-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

1-6 Cara Belajar Dengan Mudah Ini Pasti Pernah Anda Lakukan?
author photo
By On
Entah seperti apa Anda mempresentasikan makna belajar, yang pasti belajar merupakan kebutuhan bagi setiap orang, bukan sebuah kewajiban. Dikatakan kebutuhan karena ketika Anda lulus dari sekolah maupun perguruan, Anda pasti akan memmanfaatkan hasil dari proses belajar itu. Namun jika asumsi belajar sebagai kewajiban tentu setelah lulus sesuatu yang Anda pelajari akan terbuang sia-sia karena kewajibannya sudah tuntas.
1-6 Cara Belajar Dengan Mudah Ini Pasti Pernah Anda Lakukan?
Belajar merupakan aktifitas yang tidak bisa kita hindari karena bagaimanapun juga kita adalah pelajar yang memiliki kewajiban untuk belajar, senang maupun tidak senang. Dan diantara kita pasti pernah menganggap bahwa belajar itu merupakan beban, hal yang demikian sebenarnya kita hanya tidak tahu bagaimana cara yang menyenangkan untuk belajar. Terkadang kita malas untuk belajar karena mengalami kesulitan untuk memahami sebuah materi. Ataupun karena materi yang sangat susah dipahami. Setiap orang pasti pernah merasakan hal itu tidak peduli pada orang pintar sekalipun.

Berikut adalah 1 sampai 6 cara belajar dengan mudah yang pasti pernah Anda lakukan?

1. Anda pasti pernah lakukan riset kecil untuk mengetahui masalah belajar?

Terlalu banyak orang melihat belajar sebagai tugas yang diperlukan, bukan kenikmatan atau kesempatan untuk belajar. Tidak apa-apa, tapi para periset telah menemukan bahwa bagaimana Anda mendekati sesuatu menjadi hal yang hampir sama dengan apa yang Anda lakukan.

Berada dalam pola pikir yang benar adalah penting untuk belajar lebih cerdas. Terkadang Anda tidak bisa “memaksa” diri Anda berada dalam pola pikir yang benar, dan pada saat seperti itulah Anda seharusnya menghindari belajar. Jika Anda terganggu oleh masalah hubungan, permainan yang akan datang, atau menyelesaikan proyek penting, maka belajar hanya akan menjadi latihan frustrasi. Kembalilah ke sana saat Anda tidak fokus oleh sesuatu yang lain terjadi dalam hidup Anda.

2. Anda pasti pernah memilih-milih tempat yang nyaman sebagai ruang untuk belajar.

Banyak orang membuat kesalahan belajar di tempat yang sangat tidak kondusif untuk berkonsentrasi. Tempat dengan banyak gangguan membuat area belajar menjadi miskin. Jika Anda mencoba dan belajar di kamar asrama Anda, misalnya, Anda mungkin menemukan komputer, TV, atau teman sekamar lebih menarik daripada bahan bacaan yang ingin dicerna.

Perpustakaan, sebuah sudut di ruang pelajar atau ruang belajar, atau sebuah kedai kopi yang tenang atau bahkan di taman adalah tempat yang baik untuk check out. Pastikan untuk memilih daerah yang sepi di tempat-tempat ini, bukan di daerah pengumpulan yang keras. Selidiki beberapa tempat di kampus dan di luar kampus, jangan hanya memilih yang pertama yang Anda temukan sebagai “cukup baik” untuk kebutuhan dan kebiasaan Anda. Menemukan tempat belajar yang ideal itu penting, karena itu adalah salah satu yang dapat diandalkan untuk diandalkan dalam beberapa tahun ke depan.

3. Pasti Anda pernah membawa semua peralatan belajar dengan komplit karena penting bagi Anda.

Sayangnya, ketika Anda menemukan tempat yang ideal untuk belajar, terkadang orang membawa barang yang tidak mereka butuhkan. Misalnya, walaupun mungkin ideal untuk mengetikkan catatan ke komputer untuk dilihat kembali nanti, komputer adalah gangguan yang kuat bagi banyak orang karena mereka dapat melakukan begitu banyak hal yang berbeda.

Bermain game, online, berselancar di Web, dan menjawab email adalah semua gangguan indah yang tidak ada hubungannya dengan belajar. Jadi tanyakan pada diri Anda apakah Anda benar-benar membutuhkan komputer untuk mencatat, atau apakah Anda bisa melakukannya dengan kertas kuno dan pena atau pensil.

