-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Doodle Bumi 2019, Apa Sih Google Doodles?
author photo
By On
Anda mungkin melihat pada suatu waktu logo Google yang ada di beranda berubah menjadi animasi video, game, gambar tokoh pemdidikan, sejarahwan, dan lainnya. Perubahan logo Google (Doodles) dilakukan ketika ada event tertentu dan sangat penting untuk apresisasi. Seperti sekarang ini tepat tanggal 22 April Google merubah logonya memberikan apresiasi untuk memperingati hari bumi dunia.
Doodle Bumi 2019, Apa Sih Google Doodles?
Memperingati hari bumi sangat penting!, sehingga hari bumi dirancang untuk meningkatkan kesedaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Diluar sana, tidak hanya kalangan pendidikan saja yang peduli terhadap bumi, Hampir setiap orang mempunyai kewajiban untuk menjaga dan melestarikan bumi.

Tulisan ini tidak membahas tentang hari bumi dan efeknya, namun karena sedikit penasaran pada istilah "Doodles" sehingga memaksa untuk mencari tahu apa sih Google Doodles dan bagaimana sejarahnya?. Ya. mungkin hanya sebagai referensi pribadi sekaligus sebagai capture pengetahuan yang masih "cetek".

Google Doodles itu?

Doodles (corat-coret), Doodle (menggambar dengan melamun/gambar yang tidak berarti). Doodle adalah perubahan logo Google yang asyik, mengejutkan, dan kadang spontan, untuk merayakan liburan dan peristiwa penting, serta memperingati kehidupan para seniman, pelopor, dan ilmuwan terkenal.

Meskipun awalnya hanya aktifitas corat-coret yang dibuat tanpa tujuan, namun dalam kenyataanya Goole Doodle mengandung makna yang dalam untuk menghormati berbagai negara dan tokoh-tokoh besar dunia lainnya. (Logo doodles akan menjadi sensitif jika desainnya salah).

Awal mula munculnya ide untuk membuat doodles (corat-coret)?

Sejarahnya bermula di tahun 1998, di sebuah festival Burning Man di gurun pasir Nevada, Larry dan Sergey, menggambar logo perusahaan untuk menandakan kehadiran mereka. Bahkan katanya sebelum perusahaan Google didirikan, konsep corat-coret ini sudah lahir.

Mereka meletakkan gambar orang sederhana di belakang huruf "o" kedua dalam kata Google, dan logo yang direvisi itu dimaksudkan sebagai sebuah pesan komikal bagi para pengguna Google bahwa pendirinya sedang "di luar kantor".

Meskipun corat-coret pertama relatif sederhana, ide menghias logo perusahaan untuk merayakan acara penting telah dimulai sejak saat itu. Pada awalnya, sebagian besar corat-coret hanya merayakan hari besar yang diketahui secara umum. Seiring berjalannya waktu, corat-coret mengangkat berbagai macam peristiwa dan hari jadi.

Karena ada makna sensitifitas pada desain logo doodles maka logo doodles tidak dibuat secara serta merta. Ada tanggung jawab penuh bagi tim ilustrator yang disebut sebagai doodlers dan insinyur yang berada di belakang setiap corat-coret yang kita lihat.

Selamat hari bumi, #save bumi, #Doodle Bumi 2019.

Click to comment
A- Kinerja A-GLD A-Gtk Adminisrasi Guru Akhlak Tasawuf AKM akreditasi Akreditasi Perpustakaan AKSI Puspendik ANBK anti virus aplikasi Aqidah Akhlak arkas asuransi Bahasa Arab Bank BDR beasiswa Bidikmisi big book BIOUN Bisnis BK blog BOS BPOPP bse BSM BSU buku buku guru pai Convert Suara ke Text CPNS crochet DAK Dapodik dapodik paud Dapodikdasmen DHGTK Disabilitas Domnis Pesantren Ramadhan Dukcapil DUPAK e-learning E-Maarif E-Monev E-Rapor E-sarpras E-SKP EDS EHB-BKS Emis Emis PAI Emis Pendis Emis SDM eRapor FAQ Dapodik 2019.c FIKSI Fiqih G Suite for Education Geisa Google form Google Form Quiz gtk Hardiknas IHT ijazah Infaq info info gtk inpassing inpassing kemenag Insenntif Guru ISMA Jabfung Kemdikbud jual beli Kalender Pendidikan Kelas Maya Kelulusan Kemdikbud Kemenag Kepala Sekolah KI/KD KIP-Kuliah Kisi-kisi Kompetensi Guru 2045 kopsi kredit KSN KTSP Kurikulum LDBI LTMPT makalah Materi PAI media pembelajaran Microsift Word Microsoft Word Modul Guru Modul TIK GPO motivasi MPLS MS Word mudlarabah qiradl musaqah Mutasi Muzara'ah dan Mukhabarah nilai online NISN NPSN NPWP nrg NUKS NUPTK PAIS Pajak PAK Panduan PAS PDSS PDUN Pembelajaran Pembelajaran Kontekstual pendidikan Pendis PerMenDikBud PerPus Peserta Didik PIP PJB PMP PNS PPDB PPG PPG Daljab PPPK ppt Pramuka Profil Guru 2045 PTK qurdis Rapor Dapodik raport riba RKAS RPL RPP SBMPTN sehat Sekolah Penggerak sertifikasi Shadaqah SHUN Siaga Siaga Pendis Sim PKB Simpak Simpatika Simulasi SIPLah SKI SKTP Smadav SNMPTN SNPTN Soal Online Span ptkin Survei lingkungan belajar tamsil Tekno tips tpp Tutorial UAMNUBK UASBN UBKD UN UNBK UNP USBN USP UTBK Verval PD Verval ponsel Verval PTK Verval SP Verval TIK VHD Whistleblower zakat