Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Cobalah 5 Trik Ini: Mengingat 99% Materi Pelajaran Agar Ujian Lancar

Ingatan atau sering disebut memory adalah sebuah fungsi dari kognisi yang melibatkan otak dalam pengambilan informasi. Ingatan merupakan kemampuan untuk menerima dan memasukkan (learning), menyimpan (retention) dan menimbulkan kembali apa yang pernah dialami (remembering). Dalam proses mengingat informasi ada 3 tahapan yaitu memasukkan informasi (encoding), penyimpanan (storage), dan mengingat (retrieval stage)

Setiap orang bergantung pada kekuatan memorinya untuk melakukan aktivitas harian. Untuk dapat melakukan aktivitas, manusia perlu mengingat apa yang telah terjadi dan apa yang akan direncanakannya. Semua itu merupakan bagian dari memori. Masalahnya tidak semua orang memiliki daya ingatan yang sama artinya ada seseorang yang mempunyai ingatan lebih sedangkan yang lain butuh proses dalam hal mengingat.

Kabar baiknya khusus bagi Anda pelajar yang memiliki daya ingatan yang kurang kuat akan saya berikan solusi untuk mengatasi hal tersebut. Tentu saja trik ini harus benar-benar Anda lakukan.

Sudah menjadi rahasia umum bisanya menjelang ujian, Anda harus belajar ekstra keras. Mengingat pelajaran yang telah disampaikan guru di kelas itu gampang-gampang susah. Karena ada beberapa faktor yang membuat Anda enggan untuk menerima pelajaran tersebut, Ada kalanya Anda tidak terlalu berminat dengan suatu pelajaran, akan tetapi mau tidak mau harus paham dan bisa mengingat pelajaran demi mendapatkan nilai ujian yang tidak mengecewakan.

Lalu, bagaimana caranya supaya Anda bisa mengingat 99 persen pelajaran yang telah diterima di kelas? Ini 5 triknya!.
  1. Tulis ulang pelajaran dengan cara sendiri
  2. Buat kata kunci untuk poin terpenting
  3. Gunakan jembatan keledai
  4. Baca ulang
  5. Buat grup belajar kelompok
Yuk kita kupas sedikit 5 Trik mengingat 99% materi pelajaran agar ujian lancar

Wajib Anda tulis ulang pelajaran yang telah diterima di kelas. Tapi ingat, hanya pakai metode tulis tangan!

Kenapa harus menulis ulang? Kenapa harus dengan tulisan tangan?. Ilmu ibarat kuda liar yang btuh kendali jika kuda liar itu tidak Anda tambat maka lari meninggalkan Anda. Tulisan merupakan tambat yang sangat ampuh untuk mengikatnya sehingga Anda mempunyai kendali penuh. Kenneth Kiewra seorang ahli Psikolog pendidikan dari University of Nebraska, mengatakan bahwa kegiatan menulis membuat fungsi otak yang berhubungan dengan kemampuan mengingat dan memahami suatu pelajaran menjadi lebih tajam. Otak kanan dan otak kiri Anda akan bekerja bersama secara seimbang.

Hal itu juga diungkapkan para peneliti dari Washington University. Mereka berkata, seorang pelajar yang mencatat dengan metode tulis tangan akan mampu mengingat pelajaran lebih lama. Sebab, menurut mereka, menulis membuat otak terorganisasi dengan baik. Otak juga lebih mudah merekam hal-hal yang telah ditulis oleh tangan. Alasan lain ialah, dengan menulis, manusia otomatis akan membaca tulisannya lebih lama.

Sekalian intip : Lakukan 5 Hal Ini Setiap Hari Otak Anda Akan Meningkat 5X Lipat Dalam Seminggu

Jadi tidak ada alasan bagi Anda untuk merasa enggan menulis. Untuk mncapai target 99 persen mengingat materi pelajaran mulailah dengan kegiatan menulis ulang setiap materi pelajaran dengan cara sendiri.

Cobalah membuat kata kunci dan tanda-tanda menarik dari poin-poin penting di secarik kertas, masukkan saku, atau bawa catatan itu ke mana pun kamu pergi.

Berilah tanda-tanda khusus yang bisa menarik ingatan Anda pada poin terpenting atau bisa juga Anda tuliskan poin-poin penting dari pelajaran yang telah kamu terima di kelas. Tulis di secarik kertas agar bisa dimasukkan ke saku. Kalau bisa, tulis yang rapi di atas kertas dengan warna yang menurutmu menawan.

