksanak secara daring. Siswa diharapkan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada saat persiapan hingga pelaksanaannya.


Buku ini akan menjelaskan informasi mengenai peraturan dan mekanisme kegiatan FIKSI sebagai pedoman bagi penyelenggara FIKSI tahun 2021. Akhir kata, semoga penyelenggaraan FIKSI tahun 2021 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Unduh disini


Semangat ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi Pendidikan Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) untuk siswa SMA/MA, yang terdiri atas dua bagian, yaitu Prakarya dan Kewirausahaan. Pendidikan Prakarya meliputi kriya, rekayasa, pengolahan dan budidaya. Pada bidang-bidang Industri Kreatif yang dilombakan dalam FIKSI, pemilahan Prakarya ditentukan dalam bidang dan kategori seperti tertera berikut:

1. Bidang Kriya (Kerajinan)

2. Bidang Fashion (Kerajinan)

3. Bidang Desain Grafis (Rekayasa)

4. Bidang Aplikasi, Game, Video dan Animasi (Rekayasa)

5. Bidang Boga (Pengolahan)

6. Bidang Budidaya dan Lintas Usaha* (Budidaya)

*Bidang Budidaya dan Lintas Usaha juga meliputi usaha-usaha yang merupakan gabungan antar bidang.


Pendaftaran dibuka pada tanggal 10 Mei 2021. Jangan sampai kelewatan ya 😉. Untuk informasi lebih lengkap silakan unduh buku pedoman pada tautan berikut : Pedoman FIKSI 2021

Click to comment