Jangan lupakan hal-hal yang perlu dipelajari untuk kelas, ujian atau kertas yang Anda fokuskan untuk sesi belajar. Tidak ada yang lebih memakan waktu dan boros daripada harus berlari bolak-balik secara teratur karena Anda lupa buku penting, kertas, atau beberapa sumber lain yang Anda butuhkan untuk menjadi sukses. Jika Anda belajar paling baik dengan permainan musik favorit Anda, pastikan iPod Anda ada bersamamu.

4. Membuat simpulan dan menulis ulang catatan pasti pernah Anda lakukan.

Kebanyakan orang merasa bahwa mengikuti format garis besar standar membantu mereka merebus informasi sampai ke komponen dasarnya. Orang menemukan bahwa menghubungkan konsep serupa bersama membuat lebih mudah diingat saat ujian datang.

Hal penting yang perlu diingat dalam menulis garis besar adalah bahwa garis besar hanya kata-kata sebagai alat pembelajaran bila ada dalam kata-kata dan struktur Anda sendiri. Setiap orang unik dalam bagaimana mereka mengumpulkan informasi serupa (disebut “chunking” oleh psikolog kognitif). Jadi, saat Anda menyambut baik untuk menyalin catatan orang lain atau garis besar, pastikan Anda menerjemahkan catatan tersebut dan menjelaskannya ke dalam kata-kata dan konsep Anda sendiri.

Gagal melakukan ini adalah apa yang sering menyebabkan banyak siswa tersandung dalam mengingat barang-barang penting. Mungkin juga bermanfaat untuk menggunakan indra sebanyak mungkin saat belajar, karena informasi lebih mudah dipertahankan pada orang-orang ketika indera lainnya terlibat. Itulah mengapa menulis catatan bekerja di tempat pertama - ini menempatkan informasi ke dalam kata-kata dan istilah yang Anda pahami. Mouthing kata-kata keras saat Anda menyalin catatan sebelum ujian penting bisa menjadi salah satu metode untuk melibatkan pengertian lain.

5. Bermain dengan memori pernah juga Anda lakukan untuk sekedar menghafal.

Permainan memori, atau perangkat mnemonik, adalah metode untuk mengingat potongan informasi dengan menggunakan perkumpulan sederhana dari kata-kata umum. Paling sering orang merangkai kata-kata untuk membentuk kalimat omong kosong yang mudah diingatnya. Huruf pertama dari setiap kata kemudian dapat digunakan untuk berdiri untuk sesuatu yang lain - bagian dari informasi yang ingin Anda ingat.

Contoh perangkat mnemonik yang paling umum adalah “Every Good Boy Deserves Fun.” Menempatkan huruf pertama dari setiap kata bersama - EGBDF -. Kunci perangkat memori semacam itu adalah frase atau kalimat baru yang Anda dapatkan harus lebih diingat dan lebih mudah diingat daripada istilah atau informasi yang ingin Anda pelajari.

Ini tidak bekerja untuk semua orang, jadi jika tidak bekerja untuk Anda, jangan menggunakannya. Perangkat mnemonik sangat membantu karena Anda menggunakan lebih banyak otak untuk mengingat gambar visual dan aktif daripada yang Anda ingat hanya daftar item. Menggunakan lebih banyak otak Anda berarti ingatan yang lebih baik.

6. pasti Anda memilih belajar berkelompok karena gampak nyontek.

Beberapa orang menikmati meninjau materi mereka dengan sekelompok teman atau teman sekelas. Kelompok-kelompok seperti itu bekerja paling baik bila mereka tetap kecil (4 atau 5 orang lainnya), dengan orang-orang dengan kemampuan akademis yang sama, dan dengan orang-orang yang mengikuti kelas yang sama.

Format yang berbeda bekerja untuk kelompok yang berbeda. Beberapa kelompok suka bekerja melalui bab-bab bersama, saling menanyai saat mereka melewatinya. Orang lain suka membandingkan catatan kelas, dan meninjau materi seperti itu, memastikan mereka tidak melewatkan poin kritis apa pun. Kelompok belajar semacam itu dapat membantu banyak siswa, tapi tidak semuanya.

*dari berbagai sumber

Click to comment