-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

E-KTSP 2024/2025 Verval KSP 2024/2025
author photo
By On
E-KTSP 2024/2025 (KSP)

E-KTSP; Temukan panduan lengkap dalam menyusun Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) tahun ajaran 2024/2025 untuk SMA di Jawa Timur. Pelajari langkah-langkah dan komponen penting yang harus disertakan, mulai dari karakteristik satuan pendidikan hingga rencana pembelajaran yang terstruktur.


Menyusun Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) merupakan langkah krusial dalam memastikan pendidikan yang berkualitas di tingkat sekolah. Panduan ini dirancang untuk membantu SMA di Jawa Timur dalam menyusun KSP/E-KOSP untuk tahun ajaran 2024/2025. 


Bagian Deskripsi

Identitas Satuan Pendidikan

  • Lembar Penetapan Kepala Sekolah: Merupakan dokumen resmi yang menetapkan kepala sekolah yang bertanggung jawab.
  • Kata Pengantar: Pengenalan dan tujuan dari dokumen KSP.
  • Daftar Isi: Memudahkan navigasi dalam dokumen.


Karakteristik Satuan Pendidikan

Analisis kekhasan daerah, konteks sosial budaya, peran satuan pendidikan dalam masyarakat, serta kontribusinya dalam menyiapkan peserta didik mencapai profil pelajar Pancasila. Termasuk deskripsi karakteristik peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan berdasarkan data aktual dari Rapor Pendidikan dengan indikator literasi, numerasi, karakter, iklim kebhinekaan, kualitas pembelajaran, dan kualitas keamanan sekolah.


Visi, Misi, dan Tujuan Satuan Pendidikan

Visi:

  • Menggambarkan tujuan jangka panjang satuan pendidikan dan nilai-nilai yang dituju berdasarkan analisis karakteristik satuan pendidikan.


Misi:

  • Menjelaskan bagaimana satuan pendidikan mencapai visi tersebut, dengan menjabarkan nilai-nilai penting yang diprioritaskan.


Tujuan:

  • Menggambarkan hasil akhir yang diharapkan dari kurikulum, kompetensi atau karakteristik lulusan, serta tahapan penting yang sesuai dengan misi.


Pengorganisasian Pembelajaran

Pengorganisasian pembelajaran meliputi struktur kurikulum (intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler), pendekatan pembelajaran (misalnya tematik, terintegrasi), dan rencana pembelajaran yang dijabarkan dalam alur tujuan pembelajaran atau silabus. Hal ini juga termasuk perencanaan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan pemetaan tema dan alokasi jam pelajaran.


Rencana Pembelajaran

Perencanaan pembelajaran mencakup penyusunan modul ajar atau rencana pelaksanaan pembelajaran, serta evaluasi jangka panjang dan pendek terhadap kurikulum, termasuk tindak lanjut dari hasil analisis Rapor Pendidikan, pengembangan profesional, dan pendampingan dengan melibatkan pengawas sekolah.


Akhir/Lampiran

Termasuk contoh alur tujuan pembelajaran, perencanaan pembelajaran, modul projek P5, kalender akademik, kriteria kenaikan kelas dan kelulusan, serta jadwal pembelajaran dan dokumen penting lainnya seperti SK Tim Pengembang Kurikulum, RKS, RKAS, dan siklus kerja kepala sekolah.


Dengan panduan ini, diharapkan sekolah dapat menyusun KSP yang komprehensif dan efektif, memastikan bahwa setiap komponen penting terintegrasi dengan baik untuk mendukung proses pembelajaran yang optimal.


Download instrumen penyusunan KSP


Download lembar review dokumen KSP

Click to comment