-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Anda mungkin melihat pada suatu waktu logo Google yang ada di beranda berubah menjadi animasi video, game, gambar tokoh pemdidikan, sejarahwan, dan lainnya. Perubahan logo Google (Doodles) dilakukan ketika ada event tertentu dan sangat penting untuk apresisasi. Seperti sekarang ini tepat tanggal 22 April Google merubah logonya memberikan apresiasi untuk memperingati hari bumi dunia.
Doodle Bumi 2019, Apa Sih Google Doodles?
Memperingati hari bumi sangat penting!, sehingga hari bumi dirancang untuk meningkatkan kesedaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Diluar sana, tidak hanya kalangan pendidikan saja yang peduli terhadap bumi, Hampir setiap orang mempunyai kewajiban untuk menjaga dan melestarikan bumi.

Tulisan ini tidak membahas tentang hari bumi dan efeknya, namun karena sedikit penasaran pada istilah "Doodles" sehingga memaksa untuk mencari tahu apa sih Google Doodles dan bagaimana sejarahnya?. Ya. mungkin hanya sebagai referensi pribadi sekaligus sebagai capture pengetahuan yang masih "cetek".

Google Doodles itu?

Doodles (corat-coret), Doodle (menggambar dengan melamun/gambar yang tidak berarti). Doodle adalah perubahan logo Google yang asyik, mengejutkan, dan kadang spontan, untuk merayakan liburan dan peristiwa penting, serta memperingati kehidupan para seniman, pelopor, dan ilmuwan terkenal.

Meskipun awalnya hanya aktifitas corat-coret yang dibuat tanpa tujuan, namun dalam kenyataanya Goole Doodle mengandung makna yang dalam untuk menghormati berbagai negara dan tokoh-tokoh besar dunia lainnya. (Logo doodles akan menjadi sensitif jika desainnya salah).

Awal mula munculnya ide untuk membuat doodles (corat-coret)?

Sejarahnya bermula di tahun 1998, di sebuah festival Burning Man di gurun pasir Nevada, Larry dan Sergey, menggambar logo perusahaan untuk menandakan kehadiran mereka. Bahkan katanya sebelum perusahaan Google didirikan, konsep corat-coret ini sudah lahir.

Mereka meletakkan gambar orang sederhana di belakang huruf "o" kedua dalam kata Google, dan logo yang direvisi itu dimaksudkan sebagai sebuah pesan komikal bagi para pengguna Google bahwa pendirinya sedang "di luar kantor".

Meskipun corat-coret pertama relatif sederhana, ide menghias logo perusahaan untuk merayakan acara penting telah dimulai sejak saat itu. Pada awalnya, sebagian besar corat-coret hanya merayakan hari besar yang diketahui secara umum. Seiring berjalannya waktu, corat-coret mengangkat berbagai macam peristiwa dan hari jadi.

Karena ada makna sensitifitas pada desain logo doodles maka logo doodles tidak dibuat secara serta merta. Ada tanggung jawab penuh bagi tim ilustrator yang disebut sebagai doodlers dan insinyur yang berada di belakang setiap corat-coret yang kita lihat.

Selamat hari bumi, #save bumi, #Doodle Bumi 2019.

Click to comment