-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Data Referensi Pendidikan 2022
author photo
By On
Data Referensi Pendidikan 2022
Pemutakhiran laman data referensi pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi di referensi.data.kemdikbud.go.id. Keberadaan dan fungsi data pendidikan mutlak diperlukan dalam pengembangan dan pembangunan pendidikan itu sendiri. Data pendidikan yang kredibel menopang arah dan fokus pembangunan pendidikan terutama dalam proses pengembangan kebijakan yang tertuang dalam dokumen perencanaan lembaga.


Upaya membangun dan mengembangkan efektivitas dan efisiensi anggaran tentu memerlukan tata kelola referensi data yang terintegrasi sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam tata kelola data pendidikan. Upaya pembangunan referensi data pendidikan ini dilaksanakan oleh Kemendikbud Ristek melalui Pusat data dan Informasi (PUSDATIN).


Untuk terintegrasinya data referensi pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi di lingkungan Kemendikbudristek maka perlu dilakukan pengelolaan data referensi sebagai acuan sinkronisasi data pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.


Laman referensi.data.kemdikbud.go.id merupakan platform yang memuat informasi dalam rangka memuat penyajian dan penyebarluasan data ke publik. Pengelolaan data referensi ini diperlukan sebagai acuan integrasi data pembangunan nasional Pendidikan Indonesia.


Langkah mengakses menu dan fitur pada halaman referensi.data.kemdikbud.go.id


Bagaimana mana cara mengaksesnya? Buka laman referensi.data.kemdikbud.go.id setelah muncul halaman utama maka akan ditampilkan tiga menu utama yaitu: beranda, data pendidikan dan data kebudayaan beserta satu fitur pada pojok kanan atas ya itu fitur cari sekolah/NPSN.


Data Pendidikan

Menu data pendidikan terdiri dari tiga submenu utama yaitu: 1) satuan pendidikan, 2) yayasan pendidikan, dan 3) program layanan.


1. Satuan Pendidikan

Menu ini berisi tentang referensi satuan data pendidikan yang terbagi menjadi 5 jenjang pendidikan:
  1. Pendidikan anak usia dini (PAUD)
  2. Pendidikan dasar (DikDas)
  3. Pendidikan menengah (Dikmen)
  4. Pendidikan tinggi (Dikti)
  5. Pendidikan masyarakat (Dikmas)

Untuk mengaksesnya pilih salah satu jenjang pendidikan, kemudian akan ditampilkan jumlah data satuan pendidikan jenjang yang sudah dipilih per provinsi. Pada bagian atas ada beberapa fitur untuk memfilter data yaitu; filter jalur, filter bentuk, dan filter status.


Kemudian pada sebelah kanan ada tombol terapkan. Atau untuk mencari provinsi yang dikehendaki bisa langsung tulis pada kolom search. Atau pilih/klik nama provinsi pada tabel. Setelah itu akan muncul daftar satuan pendidikan per kabupaten/kota.


Kemudian pilih salah satu kabupaten/kota maka akan muncul jumlah data satuan pendidikan per kecamatan. Kemudian dipilih kembali salah satu kecamatan maka akan muncul daftar satuan pendidikan beserta dengan data atributnya.


Jika di pilih/klik salah satu satuan pendidikan pada NPSN-nya maka akan muncul profil satuan pendidikan meliputi identitas satuan pendidikan, dokumen dan perizinan, sarana dan prasarana, kontak dan peta (titik koordinat satuan pendidikan).


2. Yayasan Pendidikan

Menu ini berisi tentang data referensi yayasan Pendidikan. Setelah dipilih sub menu yayasan pendidikan, maka akan ditampilkan jumlah yayasan per provinsi. Kemudian pilih salah satu provinsi, selanjutnya akan ditampilkan jumlah yayasan per kabupaten/kota.


Pilih salah satu kabupaten atau kota, maka akan ditampilkan jumlah yayasan per kecamatan. Kemudian pilih salah satu kecamatan, selanjutnya akan ditampilkan daftar yayasan pendidikan beserta data atributnya.


Jika dipilih atau diklik salah satu yayasan pendidikan pada NPYP-nya maka akan ditampilkan profil yayasan Pendidikan yang bersumber dari laman verval yayasan.


3. Program Layanan

Menu ini berisi tentang data referensi program layanan pendidikan yang meliputi kesetaraan dan life skill.


Pilih program layanan kesetaraan. kemudian akan ditampilkan jumlah program layanan kesetaraan per provinsi. Kemudian pilih salah satu provinsi, selanjutnya akan ditampilkan jumlah program layanan kesetaraan per kabupaten/kota.


Langkah selanjutnya adalah pilih salah satu kecamatan hingga tampil program layanan kesetaraan beserta data atributnya.


Pada daftar program layanan kesetaraan ditampilkan juga bentuk layanan kesetaraan (paket A, paket B, dan paket C) yang akan tercentang sesuai dengan paket yang diselenggarakan.


Data Kebudayaan

Menu data kebudayaan terdiri dari tiga sub menu ya itu cagar budaya, museum, dan warisan budaya tak benda.

1. Cagar Budaya

Setelah dipilih sub menu cagar budaya, maka akan ditampilkan jumlah cagar budaya per provinsi. Untuk langkah selanjutnya sama seperti proses sebelumnya. Untuk cagar budaya diklasifikasikan menjadi 5 yaitu benda, bangunan, situs, struktur, dan kawasan.


2. Museum

Setelah dipilih sub menu museum, maka akan ditampilkan jumlah museum per provinsi. Untuk langkah selanjutnya sama seperti proses sebelumnya.

Click to comment