-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Pengisian data PDSS dan pemeringkatan oleh sekolah tanggal 13 januari s/d 6 Februari 2020. Oleh karena itu, sekolah berkewajiban mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa dengan lengkap dan benar.
PDSS 2020 Panduan Sekolah dan Siswa
PDSS merupakan basis data yang dijadikan sumber utama data SNMPTN. Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SNMPTN dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Silahkan download manual PDSS 2020 Panduan sekolah dan panduan siswa di http://www.snmptn.ac.id/manual/

Panduan pengisian PDSS oleh pihak sekolah, khususnya SMA/MA/SMK.

Seperti tahun-tahun sebelumnya yang perlu diperhatikan adalah batas waktu pengisian PDSS agar sekolah dapat memanfaatkan dengan baik, waktu yang disediakan untuk mengisi PDSS. Hindari mengisi PDSS di hari-hari terakhir agar tidak kesulitan mengakses sistem.

Berikut adalah tahapan pengisian PDSS 2020:

  1. Login (jika sekolah sudah terdaftar di PDSS); setelah login, sekolah langsung diminta melengkapi data sekolah. Jika sekolah belum terdaftar di PDSS, sekolah harus melakukan registrasi terlebih dahulu.
  2. Pengelolaan informasi sekolah (jika ada perubahan), mencakup identitas sekolah dan password sekolah.
  3. Pendefinisian kurikulum untuk setiap semester yang diikuti oleh siswa calon lulusan.
  4. Pendaftaran kelas untuk setiap tahun ajaran yang diikuti oleh siswa calon lulusan.
  5. Pengisian data siswa tiap kelas untuk seluruh siswa calon lulusan. Siswa yang ingin diisikan nilainya harus terdaftar di suatu kelas di setiap tahun ajaran mulai dari Tingkat 10 hingga Tingkat 12.
  6. Pengisian nilai siswa, yaitu nilai siswa calon lulusan untuk seluruh mata pelajaran yang diikutinya sejak Tingkat 10 hingga Tingkat 12 (atau Tingkat 11 untuk kelas Akselerasi), sesuai dengan kurikukum yang telah didefinisikan.
  7. Finalisasi pengisian data oleh sekolah. Finalisasi dilakukan dengan mengunggah surat pernyataan yang telah disediakan (dapat diunduh). Jika sekolah belum melakukan finalisasi, maka password siswa belum dapat diunduh sehingga siswa belum dapat melakukan verifikasi.
Untuk dapat mengisi PDSS, sekolah terlebih dahulu harus memilih/mencari sekolahnya dari daftar sekolah. Pada kotak bertanda Cari Sekolah, tuliskan nama sekolah yang dimaksud kemudian klik tombol Cari. Selanjutnya, login.

Sekolah yang belum penah melakukan pengisian PDSS pada tahun-tahun sebelumnya ada dua kategori:

1. Sekolah sudah terdaftar di PDSS, tapi sekolah belum pernah mengisi form pendaftaran

Jika sekolah sudah dapat dipilih dari daftar sekolah, tapi belum pernah mengisi form pendaftaran, maka akan muncul tampilan NPSN dan Nama sekolah ketika nama sekolah dipilih. Klik tombol Lanjutkan untuk memproses pendaftaran. Selanjutnya, sekolah harus:
  1. Mengisi form pendaftaran. Sistem akan melakukan validasi NPSN sekolah. Kemudian isi formulir pendaftaran dengan lengkap.
  2. Mengisi form akreditasi sekolah. Data akreditasi sekolah yang tercantum di laman PDSS sesuai dengan data yang tersimpan di Badan Akreditasi Nasional Sekolah & Madrasah. Jika terdapat ketidaksesuaian data, sekolah menuliskan persoalan ini lewat menu Bantuan (Helpdesk).
Setelah berhasil melakukan pendaftaran sekolah, sekolah dapat melakukan login.

2. Sekolah belum terdaftar di PDSS

Jika nama sekolah belum muncul pada daftar sekolah, pilih tab Daftar Sekolah Baru. Isikan NPSN sekolah. Sistem PDSS akan memeriksa NPSN yang diisikan. Jika NPSN sudah terdaftar, maka informasi sekolah akan muncul. Lengkapi informasi sekolah pada form tersebut di atas dengan mengikuti panduan yang sama dengan pendaftaran sekolah baru untuk sekolah sudah terdaftar.

Jika NPSN tidak dikenal, atau jika sekolah belum memiliki NPSN, maka sekolah harus mendaftar secara manual dengan mengirimkan surat kepada Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTPMT) setelah memiliki NPSN (sekolah harus meminta NPSN terlebih dahulu). Pendaftaran sekolah dapat diproses setelah sekolah memiliki NPSN.

Jika sekolah sudah memenuhi syarat untuk mendaftar, maka LTPMT akan menambahkan sekolah yang bersangkutan ke dalam daftar sekolah. Selanjutnya, sekolah dapat mendaftar melalui sistem PDSS.

Panduan pengisian PDSS oleh siswa

Untuk dapat login ke sistem PDSS, siswa harus mendapatkan password dari pihak sekolah. Setelah mendapatkan password, siswa dapat login ke sistem PDSS menggunakan NISN dan password tersebut.

Siswa harus melakukan verifikasi nilai yang telah diisikan oleh sekolah. Verifikasi nilai hanya dapat dilakukan jika sekolah sudah melakukan finalisasi pengisian PDSS. Verifikasi nilai harus dilakukan untuk seluruh nilai di setiap kelas, setiap semester, dan setiap mata pelajaran. Verifikasi juga harus dilakukan terhadap catatan status khusus yang mungkin ada pada semester tertentu, seperti:
  • pindah sekolah
  • ikut pertukaran pelajar (dari dalam atau luar negeri)
  • cuti karena alasan tertentu seperti sakit
  • dan lain-lain
Pastikan tidak ada nilai yang salah atau berbeda dengan rapor siswa. Pastikan pula seluruh catatan status khusus sudah diisikan oleh sekolah. Jika ada nilai atau status khusus yang salah atau tidak lengkap, JANGAN melakukan verifikasi. Jika perbaikan sudah dilakukan, barulah verifikasi dapat dilakukan. Nilai atau status khusus yang sudah diverifikasi TIDAK DAPAT diubah kembali.

Click to comment