Cara yang sama Anda bisa menggunakan konsep mind mapping. Gunakan bolpoint berwarna untuk memberi tekanan warna pada poin pelajaran yang Anda anggap penting.

Dengan begitu, kamu akan semangat membacanya. Lantas, di mana pun kamu berada, saat ada waktu luang, bacalah poin-poin itu. Niscaya kamu akan hapal di luar kepala.

Gunakan jembatan keledai, selain mengasah kreativitas, cara ini bisa membuat Anda ingat poin-poin penting di luar kepala.

Cara ini mungkin sudah diterapkan oleh banyak pelajar kala harus menghapal suatu istilah asing yang sulit diingat. Jembatan keledai memang terkenal ampuh membantu otak mengingat dengan cara yang lebih ringan dan menyenagkan.

Misalnya, saat diminta mengingat klasifikasi hewan vertebrata yang terdiri atas lima kelas, yakni pisces, amphibi, reptilia, aves dan mamalia, kamu cukup menggantinya dengan "pisang, ambon, rasanya, agak, manis". Ambil satu huruf di depan istilah itu, lalu ganti dengan kata yang familiar.

Baca ulang di tempat yang nyaman, di taman atau di kedai kopi yang sepi.

Membaca merupakan pintu tidak ada salahnya membaca kembali pelajaran yang pernah Anda dapatkan. Cobalah cari tempat yang menyenangkan untuk membaca kembali pelajaran yang telah diterima di kelas. Anda bisa memilih membaca di taman yang sepi dengan suasana yang teduh atau di kedai kopi yang sepi bahkan di tempat WC sekalipun jika Anda merasa nyaman kenapa tidak?

Intip juga : Sulit Hafal Dan Mudah Lupa? Ini Penyebabnya!

Suasana yang nyaman dan menyenangkan membuat otak Anda menjadi rileks dan akan dengan mudah mencerna hal-hal yang Anda baca. Selain itu, bila Anda memilih tempat belajar di kedai kopi, aromanya yang khas dan nikmat membuat pikiranmu lebih tenang.

Buatlah grup belajar berkelompok membantu memudahkan Anda memahami isi pelajaran dan mengingatnya dengan lebih mudah.

Belajar bersama secara kelompok dengan teman nyatanya dapat membuat Anda lebih mengerti dan mengingat pelajaran yang telah disampaikan di kelas. Sebab, dengan teman, Anda akan menemukan metode belajar yang pas dan menyenangkan.

Selain itu, bila tidak mengerti Anda bisa meminta teman yang menguasai pelajaran tersebut untuk menerangkannya kepada Anda. Dijelaskan oleh kawan seumuran biasanya lebih mudah dipahami karena jalan pikirannya cenderung sama.

Namun pada dasarnya belajar tidak perlu memaksakan diri, membagi waktu dengan tepat juga bagian penting, gunakan waktu tidur yang cukup, kemudian baca ulang pelajaran yang sudah Anda catat.

Otak perlu istirahat agar pikiran menjadi segar. Badan pun perlu direbahkan untuk memulihkan tenaganya. Setelah istirahat cukup, bacalah pelajaran yang telah Anda catat. Dijamin Anda akan lebih cepat menghapal pelajaran karena otak dan badanmu sudah segar serta bugar. Dengan pembiasaan membaca otak Anda akan semakin terlatih menjadi kuat untuk mengingat pelajaran.

Sebagai batu loncatan untuk menguji tingkat pemahaman otak Anda, ada baiknya Anda meminta bantuan orang-orang di sekitar Anda untuk membuat pertanyaan dari buku catatan Anda. Bikin semacam kuis tanya-jawab.

Anda bisa minta tolong keluarga atau teman Anda untuk membuat pertanyaan-pertanyaan dari isi pelajaran yang sudah Anda catat di buku. Cara ini memang tampak seperti kegiatan menjawab soal-soal latihan, tapi dikemas dengan cara yang lebih menarik.

Tip perlu baca juga : 6 Perkara Ini Jalan Kesuksesan Belajar, Coba Anda Terapkan Dengan Benar Pasti Berhasil

Dengan cara ini, Anda bisa mengingat jawaban atas pertanyaan yang dilontarkan orang-orang tersebut dengan mudah. Meskipun tidak sama persis, siapa tahu pertanyaan yang mereka lontarkan sama dengan yang keluar di kertas ujian.

Nah, sekarang Anda siap menghadapi ujian esok hari. Selamat mengerjakan soal!

Click to comment