-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Lupa password Dapodik biasanya terjadi bukan karena benar-benar lupa, kasus yang banyak terjadi karena peralihan dari operator Dapodik sekolah lama ke operator Dapodik sekolah baru, dimana OPS lama tidak mau memberi email regrestasi Dapodik, password maupun kode regrestasi Dapodiknya (sentimen karena honornya dikit 😂😂😂). Sehingga bagi OPS baru ketika mau mengakses atau login ke Dapodik merasa kesulitan karena tidak mempunyai data-data tersebut.
Lupa Password Dapodik : Intip cara Mengetahuinya!
Bagi OPS baru tidak usah kebakaran jenggot (yang punya jenggot 😄), tanya sana sini tidak ada jawaban, menghubungi OPS Dinas pun terkadang tidak ada respon, saran saya tenang tidak usah pakai aplikasi pihak ke tiga untuk membobol password tersebut, karena dengan langkah yang sederhana berikut, Anda bisa mengetahui 3 kode terpenting (email, password, kode regrestasi) dari data Dapodik.

Cara mengetahui Password, Kode regrestasi, dan Email Dapodik

Sebenarnya keamanan Dapodik itu tidak benar-benar full kontrol oleh server pusat sehingga pengguna bisa mengetahui seluk beluk Dapodik dengan mudah (bagi yang sudah master oprek aplikasi Dapodik 😠) kita yang masih awam pun bisa mengetahui dengan sedikit mengintip beberapa file yang ada dalam folder Dapodik. Cara ini bisa diterapkan pada semua tingkat baik pada dapodik Paudni, dapodik SD, Dapodik SMP, maupun dapodik tingkat SMA.

Secara umum aplikasi Dapodik yang sudah terinstall pada Laptop maupun PC semua filenya akan tersimpan pada folder Dapodik yang berada di dalam folder Program Files (x86) pada Local Disk (:C).

Langkahnya :

Buka Local Disk (:C) ➩ buka folder Program Files (x86) ➩ buka folder Dapodik ➩ buka folder Webserver ➩ buka folder Logs ➩ klik 2x pada file access. Berikut tampilan username, password, dan kode regrestasi yang ada di dalam file access :
Silahkan dicatat username, password, dan kode regrestasi Dapodik tersebut. Sekarang Anda bisa dengan leluasa login dan mengakses Dapodik.

Meskipun ada cara lain untuk mengatahui lupa password pada Dapodik, namun bagi saya langkah diatas merupakan cara yang sangat mudah. Mau membuktikan sendiri, Silahkan dicoba!.

7 komentar

avatar

terimakasih, bermanfaat sekali, semoga diberi kemudahan dalam segala hal ya, Aamiin

avatar

Itu untuk operator sekolah, bagaimana kalo guru atau pendidik mau mengetahui email dan password agar unfo gtk nya bisa ditampilkan untuk mengetahui valid atau invalid

avatar

Kalau bapak syamsul statusnya guru, minta reset password sama ops saja setelah sinkron 1 hari anda bisa login ke info gtk dg menggunakan login sso dapodik.

Untuk guru tidak bisa melihat password ke database dapodik karena tidak memiliki akses.

Jika anda statusnya ops bisa lihat di role pengguna.

avatar
This comment has been removed by the author.
avatar

saya lulusan tahun 2018, hari ini mau registrasi akun ltmpt tp ternyata jenis kelamin di nisn saya laki-laki, mau diganti tapi tdk mengerti dgn dapodik ini, gmn ya?

avatar

Mbak Adinda Shahrani silahkan baca disini https://www.ibadjournals.com/2020/02/verifikasi-dan-validasi-nisn-lulusan.html

Click to comment